KAJIAN NILAI-NILAI KETUHANAN YANG MAHA ESA SEBAGAI PENGUATAN KARAKTER RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK (Studi Kasus SMP Negeri 1 Kota Gorontalo Dan SMP Negeri 2 Kota Gorontalo)

Yuli Adhani, Roni Lukum, Ais Nurdin

Abstract


Pancasila yang merupakan way of life bagi bangsa Indonesia hari ini mulai terkikis seiring digitalisasi dalam kehidupan manusia. Banyak persoalan bangsa yang terjadi seolah-olah masyararakat tidak lagi menjunjung nilai-nilai Pancasila. Kasus peserta didik yang banyak melakukan hal yang tidak sesuai norma, contohnya bullying, kasus siswa smp meminta izin menikah karena alasan mendesak, tawuran yang semua ini tidak sesuai dengan nilai Ketuhanan Yang Maha Esa berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini ingin mengkaji nilai Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai penguatan nilai religious pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa di SMPN 1 Gorontalo dan SMPN 2 Gorontalo telah ditanamkan dan dikembangkan dengan baik hal ini terbukti dari banyaknya kegiatan yang telah didesain oleh sekolah misalnya kegiatan sholat berjamaah setiap hari, MTQ, kultum dan pembiasaan toleransi dan menghormati teman yang berbeda agama namun penanaman nilai Ketuhanan Yang Maha Esa masih mengalami kendala karena penanaman di sekolah tidak didukung oleh lingkungan ruman dan pertemanan peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Agel, S. U., Ngiu, Z., Yunus, R., & Adhani, Y. (2021). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Masalah Kenakalan Remaja di Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Bokat Kacamatan Bokat Kabupaten Buol Sulawesi Tengah. JAMBURA Journal Civic Education, 1(2), 67-76.

Syarbaini.S. Rusdiyanta. Fatkhuri. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Implementasi Karakter Bangsa. Jakarta: Hartomo Media Pustaka.

Kaelan, 2016.Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi Berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 43/Dikti/Kep/2006 Sesuai Dengan KKNI Bdg PT 2013. Yogyakarta: Paradigma.

Filsafat Pancasila Pandangan Hidup Bangsa Indonesia. Yogyakarta: Paradigma.

Erwin. M. 2012. Pendidikan Kewarganegaraan Republik Indonesia.Bandung: PT Refika Aditama.

Darmadi. H. 2014. Urgensi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta. Bandung: PT Refika Aditama.

Saragih.E. S. 2017. Analisis dan Makna Teologi Ketuhanan Yang Maha Esa Dalam Konteks Pluralisme Agama di Indonesia. Jurnal Teologi: Volume 2, Nomor 1.

Suparno& Budimansyah. D. 2016. Peran Nilai-Nilai Religius Kerajaan Sintang Dalam Membina Karakter Generasi Muda.Jurnal PEKAN Vol 1 No 1.

Suparno.2016. Analisis Pemahaman Siswa Terhadap Pergeseran Nilai dan MoralSuparno, Sapto P., Septha S., Samuel Implementasi

Sugiyono, 2013, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. (Bandung: ALFABETA)




DOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v3i1.20134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yuli Adhani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jambura Journal Civic Education is Indexed in