Penguatan nilai karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan pada siswa di SMP Negeri 1 Tumpaan

Fikry Ramadhan Masloman, Arie Supriati, Theodorus Pangalila

Abstract


Mewujudkan peserta didik yang berkarakter merupakan tujuan pendidikan saat ini. Penelitian ini fokus pada penguatan pendidikan karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan pada siswa yang dilakukan di SMP Negeri 1 Tumpaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan beberapa hal: 1). Temuan menunjukan bahwa siswa terlibat dalam perilaku secara verbal dan siswa yang terprovokasi siswa yang lain di sekolah. 2). Faktor lingkungan atau Pergaulan peserta didik, lingkungan keluaraga, tidak adanya kesadaran peserta didik dan anak-anak yang Broken Home. 3). Proses penguatan pendidikan karakter religius dilakukan melalui berbagai kegiatan. 4). Karakter religius yang paling terlihat mengalami penguatan antara lain ketagwaan, disiplin, toleran, gotong royong dan kreatif. 5). Penguatan Pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakulikuler keagamaan didukung oleh tata tertib, kerja sama yang baik, sarana dan prasarana, serta budaya sekolah. 6). Hasil penguatan pendidikan karakter religius terlihat dengan adanya kesadaran diri dalam beragama serta menunjukkan hasil akademik yang baik. 7). Strategi yang digunakan dalam proses penguatan pendidikan karakter yaitu pembiasaan, keteladanan dan internalisasi nilai-nilai positif. Berdasarkan hasil penelitian ini, kegiatan ekstrakulikuler keagamaan dapat menjadi salah satu wadah untuk penguatan karakter religius pada siswa.

Keywords


Penguatan Karakter; Ekstrakurikuler; Keagamaan

Full Text:

PDF

References


Abidin, A. M. (2019). Penerapan pendidikan karakter pada kegiatan ekstrakurikuler melalui metode pembiasaan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 183–196.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).

Astawa, I. N. T. (2021). Pendidikan agama dan keagamaan dalam menunjang mutu pendidikan di indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(02), 222–228.

Azzet, A. M. (2011). Urgensi pendidikan karakter di Indonesia: revitalisasi pendidikan karakter terhadap keberhasilan belajar dan kemajuan bangsa. Yogyakarta: Penerbit dan distributor Ar-Ruzz Media.

Djahiri, A. K., & Wahab, A. A. (1996). Dasar dan konsep pendidikan moral. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Febriana, L. I., Aly, A., & Abidin, Z. (2013). Hubungan Pendidikan Karakter Dengan Mata Pelajaran Akhlak (Studi Kasus Kelas VIII Di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013). Universitas Muhammadiyah Surakarta (Doctoral Dissertation).

Hamid, A., & Sudira, P. (2013). Penanaman nilai-nilai karakter siswa smk salafiyah prodi tkj kajen margoyoso pati jawa tengah. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2).

Haryati, T., & Khoiriyah, N. (2017). Analisis Muatan Nilai Karakter dalam Buku Teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1).

Hasbullah. (2001). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (Cet. II). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The qualitative researcher’s companion. sage.

Irhamna, I. (2016). Analisis tentang Kendala-Kendala yang Dihadapi Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak dan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota Bengkulu. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 1(1).

Lonto, A. L., & Pangalila, T. (2016). Buku: Etika Kewarganegaraan. Yogyakarta: Ombak.

Pangalila, T. (2020). Character education: The future key for developing Indonesian citizens with character. In Religious Education in Asia (pp. 76–89). Routledge.

Pangalila, T., Pasandaran, S., & Essing, A. C. (2022). Penguatan Karakter Integritas Siswa Oleh Guru PKn Sebagai Upaya Pencegahan Bullying Di SMA Negeri 1 Moronge Kabupaten Kepulauan Talaud. JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education, 3(2), 149–158.

Pangalila, T., & Rattu, J. A. (2023). PKM Penguatan Nilai-Nilai Toleransi Bagi Umat Di Wilayah Rohani St. Faustina Paroki Maria Ratu Damai Tomohon. Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 15(2).

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207.

Sriwilujeng, D. (2019). Panduan implementasi penguatan pendidikan karakter. Jakarta: Erlangga.

Supriati, A., Pangalila, T., & Umar, M. (2019). Education as The Process of Building The Character and Intelligent Generation of The Nations.

Tabi’in, A. (2017). Menumbuhkan sikap peduli pada anak melalui interaksi kegiatan sosial. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1).

Utami, A. T. (2014). Pelaksanaan nilai religius dalam pendidikan karakter di SD Negeri 1 Kutowinangun Kebumen. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(8), 22–23.

Widianto, E. (2015). Peran orangtua dalam meningkatkan pendidikan karakter anak usia dini dalam keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 31–39.




DOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v4i1.24912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fikry Ramadhan Masloman, Arie Supriati, Theodorus Pangalila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jambura Journal Civic Education is Indexed in