PENGEMBANGAN MEDIA LUMPIA PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS 2 SD KOTA TENGAH KOTA GORONTALO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan media Lumpia pada pembelajaran PPKn di kelas 2 SD Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif. Hasil penelitian dan pengembangan Media pembelajaran LUMPIA (Loundri mengenal Pengamalan Sila Pancasila) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), dapat disimpulkan bahwa: 1) Pada tahap analisis, peneliti melakukan analisis awal melalui observasi dan wawancara di SDN terhadap kondisi dan kebutuhan pembelajaran PPKn di kelas 2 SD. Hasil analisis awal ini adalah dalam proses pembelajaran PPKn materi mengenal pengamalan Sila Pancasila ternyata masih menggunakan media pembelajaran berupa Chart yang diperoleh dari gambar yang digunting (hasil printing) serta menggunakan media Chart/Gambar yang ditempel pada papan tulis. 2) Desain ideal media pembelajaran LUMPIA dirancang dalam bentuk sebuah sketsa desain membantu pembuatan media pembelajaran LUMPIA yang telah dikembangkan dari media yang sudah ada pada awalnya yaitu Jemuran Gembira. Sketsa tersebut dituangkan dalam sebuah Skema yang disebut dengan desain awal konseptual (Blueprint). 3)Mengembangkan desain ideal media pembelajaran LUMPIA (Loundri mengenal Pengamalan Sila Pancasila) pada pembelajaran PPKn materi mengenal pengamalan sila Pancasila di kelas 2 SD sesuai Blueprint untuk menghasilkan prototype Media LUMPIA dilaksanakan dengan beberapa tahap yaitu; (1) Tahap pembuatan Media, (2) tahap validasi kelayakan Produk. 4) Pada tahap implementasi semua rancangan media yang telah dikembangkan diterapkan setelah dilakukan revisi. Media pembelajaran LUMPIA yang telah dikembangkan, diimplementasikan pada situasi yang nyata yaitu di kelas. Pada tahap ini peneliti melakukan uji coba produk dengan melihat respon dari guru dan respon dari Peserta didik terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan. Uji coba yang dimaksudkan untuk melihat tingkat kepraktisan pada media tersebut. 5) Mengevaluasi kelayakan media LUMPIA pada pembelajaran PPKn materi mengenal pengamalan sila Pancasila di kelas 2 SD dilaksanakan dengan memberikan angket kepada siswa dan peserta didik dengan informasi bahwa dari respon guru memiliki rata-rata 4,1. Deskripsi hasil respon peserta didik ditunjukkan pada tabel, terlihat bahwa persentase rata- rata respon peserta didik terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media LUMPIA memiliki nilai lebih besar dari 80%. Dari keseluruhan aspek yang ditanyakan, persentase rata-rata respon peserta didik adalah 88,54 %. Dengan demikian tingginya persentase peserta didik yang memberikan respon positif membuktikan bahwa media pembelajaran LUMPIA dapat dikatakan efektif.
DOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v4i1.25471
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Karto Nurkamiden, Muchtar Ahmad, Candra Cuga, Zulaecha Ngiu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.