PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI IMPLEMENTASI PROGRAM JURI DI SDN KECAMATAN KOTA GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguatan pendidikan karakter religius peserta didik melalui implementasi program Juri (Jumat Religi) di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Kota Tengah. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Untuk menumbuhkan dan mengembangkan karakter peserta didik membutuhkan program sekolah yang melembaga dan berdampak. Hal ini dibuktikan dengan adanya salah satu program habituasi di Sekolah Dasar Kecamatan Kota Tengah berupa Jumat Religi yang sudah merupakan bagian dari kurikulum sekolah sehingga dapat memberikan implikasi tercapainya tujuan Pendidikan Nasional yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. 2) Program habituasi berupa Jumat Religi yang semula bagi Sekolah yang menjalankannya hanya berdampak pada aspek karakter religiusitas saja, namun berdampak pula terhadap karakter disiplin dan tanggungjawab sebagai nurturant effect sebagai implikasi program habituasi sekolah. Dimana, peserta didik berusaha datang tepat waktu sebelum kegiatan tersebut dimulai sehingga tanpa peserta didik sadari bahwa mereka dibiasakan untuk disiplin. Peserta didik berusaha melaksanakan tugas-tugas mereka berupa dijadwalkan menjadi imam, pemandu bacaan quran dan membawakan ceramah agama, sehingga tanpa mereka menyadari bahwa mereka dibiasakan untuk bertanggungjawab.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v4i1.25470
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yunus N Banuna, Muchtar Ahmad, Candra Cuga, Zulaecha Ngiu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.