IKHTISAR STRATEGI PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN: SEBUAH INTEGRATIVE REVIEW

Manda Rohandi, Ahmad Azhar Kadim, Jemmy Pakaja

Abstract


Kebutuhan industri terhadap tenaga programmer yang semakin besar menyebabkan minat untuk mempelajari pemrograman juga semakin besar. Banyak siswa mengalami kesulitan dan bahkan gagal dalam mempelajari pemrograman komputer. Hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman tentang pentingnya belajar pemrograman, lemah dalam kemampuan berpikir logis, kurangnya materi pembelajaran yang cocok, metode pengajaran yang masih tradisional, kurangnya praktik dalam pembelajaran pemrograman, metode pengujian yang masih dititikberatkan pada pengetahuan sintaks bahasa pemrograman, dan juga pemrograman komputer berhubungan yang dengan beberapa bidang teknologi. Artikel ini bertujuan untuk melihat sejauh mana strategi-strategi pembelajaran pemrograman yang telah di terapkan, efektif dalam meningkatkan kompetensi pemrograman siswa dan pengajar. Metode dalam artikel ini adalah metode integrative literature review. Terdapat 20 artikel hasil pencarian dan diseleksi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan. Temuan dalam penelitian ini berupa pembagian strategi pembelajaran pemrograman kedalam tiga kelompok, yaitu dilihat dari orientasi elemen-elemen pemrograman, strategi pembelajaran dilihat dari pedagogiknya, dan strategi pembelajaran dilihat dari metode lainnya. Semua strategi pembelajaran yang dijabarkan dalam artikel ini, hanya menyangkut hardskill dan tidak menjabarkan softskill yang dibutuhkan industry. Oleh karena itu penelitian kedepannya perlu untuk membahas tentang bagaimana integrasi softskill kedalam strategi pembelajaran dan penerapannya.

Keywords


komputer; softskil; pemrograman

References


Ahmed, F., Capretz, L. F., Bouktif, S., and Campbell, P. (2013). Softskill and Software Development: A Reflection from Software Industry. International Journal of Information Processing and Management. Vol 4 No 3 pp 171-191 http://www.researchgate.net/publication/25647867. Diakses 8 Juli 2020

Berau of Labor Statistics, U.S. Department of Labor, Occupational Outlook Handbook, Software Developers. Tersedia pada laman: http://www.bls.gov/ooh/computer-and-information -technology/software-developers.htm. diakses 7 Juli 2020

Berau of Labor Statistics, U.S. Department of Labor, Occupational Outlook Handbook, Computer Programmers. Tersedia pada laman: http://www.bls.gov/ooh/computer-and-information -technology/computer-programmers.htm. diakses 7 Juli 2020

Demilie, W. B., (2019). Causes of failure of University students in computer programming courses: the case of Wachemo University. International Journal of Scientific Research in computer science, engineering and information technology. Vol. 5. Issue 5. pp. 123-132.

Djenic, S., and Mitic J. (2017). Teaching Strategies and Methods in Modern Environments for Learning of Programming. 14th International Conference of Cognition and Exploratory Learning in Digital Age

Garcia, P.G.F., and De la rosa, F. (2016). RoBlock – Web App for Programming Learning. iJET. Vol. 11 Issue 12 https://doi.org/10.3991/ijet.v11i12.6004

Issong, Bassey. (2016). A Methodology for Teaching Computer Programming: First Year Students Perspective. International Journal of Modern Education and Computer Science. Vol 9 pp 15-21 DOI: 10.5815/ijmecs.2014.09.03

Janpla, S., and Piriyasurawong, P. (2018). The development of problem-based learning and concept mapping using a block-based programming model to enhance the competency of under graduated students in computer science. TEM Journal, Vol. 7, Issue 4, pp. 708-716

Kim, Geun-Hyung. (2019). A Learning Model for Software Coding Education. Journal of Problem Based-Learning. Vol 6 No. 2 pp 67-75 https://doi.org/10.24313/jpbl.2019.00164

Khaleel, F. L., Ashaari N. S., Wook, T. S. M. T., and Ismail A., (2017). Programming Learning Requirements Based on Multi Perspectives. International Journal of Electrical and Computer Engineering. Vol. 7 No. 3 pp 1299-1307

Kong, S-C., Lai M., and Sun D. (2020). Teachers Development in Computational Thingking: Desaign and Learning Outcomes of Programming Concepts, Practices, and Pedagogy. Computer & Education. Vol. 151 https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103872

Lahtinen, E., Ala-Mutka, K., and Jarvinen, H-M., (2005). A Study of Difficulties of Novice Programmers. Tersedia di laman http://www.researchgate.net/publication/220808194. Diakses 8 Juli 2020

Lateef, U. O., Ogunsanwo, G., Owoade, A. (2016). Introduction to computer programming (BASIC). Tersedia di laman http://www.researchgate.net/publication/317182495. Diakses 8 Juli 2020

Marietjie Havenga (2018) Problem-based Projects in Computer

Programming: Students’ Cooperation, Responsibilities and Dependencies, African Journal

of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 22:2, 254-264, DOI:

1080/18117295.2018.1483596

Mironova O., Amitan I, Vilipold J., dan Saar M. (2016). Active Learning Methods in Programming for Non-IT Students. International Conference e-Learning

Sheuermans S. and Voskoglou C. (2019). The Global Developer Population 2019. Tersedia pada laman: http://sdata.me/GlobalDevpop19. Diakses 7 juli 2020.

Snyder, Hannah. (2019). Literature Review as a research methodology: an overview and guidelines. Journal of Business Research. Vol. 104. pp 333-339

Szlávi, Péter & Zsakó, László. (2003). Methods of teaching programming. Teaching mathematics and Computer Science. 1. 247-258. 10.5485/TMCS.2003.0023.

Torraco, R. J. (2005). Writing Integrative Literature Reviews: Guidelines and Examples. Human Resource Develoopment Review. Vol. 4. pp 356-367




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v3i2.21207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 


slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor