Pengaruh Modal Sosial Terhadap Keberlanjutan Gapoktan Ngudi Rukun Di Kabupaten Wonogiri

Tri Ermawati, Tutik Dalmiyatun, Kadhung Prayoga

Abstract


Modal sosial merupakan suatu rangkaian proses hubungan antar manusia yang ditopang oleh jaringan, norma-norma dan kepercayaaan sosial yang memungkinkan efisiensi dan efektifitas koordinasi serta kerjasama untuk keuntungan bersama. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis modal sosial, keberlanjutan, dan pengaruh modal sosial terhadap keberlanjutan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Ngudi Rukun di Kabupaten Wonogiri. Penelitian dilaksanakan pada bulan September sampai Oktober 2020. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan metode slovin dan diperoleh 82 responden. Pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modal sosial yang ada di Gapoktan Ngudi Rukun tergolong dalam kategori tinggi dengan presentase jaringan kerjasama 60%, kepercayaan 48% dan norma 64%. Tingkat keberlanjutan di Gapoktan Ngudi Rukun termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan tingkat presentase 94%. Modal sosial yang terdiri dari jaringan kerjasama, kepercayaan dan norma berpengaruh secara serempak dan parsial terhadap keberlanjutan Gapoktan Ngudi Rukun di Kabupaten Wonogiri. Nilai Adjusted R-Square sebesar 0,919 yang berarti keberlanjutan Gapoktan Ngudi Rukun dipengaruhi oleh modal sosial (jaringan kerjasama, kepercayaan, dan norma) sebesar 91,9%. Modal sosial dalam gapoktan perlu ditingkatkan dalam mengembangkan usaha ekonomi produktif.

Keywords


Gapoktan; Keberlanjutan; Modal Sosial; Padi.

Full Text:

PDF

References


Anggoro, A. D. (2009). Pengaruh Modal Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, dan Bantuan Sosial terhadap Ketahanan Pangan. Program Sarjana Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Barki, K. (2017). Pengaruh Modal Sosial terhadap Tingkat Adopsi Inovasi Padi Organik pada Anggota Kelompok Tani Paguyuban Al-Barokah, Desa Ketapang, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang. J. Agromedia. 35(2): 55 – 63.

Bulu, Y.G. (2010). Kajian Pengaruh Modal Sosial dan Keterdedahan Informasi Inovasi terhadap Tingkat Adopsi Inovasi Jagung Dilahan Sawah dan Lahan Kering. Disertasi Universitas Gadjah Mada, Yogjakarta. (Tidak dipublikasikan).

Damayanti, L. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi, pendapatan dan kesempatan kerja pada usaha tani padi sawah di daerah irigasi parigi moutong. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis, 9(2): 249-259.

Fadhillah, L. E. (2018). Pengaruh Perilaku Petani Padi terhadap Pengggunaan Benih Padi Bersubsidi di Desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak. Skripsi Program Sarjana Universitas Diponegoro, Semarang.

Fanbellisa, S. (2017). Pengaruh Modal Sosial terhadap Keberlanjutann Gabungan Kelompok TanimSumber Mulyo di Desa Banjaran Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara. Skripsi Program Sarjana Universitas Diponegoro. Semarang.

Hayati, M., Elfiana., dan Martina. (2017). Peranan Sektor Pertanian dalam Pembangunan Wilayah Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh. J. S. Pertanian. 1(3): 213 – 222.

Mawardi, M. (2007). Peranan sosial kapital dalam pemberdayaan masyarakat. J. Pembangunan Majalah Islam.

Munawaroh, S. T. (2017). Pengaruh Modal Sosial terhadap Peningkatan Kesejahteraan Penambang Pasir di Desa Sadangwetan Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen. Skripsi Program Sarjana Universitas Muhammadiyah Purworejo. Purworejo.

Tangio, N. S. (2021). Role Of Social Capital Community Business Development Process Agroindustry Palm Sugar Protected Areas In The Forest Buffer. Jambura Agribusiness Journal, 2(2): 55-65.

Thobias, E., A. K. Tungka., dan J. J. Rogahang. (2013). Pengaruh Modal Sosial terhadap Perilaku Kewirausahaan (Suatu Studi pada Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud). J. Acta Diurna, 1 – 12.




DOI: https://doi.org/10.37046/jaj.v3i1.10129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jambura Agribusiness Journal (P-ISSN: 2685-5860, E-ISSN: 2685-5771) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS