IMPLEMENTASI PENDIDIKAN POLITIK MELALUI KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN BOLAANG UKI KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW SELATAN

Ekri Yuwansa Gobel, Rasid Yunus, Ramli Mahmud

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui pendidikan politik di SMA Negeri 1 Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolmong-Selatan. (2) Untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi pendidikan politik di sekolah SMA Negeri 1 Kecamatan Bolaang Uki Kabupaten Bolmong-Selatan. Penalitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan data penelitian dalam bentuk kalimat-kalimat berupa keterangan atau pertanyaan-pertanyaan dari responden sesuai dengan realitas yang ditemukan di lapangan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pendidikan politik di SMA Negeri 1 Bolaang Uki Kabupaten Bolmong-Selatan dapat dilakukan melalui pembelajaran didalam kelas dan diluar kelas, dalam proses pendidikan politik diluar kelas terdapat dua hal yang dapat dilihat pertama, Iklim sosial di sekolah dan kedua, Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.Berdasarkan hasil penlitian dapat ditarik kesimpulan bahwa : (1) Pendidikan politik dilakukan melalui pembelajaran dalam kelas dan diluar kelas melalui kegiatan ekstrakurikuler. (2) Terdapat dua faktor yang mempengaruhi pendidikan politik di SMA Negeri 1 Bolaang Uki diantaranya a). Faktor Sekolah, permasalahan dominan yang dialami oleh sekolah adalah kurangnya keterlibatan guru dalam pelaksanaan kegiatan diluar kelas, b). Kesadaran Siswa, sebagian besar siswa tidak memiliki kesadaran dalam peran sertanya dalam kegiatan ekstrakurikuler.

Keywords


Ekstra Kurikuler Pendidikan Politik

Full Text:

PDF

References


Abdur Rahman Assegaf. 2007. Pendidikan Islam di Indonesia. Yogyakarta: Suka Press.

Almond, Gabriel A. dan Verba, Sidney.1990. Budaya Politik, Tingkah Laku Politik danDemokrasi di Lima Negara. Bina Aksara. Jakarta.

Afan Gaffar, 2006. Politik indoneisa: transisi menuju demokrasi.yogyakarta. Pustaka belajar.

Asmika Rahman, Suharno. 2019. Pelaksanaan Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Vol 4, No 2, Hal 282-290. Program Studi Magister PPKN. Universitas Negeri Yogyakarta.

Abdul Rahmat Latif .2019. Partisipasi Politik Pemilih Pemula Di Kecamatan Lemito Kabupaten Pohuwato. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum Dan Keamasyarakatan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Gorontalo.

Cholisin. 2000. Materi Pokok Ilmu Kewarganegaraan-Pendidikan Kewarganegaraan. UNY.Yogyakarta.

………….. 2004. Diktat Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education).Yogyakarta.

……………2004.Perspektif Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.Kaifa. Bandung.

Kartono, Kartini. 2009. Pendidikan Politik Sebagai Bagian dari Pendidikan Orang Dewasa. Bandung : CV Mandar Maju

Hary Hamersma. 1983. Tokoh-Tokoh Filsafat Barat Modern. Jakarta: Gramedia.

Nasiwan, 2004. “Pendidikan Politik Bagi Para Pemilih Menyongsong Pemilu 2004,” Informasi, Kajian Masalah Pendidikan dan Ilmu Sosial, Vol.2 No. I Oktober Tahun 2004. (online)

Nurani Soyomukti, Teori-Teori Pendidikan (Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis Sosialis, Postmodern), Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. hlm. 155-486

Miriam Budiardjo 2008. Dasar- dasar ilmu politik. Jakarta. Gramedia pustaka

Putri Pratiwi. 2015. Peran Sekolah Dalam Sosialisasi Politik Siswa Di Sma Negeri 1 Purwodadi. Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik. Universitas Diponegoro

Patilima, Hamid. 2007. Metode penelitian kualitatif. Bandung. Alfabeta

Ramlan Surbakti, 1999. Memahami Ilmu Polilik, Jakarta: PT Gramedia

……………. 2007.Memahami Ilmu Politik. Jakarta:PT Gramedia

Rusadi Kantaprawira, 1992. Sistem Politik Indonesia Suatu Model Pengantar.Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Rahman H.I, 2007. Sistem politik Indonesia.Yogyakarta.Graha ilmu.

Rusadi Kantaprawira. 2006. Sistem Politik Indonsesia. Bandung. Sinar baru algesindo.

Satmoko, Kharismandari, Peran Partai Politik Dalam Menerapkan Pendidikan Politik Terhadap Pengurus Dan Kader Partai (Studi Pada Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa Provinsi Jawa Timur) Kajian Moral dan Kewarganegaraan. Volume 01 Nomor 03 Tahun 2015, Hal 318-329

Suwardi Endaswara. 2012. Filsafat Ilmu: Konsep, Sejarah dan Pengembangan Metode Ilmiah, Yogyakarta: Capas. hlm. 8.

Sunarso, dkk. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Sd Dan Mi Kelas IV. Sukoharjo: Graham Multi Grafika

Sagala, Syaiful., 2006. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sunarso.Pendidikan Politik dan Politik Pendidikan. Jurnal Civic ; Volume 4, No.2, Desember 2007.

Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian pendidikan.pendekatan kualitatif dan kuantitaif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sudijono Sastroatmodjo. 1995. Perilaku politik. Semarang: IKIP Press

Tholib Kasan, 2005. Teori dan Apliaksi Administrasi Pendidikan, (Jakarta: Studia Press,

Wildan Nurul Fajar. 2014. Pelaksanaan Pendidikan Politik Di Sekolah Dalam Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Pendidikan Kwarganegaraan. FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Yohanes Berkhmas Mulyadi. 2018. Pendidikan Politik Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Kesadaran Politik Siswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan Vol. 9 No. 1 Tahun 2019 | Hal. 33 – 38. STKIP Persada Khatulistiwa Sintang Indonesia.

Eko Handoyo, Lestari, 2017. PENDIDIKAN POLITIK. Yogyakarta : Pohon Cahaya

Karim Suryadi, Affandi. 2016. Modul 1 Teori dan Konsep dalam Konteks Pendidikan Politik. http://repository.ut.ac.id/4009/1/PKNI4423-M1.pdffile:///C:/Users/ACER/Downloads/PKNI4423-M1.pdf.Dwonload pada tanggal…. 9 Agustus 2020




DOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v1i1.11131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ekri Yuwansa Gobel, Rasid Yunus, Ramli Mahmud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jambura Journal Civic Education is Indexed in