Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website Menggunakan Goggle Sites Pada Materi Sistem Komputer di SMA Negeri 1 Tapa

Vikky Alamsyah Abdari, Lillyan Hadjaratie, Arif Dwinanto, Nikmasari Pakaya, Jemmy A. Pakaya, Rahmat Taufik R. L Bau

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran berbasis website menggunakan Google Sites pada materi Sistem Komputer kelas X di SMA Negeri 1 Tapa memenuhi kriteri valid dan kriteria praktis. R&D atau Research and Development merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) sebagai model penelitian. Hasil dari penelitian dengan melakukan uji validitas media, ahli materi dan praktikalitas. Uji validitas media memperoleh hasil sebesar 94,15% dengan kategori “sangat valid†untuk ahli materi memperoleh hasil sebesar 93,33% dengan kategori “sangat valid†dan untuk uji praktikalitas memperoleh hasil sebesar 93,12% rata – rata presentase yang dalam hal ini termasuk ke dalam kategori “sangat praktisâ€.  Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website menggunakan Google Sites pada materi sistem komputer di SMA negeri 1 tapa praktis dan valid untuk menjadi media yang digunakan untuk kebutuhan pembelajaran.


Keywords


Pengembangan , Website, Google Sites, Sistem Komputer

References


Aminah, S. (2018). Implementasi Model Addie Pada Education Game Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada SMP Negeri 8 Pagaralam ). Jurnal Ilmiah Betrik, 9(03), 152–162. https://doi.org/10.36050/betrik.v9i03.41

Branch, R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach.

Dwinanto, A., Labuem, S., Yulia, N. M., Syafitri, E., Recard , M., & Simarmata, J. (2024). Gamifikasi dalam Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. 1(2).

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T., Tahrim, T., Anwari, A., Rahmat, A., Masdiana, & Indra, I. M. (2021). Media Pembelajaran. Tahta Media Group.

Junaidi, J. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal manajemen pendidikan dan pelatihan, 3(1), 45–56. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Mardatila, A. (2021). Mengenal Pengertian Website, Ketahui Jenis dan Fungsinya. https://www.merdeka.com/

Mardin, H., & Nane, L. (2020). Pelatihan Pembuatan Dan Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kepada Guru Madrasah Aliyah Se-Kabupaten Boalemo. Jurnal Abdimas Gorontalo (JAG), 3(2), 78–82. https://doi.org/10.30869/jag.v3i2.652

mulianti. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Himpunan Kelas Vii Smp Negeri 5 Palopo.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian (Jakarta: Alfabeta, 2019) hal. 89

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113




DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v5i1.27348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id

Creative Commons Licence

 

This work is licensed under a 
 Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Â