Pengaruh Model Problem Lased Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII SMPN 7 Mataram

Nur Rizqi Julianti, Lalu Sumardi, Sawaludin Sawaludin

Abstract


Penelitian ini melihat bagaimana penggunaan model pembelajaran merbasis masalah (Problem Lased Learning) dengan bantuan media Audio Visual dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan yakni kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment dan tipe nonequivalent control. Pengambilan Sampel terdiri dari dua kelas dengan teknik  purposive sampling. Jadi, dari 11 kelas yang ada, kelas VIII B (kelas eksperimen) dan kelas VIII E (kelas kontrol) akan dijadikan sebagai sampel penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan observasi. Pertanyaan-pertanyaan pilihan ganda dicantumkan dalam instrumen penelitian. Metode pengujian yang diterapkan adalah pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas menggunakan (Chi Kuadrat), uji homogenitas (uji-f) dan uji hipotesisi menggunakan (uji-t). Berdasarkan hasil pengujian hipotesisi taraf signifikan 5% menghasilkan kesimpulan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, Hal ini menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Problem Lased Learning berbantuan media Audio Visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VIII di SMPN 7 Mataram.

Keywords: Prroblem Lased Learning, Audio Visual , Hasil Belajar


Full Text:

PDF

References


Adellina, F., Yuliatin, Y., Sawaludin, S., & Herianto, E. (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together Berbantuan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 1 Aikmel. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1409-1414.

Agustin et al. (2019). Pengaruh Model Problem Lased Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 158–165.

Amir, N. F., Magfirah, I., Malmia, W., Fakultas, T., Dan, K., Pendidikan, I., Iqra, U., Jl, B., Baslamah, A., Si, M., & Namlea, M. (2020). Penggunaan Model Problem Lased Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar (The Use of Problem Based-Learning (PBL) Learning Model in Thematic Teaching for the Elementary School’s Students). Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), 22–34.

Antasari, N. K., Sukardi, S., & Rispawati, R. (2019). Pengaruh Medel Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1), 14–24.

Asrifah, S., Solihatin, E., Arif, A., & Iasha, V. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Lased Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipa Surabaya, 16(30), 183-193.

Astika, S., Herianto, E., Sawaludin, S., & Sumardi, L. (2023). Pengaruh Implementasi E-learning Berbasis Quizizz terhadap Hasil Belajar PPKn. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 154–160.

Fajri, L., Herianto, E., & Sawaludin, S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Lased Learning Berbasis Media Komik terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran PPKn Kelas VIII di SMP Negeri 2 Lingsar. Manazhim, 4(2), 371–382.

Furqan, I., Ismail, H. M., Fauzan, A., & Herianto, E. (2022). Pengaruh Pengajaran Bauran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMPN 8 Mataram. Palapa, 10(2), 217–227.

Herianto, E. (2023). Pengembangan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Problem Lased Learning Integrasi Media Monopoli. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(1), 75-83.

Permendikbud Nomor 21 tahun 2016 tentang muatan Pelajaran.

Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Retnawati, D., & Sunata, S. (2023) Penerapan Model Pembelajaran Problem Lased Learning Berbantuan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Peneltitian Tindakan Kelas.

Sugiyono. (2019). Metodo Penelitian Manajemen Kuantitatif, Pendekatan: Kualitatif, Kombinasi (Mixed Methods), Penelitian Tindakan Kelas (Action Research), penelitian evaluasi. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Syamsidah, S., Hamidah Suryani, H., Ratnawati T, R. T., & Anas Arfandi, A. A. (2018). The Effectiveness of Problem-Based Learning Models in Improving Students Scientific Thinking Skills. The Effectiveness of Problem-Based Learning Models in Improving Students Scientific Thinking Skills, 3(10), 11-15.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Bab II Pasal 3 tentang fungsi pendidikan nasional.




DOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v4i1.25033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nur Rizqi Julianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jambura Journal Civic Education is Indexed in