PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME EDUKASI PADA MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS

Mohamad Afwan Kobi, Moh. Hidayat Koniyo, Rampi Yusuf

Abstract


Dasar desain Grafis adalah salah satu mata pelajaran wajib paket keahlian bagi siswa SMK pada jurusan Multimedia. Mata pelajaran Desain Grafis ini lebih mengarah kepada praktikum berbasis kompetensi yang bertujuan untuk membekali keterampilan siswa dalam bidang desain grafis sehingga siswa memiliki keterampilan yang kuat dengan landasan teori yang realistis. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan pada saat PPL di SMK Negeri 1 Gorontalo, didapati bahwa penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis khususnya pengenalan tools-tools coreldraw masih belum digunakan secara maksimal. Selain itu belum adanya media pembelajaran yang menunjang atau memfasilitasi guru dalam menyampaikan materi. Guru hanya menggunakan power point dan buku cetak sebagai media belajar di kelas.Tujuan dari penelitian ini yakni Untuk mengembangkann media pembelajaran game edukasi pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis di SMK Negeri 1 Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada desain pengembangan model Hanaffin and peck. Pada hasil pengembangan media pembelajaran game edukasi ini diuji kelayakannya oleh ahli media dan ahli materi sebelum diuji cobakan kepada siswa. Hasil penilaian dari 2 ahli materi memperoleh skor rata-rata 48,5 (Sangat Layak), dan hasil penilaian dari 2 orang ahli media memperoleh skor rata-rata 63 (Sangat Layak). Hasil penilaian tanggapan siswa terhadap media pembelajaran game edukasi yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 68,07 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak. Berdasarkan hasil penilaian yang diperoleh, Media Pembelajaran Game Edukasi materi Pengenalan Tool-Tools Coreldraw pada mata pelajaran Dasar Desain Grafis di nyatakan layak untuk digunakan.


Keywords


Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi, Pengembangan Research and Development (R&D)

References


Ismail, Andang. 2006. Education Games: Menjadi Cerdas dan Ceria dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta: Pilar Media.

Pujiono. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Construct 2 pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Materi Hindu Budha untuk SMA Negeri 1 Semarang Kelas X

Ristanto, D. (2014). Pengembangan Modul Elektronik Adobe Photoshop untuk Kelas X SMK. [Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. https://eprints.uny.ac.id/34003/1/Riska%20Dami%20Ristanto%2009520244049.pdf

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Wolf, M. J. (2000). Genre and The Video Game The Medium of The Video Game. Texas: University of Texas Press




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v3i1.17377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 


slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor