Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri Model Gorontalo
Abstract
Belrdasarkan wawancara yang dillakukan olelh pelnelliltil delngan salah satu guru mata pellajaran Ilnformatilka dil SMK Nelgelril Modell Gorontalo, diltelmukan pelrmasalahan yailtu pada selmelstelr ganjill masilh banyak pelselrta dildilk yang melndapatkan nillail dilbawah daril 75 atau dilbawah Kriltelrila Keltuntasan Milnilmal (KKM). Daril 30 pelselrta dildilk kellas X TKJ, silswa yang melncapail keltuntasan hanya 13 atau (43,3%), seldangkan silswa yang bellum melncapail keltuntasan belrjumlah 17 atau (56,7%). Hal ilnil dilselbabkan karelna pelselrta dildilk kurang aktilf dalam prosels pelmbellajaran yang melngakilbatkan hasill bellajar pelselrta dildilk pada mata pellajaran ilnformatilka masilh dilbawah kriltelrila keltuntasan milnilmal (KKM). Tujuan daril pelnelliltilan ilnil untuk melngeltahuil modell pelmbellajaran Group Ilnvelstilgatilon telrhadap hasill bellajar silswa pada mata pellajaran Ilnformatilka kellas X TKJ SMK Nelgelril Modell Gorontalo. Meltodel yang dilgunakan dalam pelnelliltilan ilnil adalah pelnelliltilan elkspelrilmeln delngan jelnils pelnelliltilan kuantiltatilf. Adapun belntuk delsailn yang dilgunakan prel-elkspelrilmelntal delsilgn (non-delsilgn) delngan jelnils pelnelliltilan preltelst posttelst delsilgn. Hasill bellajar pada prelstelst daril total 30 silswa yang melncapail keltuntasan belrjumlah 16 orang atau 53,3%. Seltellah mellakukan preltelst sellanjutnya dillakukan pelmbellajaran melnggunakan modell pelmbellajaran Group Ilnvelstilgatilon untuk mellilhat pelngaruh telrhadap hasill bellajar silswa. Hasill bellajar silswa pada posttelst daril total 30 silswa selmuanya melncapail kriltelrila keltuntasan milnilmal. Belrdasarkan hasill pelnelliltilan, dapat diltarilk kelsilmpulan bahwa modell pelmbellajaran Group Ilnvelstilgatilon belrpelngaruh telrhadap hasill bellajar silswa kellas X TKJ dil SMK Nelgelril Modell Gorontalo.
Kata kunci: Hasill bellajar; Modell pelmbellajaran Group Ilnvelstilgatilon; Ilnformatilka
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v4i1.21866
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id