Analisis Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Bale Hidroponik Dan Dampaknya Bagi Masyarakat Sekitar

Tinti Asmara, Lasmono Tri Sunaryanto

Abstract


Tujuan penelitian ini: 1) menganalisis faktor-faktor penentu keberhasilan usaha Hidroponik Bale dan dampaknya bagi masyarakat sekitar; dan 2) mengidentifikasi proses keberhasilan usaha dalam menjual produknya. Penelitian dilakukan di Bale Hidroponik Salatiga, Jawa Tengah. Penelitian berpotensi sebagai penggerak pengembangan agribisnis dibidang tanaman hortikultura yang dikembangkan menggunakan teknik budidaya secara konsep hidroponik. Teknik analisis data menggunakan model kualitatif interaktif dengan tahapan analisis mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan analisis, dan penarikan kesimpulan. Uji kredibilitas data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penentu keberhasilan usaha Bale Hidroponik Salatiga meliputi faktor sumber daya manusia, keuangan, organisasi, manajemen usaha, distribusi dan pemerintah. Dampak usaha bagi masyarakat sekitar selain dapat berbelanja sayur langsung ke green house Bale Hidroponik dan dapat melihat secara langsung proses produksi yang dilakukan, masyarakat sekitar juga dapat belajar membuat instalasi hidroponik dengan bantuan pemilik. Bale Hidroponik juga mempekerjakan beberapa masyarakat sekitar di green house milik Bale Hidroponik dan masyarakat sekitar dapat belajar mengenai pertanian secara hidroponik dan cara memasarkannya. Kinerja pengelola Bale Hidroponik Salatiga dapat terus ditingkatkan dalam mengembangkan bisnisnya terutama peningkatan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


Bale Hidroponik; Keberhasilan Usaha; Dampak Bisnis; Penjualan; Salatiga

Full Text:

PDF

References


Adriani, D dan Trimo, L. (2020). “Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Minuman Tradisional”. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 4(2), 323-334.

Badan Pusat Statistik. (2015). Kota Salatiga dalam Angka 2015. Salatiga: Badan Pusat Statistik Kota Salatiga.

Hendro, I. M. (2011). Dasar - Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.

Juliana V., Setiawan I., dan Bidayan E. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Keberhasilan Usaha Penjualan Buah-Buah Di Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 2(5), 341-352.

Kristanto, Heru. (2010). Kewirausahaan Enterpreneurship: Pendekatan Manajemen dan Praktik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Masduki, Anang. (2018). “Hidroponik Sebagai Sarana Pemanfaatan Lahan Sempit Di Dusun Randubelang Bangunharjo Sewon Bantul”. Jurnal Pemberdayaan, 1(2), 185-192.

Masykur. (2011). Pengantar Kewirausahaan Kerangka Dasar. Yogyakarta: BPFE.

Maulana, A. (2016). “Penentuan Prioritas Strategi Pariwisata Dengan Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix”. Jurnal Pengkajian Dan Pengembangan Teknologi Pertanian, 15(1), 67–79.

Meilinda, T. (2018). Peranan Media Sosial Instagram Sebagai Alat Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Restoran Sakurakita Palembang. Skripsi. Politeknik Negri Sriwijaya, Palembang. (Dipublikasikan).

Miles, M. B. dan A. Michael Hubermand. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tenang Metode-Metode Baru, Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Pamungkas Rizki dan Magnadi Rizal Hari. (2015). Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Pada Pemegang Usaha Waralaba (Studi Kasus Pada Usaha Waralaba Makanan dan Minuman Lokal di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 3(1), 1-14.

Siwu, H. F. D. (2019). “Strategi Pertumbuhan Dan Pembangunan Ekonomi Daerah”. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 19(3), 1–11.

Sugiyono. (2019). Buku Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. (2014). Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sulistyowati, Eny dan Lestari, Nining Sofiati. (2016). Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kota Yogyakarta. Jurnal Maksipreneur, 6(1), 24-36.




DOI: https://doi.org/10.37046/jaj.v3i1.11489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jambura Agribusiness Journal (P-ISSN: 2685-5860, E-ISSN: 2685-5771) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS