PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PENGELOLAAN E-BOOK KELAS X TKJ DI SMK NEGERI 1 BULANGO SELATAN

Deisy Almafira Rantung, Arip Mulyanto, Ahmad Azhar Kadim, Sri Ayu Ashari

Abstract


Mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada siswa agar siswa dapat mengkomunikasikan suatu gagasan ataupun konsep melalui media digital. Ada beberapa materi yang ada pada mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital, salah satunya materi pengelolaan e-book.

Dari hasil observasi yang dilakukan ditemukan beberapa masalah yakni, proses pembelajaran yang masih kurang efektif, Pembelajaran yang masih sering menggunakan metode ceramah yang membuat kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, dan siswa kurang memahami materi pembelajaran yang diberikan, terutama pada materi pengelolaan e-book. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada materi pengelolaan e-book dengan menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif pada materi pengelolaan e-book kelas X TKJ, dengan menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan yang di gunakan yakni Model pengembangan ADDIE, untuk mengetahui Mengetahui kepraktisan media pembelajaran interaktif pada materi Pengelolaan E-book terhadap siswa kelas X TKJ. Adapun hasil penelitian data kelayakan dari media pembelajaran interaktif ini diperoleh dari data hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh ahli media, ahli materi, dan juga responden (siswa). Hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil persentase yang diperoleh dari ahli media adalah 84,50% dan dikategorikan Sangat Layak. Hasil persentase yang diporoleh dari ahli materi adalah 93% dan dikategorikan Sangat Layak. Sedangkan untuk respon/tanggapan dari siswa diperoleh skor 1418 dengan persentase 89% dan dikategorikan Sangat Praktis. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan Layak untuk digunakan. Penggunaan media pembelajaran ini diharapkan dapat membantu guru dan juga siswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan terutama pada materi pengelolaan e-book.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran; Simulasi dan Komunikasi Digital; Pengelolaan E-book;



DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v3i2.20296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 


slot online slot gacor slot