PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEMOGRAMAN WEB DAN PERANGKAT BERGERAK DI SMKN 5 GORONTALO

Abdul malik fattah Iskandar, Agus Lahinta, Abd Azis Bouty

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Problem Based Learning pada mata pelajaran pemograman web dan perangkat bergerak. Metode yang akan digunakan di dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas model kemmis dan mc. Taggart. yang terdiri dari empat tahapan berbeda-beda. yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas RPL XI yang terdiri dari 24 siswa tempat SMKN 5 Gorontalo. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dengan presentase hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimum (KKM) secara keseluruhan yakni 64%, pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa, dengan presentase hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimum (KKM) secara keseluruhan yakni 82%, hasil belajar siswa secara keseluruhan yang diharapkan, dimana hasil belajar yang di inginkan yakni 85%. Maka penelitian masih akan dilanjutkan ke siklus 3. Selanjutnya pada siklus 3 terdapat peningkatan presentase lagi terhadap hasil belajar siswa secara keseluruhan, dimana mencapai 87% telah mencapai indikator kriteria ketuntasan siswa. Hal ini berarti bahwa tidak perlu melanjutkan tahap siklus selanjutnya. Keberhasilan penelitian ini meningkatkan hasil belajar.


Keywords


hasil belajar; Problem Based Learning; pemograman web

References


Kiki Riszki Mubarok. 2017. Pengunaan model. Garut: Komputer, Wahana. Pemrograman Web. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mardani, Alvian Dwi. 2017. “Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Siswa Smk Jurusan Rpl Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dasar.” 110265: 110493.

Masitoh, Ikhlasun Dwi, Marjono, and Joko Ariyanto. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X MIA Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Surakarta The Influence of Guided Inquiry Learning Toward Critical Thinking Skills of X MIA Students on Environtmental.” Bioedukasi 10(1): 71–79.

Naufal, Mohammad Farid. 2018. “Analisa Teknik Pembelajaran Dan Pengajaran Pemrograman Pada Universitas Dan Industri Teknik Pengajaran Dan Pembelajaran Koding Target Penelitian.” 10(2): 1–8.

Pratiw, Nur Aninda. 2018. “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 1 Bungoro Kecamatan Bungoro Kabupaten Pangkep.”

Rasman.2015. Hubungan Kemandirian Dengan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling Vol.1, No.3,ISSN 2442- 9775.

Suprijono, Agus. 2013. Cooperative Learning (Teori dan aplikasi PAIKEM). Pustaka Belajar. Yogjakarta.

Suci Susanti, Penerapan Model Pmblajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar siswa dan Keaktifan Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 16 Makasar, Skripsi (Makasar, 2016).

Widodo.2013. Penerapan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA Mts Negeri Dono Mulyo Kulon Probo Tahun Ajaran 2012/2013. Vol XVII, No49, ISSN:1410-2994.

Zaenab, Ulfah Sitti. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Belajar Materi Teknik Animasi Dua Dimensi Menggunakan Macromedia Flash (Studi Kasus Pada Smk Negeri 1 Mesjid Raya).




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v3i2.17663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License