Pemanfaatan Articulate Storyline 3 Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile Learning
Abstract
Materi Analisis Data (AD) merupakan materi pelajaran Informatika di Kelas X. Berdasarkan hasil observasi pada kelas X SMK Negeri Model Gorontalo dengan jumlah siswa sebanyak 65 siswa yang terbagi ke dalam 4 program kejuruan yakni Teknik Jaringan Komputer (TJK), Agrobisnis Pengolahan Hasil Pangan (APHP), Agrobisnis Tanaman (ATA), dan Agrobisnis Ternak (AT) serta wawancara yang dilakukan dengan guru pengajar mata pelajaran Informatika Kelas X tanggal 14 - 15 November 2023, diperoleh masalah dimana siswa masih kurang termotivasi dalam belajar serta kurang terlibat aktif dalam proses belajar mengajar yang mengakibatkan siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi-materi yang disampaikan oleh guru sehingga berdampak pada kurang optimalnya proses belajar mengajar yang dibuktikan dengan total rata-rata hasil belajar siswa yang jika dirata-ratakan masih tergolong rendah yakni hanya 75,75. Selain itu permasalahan lain yang dihadapi adalah keterbatasan waktu yang dimiliki guru dalam menyampaikan materi ke pada siswa. Penilitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis mobile learning yang dirancang menggunakan Articulate Storyline 3 dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) serta mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dibuat berdasarkan hasil uji validitas. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis mobile learning dengan tingkat kelayakan berdasarkan hasil uji validasi ahli media dan materi yang mendapat nilai kelayakan rata-rata 97% dengan kategori “Sangat Layak†dan uji pengguna (siswa) mendapat nilai kelayakan 85,19% dengan kategori “Sangat Layakâ€. Kemudian untuk uji validitas dan reliabilitas untuk instrumen pengguna mendapatkan hasil yang valid dan sangat reliabel. Dengan demikian penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis mobile leraning layak digunakan dalam proses belajar mengajar dikelas X SMK Negeri Model Gorontalo. Â
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Branch, R. (2009). Instructional Design : The ADDIE Approach. Springer : USA. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Ernawati, I., & Sukardiyono, T. (2009). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. UNY-Skripsi.
Kemendikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Informatika Fase A-Fase F Untuk SD/MI/Program Paket A, SMP/MTs/Program Paket B, dan SMA/MA/SMK/MAK/Program Paket C. 21.
Kosasih, I. (2015). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 2(1), 43–52. https://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/view/283%0Ahttps://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengembangan+Pembelajaran+Berbasis+Multimedia+Interaktif+Dalam+Meningkatkan+Kualitas+Pembelajaran&btnG=
Martono, K., & Nurhayati, O. (2014). Implementation of Android-Based Mobile Learning Application as a Flexible Learning Media. International Journal of Computer Science Issues, 11(3), 168–174.
Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311
Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran - Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. In R. Awahita (Ed.), books.google.co.id (1st ed.). CV Jejak. https://www.google.co.id/books/edition/_/zPQ4EAAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Pratomo, A., & Irawan, A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Metode Hannafin Dan Peck. Jurnal Positif, 1(1), 14–28.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (19th ed.). Alfabeta, Bandung.
Sukendra, K., & Atmaja, K. (2020). Instrumen Penelitian. In T. Fiktorius (Ed.), Journal Academia.
Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan (1st ed.). UNY Press.
DOI: https://doi.org/10.37905/inverted.v5i1.28180
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
Jl. Prof. Dr.Ing. B.J. Habibie, Moutong – Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango
Homepage : http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/inverted
email: inverted@ung.ac.id
Â
This work is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Â