Pemberdayaan Berkelanjutan Melalui Pemanfaatan Dana Desa Bagi Masyarakat Pesisir di Desa Momalia Kecamatan Posigadan Provinsi Sulawesi Utara

Sukarman Kamuli, Sastro M. Wantu, Udin Hamim, Lucyane Djafar, Yayan Sahi, Haikal Dahiba

Abstract


Kemiskinan merupakan problematika yang terus menghantui berbagai wilayah global, termasuk Indonesia. Kemiskinan bukan semata tentang defisit sumber daya ekonomi, melainkan juga melibatkan keterbatasan dalam akses pendidikan, peluang pekerjaan yang layak, serta ruang untuk pengembangan diri. Dalam konteks ini, pemberdayaan muncul sebagai strategi yang menjanjikan dalam merespons dampak kemiskinan yang tak berkesudahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Pemberdayaan Berkelanjutan Melalui Pemanfaatan Dana Desa Bagi Masyarakat Pesisir di Desa Momalia, Kecamatan Posigadan, Provinsi Sulawesi Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dengan sumber data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan (1) secara fisik, Pemerintah desa mengalokasikan dana desa untuk membangun jalan paving yang bertujuan memudahkan akses pertanian. Di sektor pertanian, terbentuk Kelompok Tani Wanita (KWT) yang berfokus pada budidaya tanaman jahe dan cabai, sementara di sektor nelayan, diberikan bantuan rakit dan alat pancing untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Sedangkan, (2)  Pemberdayaan non-fisik yang dilakukan berupa edukasi dan pelatihan mengenai pemanfaatan teknologi tepat guna bagi petani dan nelayan guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola usaha pertanian dan perikanan secara berkelanjutan. secara keseluruhan, pemberdayaan berkelanjutan melalui alokasi dana desa oleh pemerintah desa telah memberikan dampak positif pada hasil pertanian dan perikanan di Desa Momalia. Sebagai saran, perlu dilakukan upaya lanjutan dalam mengintegrasikan inisiatif pemberdayaan fisik dan non-fisik dengan mengoptimalkan partisipasi masyarakat, memperkuat kolaborasi lintas sektor, serta memantau secara berkesinambungan dampak dan keberlanjutan program pemberdayaan di Desa Momalia.


Keywords


Kemiskinan, Pemberdayaan Berkelanjutan, Desa Momalia.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Z., & Wahyuni . (2019). Miskin Di Laut Yang Kaya: Nelayan Indonesia Dan Kemiskinan. Sosioreligius: Jurnal Ilmiah Sosiologi Agama, 4(1), 52-60.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan Masyarakat : Menggali Potensi Lokal Desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135-143.

Huda, M. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Pesisir Melalui Budidaya Rumput Laut Dan Pengolahan Hasil Tambak Di Desa Pulokerto Kecamatan Kraton. Soeropati: Journal Of Community Service, 1(1), 2-10.

Jacobus, E., Kindangen, P., & Walewangko, E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemiskinan Rumah Tangga Di Sulawesi Utara. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(3), 86-103.

Mubarok, H., Karim, S., Romdhoni, H., Raziqin, A., Septiana, L., Sari, H., . . . Maknunah, J. (2019). Pemberdayaan Segi Fisik Dan Non Fisik Bidang Sosial, Kemasyarakatan, Dan Kesehatan Berbasis Potensi Padukuhan Monggol. Prosiding Konferensi Pengabdian Masyarakat (Pp. 88-90). Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga.

Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta,.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v3i2.21827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sukarman Kamuli, Sastro M. Wantu, Udin Hamim, Lucyane Djaafar, Yayan Sahi, Haikal Dahiba

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.