Terbentuknya Low Trust Society Usia Dewasa: Dalam Lingkungan Sosial Masyarakat

Ilma Vitaloka Ginardi, Vira Larasati, Anggie Kusumaningrum, Yoga Prasetyo

Abstract


Orang dewasa cenderung memiliki banyak karakter karena dalam hidupnya sudah banyak memiliki pengalaman. Tetapi, terbentuknya karakter orang dewasa itu secara formal maupun nonformal selalu terbentuk dilingkungan masyarakat. Terutama pada karakter Low Trust Society yang umumnya orang dewasa miliki, sehingga diperlukan adanya penelitian untuk mengetahui terjadi karena rendahnya kepercayaan. Low Trust Society ini terbentuk karena adanya beberapa faktor yaitu korupsi, kolusi dan nepotisme yang merajalela telah menjadikan kita sebagai bangsa yang memiliki rendahnya rasa saling percaya kepada sesama. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode kualitatif deskriptif. Dalam artikel ini, penulis ingin membahas mengenai terbentuknya Low Trust Society pada orang dewasa dilingkungan sosial masyarakatnya. Berdasarkan fenomena tersebut terbentuknya karakter orang dewasa terjadi karna adanya wabah korupsi, kolusi dan nepotisme pada lingkungan sosial masyarakatnya.

Keywords


Low Trust Society, Orang Dewasa, Pembentukan Karakter

Full Text:

PDF

References


Hadisuprapto, P. (2000). PEMBERIAN MALU: ALTERNATIF ANTISIPATIF KORUPSI, KOLUSI DAN NEPOTISME (K.K.N) *. In Jurnal Kriminologi Indonesia (Vol. 1).

Mulyatiningsih, O. E. (n.d.). ANALISIS MODEL-MODEL PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK USIA ANAK-ANAK, REMAJA DAN DEWASA.

Sebelas Maret, U. (n.d.). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KELUARGA UNTUK MEMBENTUK KEPRIBADIAN REMAJA YANG DEWASA DALAM BERPIKIR DAN BERPERILAKU Ageng Aryyandhika W.

Yuse, A. P., Jamaris, J., & Ismaniar, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Orang Dewasa oleh Instruktur Pelatihan Keterampilan Menjahit di SPNF SKB Lima Puluh Kota. Spektrum: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 16. https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.9199




DOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v1i2.12153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ilma Vitaloka Ginardi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

View My Stats