Penguatan nilai karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan pada siswa di SMP Negeri 1 Tumpaan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. M. (2019). Penerapan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler melalui metode pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196.
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Astawa, I. N. T. (2021). Pendidikan agama dan keagamaan dalam menunjang mutu pendidikan di indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(02), 222–228.
Azzet, A. M. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia: revitalisasi pendidikan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa. Yogyakarta: Penerbit dan distributor Ar-Ruzz Media.
Djahiri, A. K., & Wahab, A. A. (1996). Dasar dan konsep pendidikan moral. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.
Febriana, L. I., Aly, A., & Abidin, Z. (2013). Hubungan Pendidikan Karakter Dengan Mata Pelajaran Akhlak (Studi Kasus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral Dissertation).
Hamid, A., & Sudira, P. (2013). Penanaman nilai-nilai karakter siswa smk salafiyah prodi tkj kajen margoyoso pati jawa tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).
Haryati, T., & Khoiriyah, N. (2017). Analisis Muatan Nilai Karakter dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).
Hasbullah. (2001). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Cet. II). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. sage.
Irhamna, I. (2016). Analisis tentang Kendala-Kendala yang Dihadapi Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota Bengkulu. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(1).
Lonto, A. L., & Pangalila, T. (2016). Buku: Etika Kewarganegaraan. Yogyakarta: Ombak.
Pangalila, T. (2020). Character education: The future key for developing Indonesian citizens with character. In Religious Education in Asia (pp. 76–89). Routledge.
Pangalila, T., Pasandaran, S., & Essing, A. C. (2022). Penguatan Karakter Integritas Siswa Oleh Guru PKn Sebagai Upaya Pencegahan Bullying Di SMA Negeri 1 Moronge Kabupaten Kepulauan Talaud. JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education, 3(2), 149–158.
Pangalila, T., & Rattu, J. A. (2023). PKM Penguatan Nilai-Nilai Toleransi Bagi Umat Di Wilayah Rohani St. Faustina Paroki Maria Ratu Damai Tomohon. Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(2).
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207.
Sriwilujeng, D. (2019). Panduan implementasi penguatan pendidikan karakter. Jakarta: Erlangga.
Supriati, A., Pangalila, T., & Umar, M. (2019). Education as The Process of Building The Character and Intelligent Generation of The Nations.
Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1).
Utami, A. T. (2014). Pelaksanaan nilai religius dalam pendidikan karakter di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(8), 22–23.
Widianto, E. (2015). Peran orangtua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 31–39.
DOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v4i1.24912
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fikry Ramadhan Masloman, Arie Supriati, Theodorus Pangalila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.