ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DALAM MODUL AJAR MATERI PROSES PERUMUSAN DASAR NEGARA MGMP PENDIDIKAN PANCASILA KOTA SEMARANG

Dede Suherman, Titik Haryati, Dwi Kusumoningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan teaching at the right level dalam modul ajar materi proses perumusan dasar negara MGMP Pendidikan Pancasila Kota Semarang. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode analisis konten. Subjek penelitian ini adalah modul ajar Pendidikan Pancasila materi  proses perumusan dasar negara yang disusun oleh tim Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Pancasila Kota Semarang. Validitas data diperoleh melalui teknik validitas semantis. Proses analisis data meliputi penentuan unit analisis, pencatatan data, reduksi, penarikan kesimpulan, dan deskripsi hasil. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pendekatan TaRL Berdasarkan implementasi pendekatan teaching at the right level pada modul ajar materi perumusan dasar negara yang disusun oleh tim MGMP pendidikan Pancasila Kota Semarang, secara ekplisit terdapat dalam bagian modul ajar yaitu: Pra pembelajaran yaitu dengan pelaksanaan tes diagnostik untuk mengukur level kemampuan peserta didik, minat belajar serta gaya belajar peserta didik. Kegiatan pendahuluan guru memberikan pertanyaan pemantik untuk memperkuat hasil diagnostik. Kegiatan inti guru membagi peserta didik sesuai level kemampuan hal ini merupakan bentuk profiling yang merupakan bagian dari tahap pendekatan teaching at the right level. Guru menerapkan pembelajaran berdiferensiasi sebagai wujud pendekatan teaching at the right level diferensiasi pembelajarn yang muncul berupa diferensiasi konten dan produk namun belum terlihat adanya diferensiasi proses.

Full Text:

PDF

References


Aditomo, A. 2021. Pembelajaran Dan Asesmen Kompetensi. Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan 2021.

Ahyar, A., Nurhidayah, N., & Saputra, A. 2022. Implementasi Model Pembelajaran TaRL dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik di Sekolah Dasar Kelas Awal. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(11): 5241-5246.

Antika, W., Sasomo, B., & Rahmawati, A. D. 2023. Analisis Asesmen Diagnostik Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Di Kurikulum Merdeka SMPN 3 Sine. Pedagogy, 8(1): 250–263.

Cahyono, S. D. 2022. Melalui Model Teaching at Right Level (TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan Na. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2): 12407–12418.

Elviya, D. & Sukartiningsih, W. 2023. Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8): 1780-1793.

Faradila, A., Priantari, I., & Qamariyah, F. 2023. Teaching at the right level sebagai Wujud Pemikiran Ki Hadjar Dewantara di Era Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Pendidikan Non formal, 1(1): 10-10.

Marlina. 2019. Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif, 1(5): 1–58.

Masitoh. 2021. Analisis muatan nilai-nilai karakter dalam buku teks sejarah Indonesia tingkat SMA kelas XI terbitan Kemendikbud dan Erlangga Jurnal Konseling dan Pendidikan, 9 (4): 154-158.

Mubarokah, S. 2022. TantanganImplementasi Pendekatan TaRL(Teaching at the right level)dalam Literasi Dasar yang Inklusif di Madrasah Ibtida’iyah Lombok Timur. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 165–179. https://doi.org/10.37216/badaa.v4i1.582

Nasution, S. W. 2021. Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1): 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181

Patilima, S. 2021. Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar "Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0" Pendidikan dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo hal. 228-236.

Peto, J. 2022. Melalui Model Teaching At Right Level ( TARL ) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Penguatan Karakter dan Hasil Belajar Narrative Text di Kelas X . IPK . 3 MAN 2 Kota Payakumbuh Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2): 12419–12433.

Saputro E. W. 2024. Implementasi Pendekatan Teaching at the right level (TaRL) Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Surakarta. Jurnal Bahasa dan Sastra dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan 2(1): 179-192.




DOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v4i1.25445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dede Suherman, Titik Haryati, Dwi Kusumoningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jambura Journal Civic Education is Indexed in