Strategi Pemulihan Usaha Dengan Pendekatan Business Model Canvas Di Griya Cokelat Nglanggeran

Bilqis Sholihah, Edy Prasetyo, Suryani Nurfadillah

Abstract


Griya Cokelat Nglanggeran (GCN) adalah UMKM yang memproduksi olahan kakao oleh-oleh khas daerah wisata yang terdampak Covid-19 hingga mengalami penutupan sementara dan penurunan pendapatan. Peneliti melakukan penelitian untuk merancang strategi pemulihan dampak pandemi Covid-19 di GCN. Penelitian yang dilakukan bulan Juni sampai Juli 2021 ini menggunakan 16 informan internal dan eksternal GCN. Alat analisis yang digunakan adalah Business Model Canvas yang dikombinasikan dengan Blue Ocean Strategy. Hasil dari penelitian yaitu Customer segment berubah menjadi masyarakat menengah, perusahaan, lembaga pemerintah, mantan wisatawan, dan pecinta cokelat. Value propositions yaitu edukasi kakao online, pelayanan dengan respon cepat, packaging yang aman, dan manajemen reseller. Channels baru berupa WhatsApp Business dan marketplace. Customer relationship ditingkatkan dengan fitur broadcast chat dan katalog produk. Revenue streams ditingkatkan melalui transaksi di marketplace. Key resources ditingkatkan pada kualitas SDM marketing. Pada key activities yang perlu ditingkatkan adalah pemasaran online, database pelanggan, dan peningkatan pengawasan. Key partnership ditingkatan pada kerja sama dengan perusahaan dan lembaga pemerintah. Cost structure pada penambahan biaya SDM marketing yang bersifat sementara. Hasil strategi pemulihan ini mampu diterima oleh pihak GCN sebesar 92,2%.


Keywords


Business Model Canvas; Blue Ocean Strategy; Covid-19; UMKM

Full Text:

PDF

References


Aman, S., Supriyanto, & Putri, M. A. (2020). Implementasi BMC Dengan Metode Design Thinking Dalam Menghadapi Covid-19 di IKM PATI. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri, 1(2), 6–14.

Andini, N. (2013). Pengorganisasian Komunitas Dalam Pengembangan Agrowisata Di Desa Wisata Studi Kasus: Desa Wisata Kembangarum, Kabupaten Sleman. Kabupaten Sleman Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 24(3), 173–188.

Asmini, Nyoman Sutama, I., Haryadi, W., & Rachman, R. (2020). Manajemen Business Cycle Sebagai Basis Peluang Usaha Pasca Covid-19: Suatu Strategi Pemulihan Ekonomi Masyarakat. In Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), .

Chairina, P., Kusumastuti, R., & Rusfian, E. Z. (2022). Peningkatan Kemampuan Dalam Mengembangkan Model Bisnis Dan Optimalitasasi Media Sosial Melalui Pelatihan Model Bisnis Dan Promosi Bagi UMKM. Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(2), 963–977. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i2.6917

Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta. (2021). Statistik Kepariwisataan 2020.

Fitrah, M., & Luthfiyah. (2017). Metodologi Penelitian: Peneltian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak Publisher.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. (2020, June). Data Sebaran. https://covid19.go.id/

Hardilawati, W. L. (2020). The Survival Strategy Of Smes During The Covid-19 Pandemic. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), 89–98. http://ejurnal.umri.ac.id/index.php/jae

Hermayani, S. (2014). Segmentasi Pasar Konsumen Sayuran Organik Hypermarket Giant Kota Depok. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Hilman, C., & Laturette, K. (2021). Analisis Perbedaan Kinerja Perusahaan Sebelum Dan Saat Pandemi Covid-19. Balance: Jurnal Akuntansi, Auditing Dan Keuangan, 18(1), 91–109.

Iping, B. (2020). Perlindungan Sosial Melalui Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Era Pandemi Covid-19: Tinjauan Perspektif Ekonomi Dan Sosial. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(2), 516–526.

Kartiko, N. D., & Rachmi, I. F. (2021). Strategi Pemulihan Pandemi Covid-19 Bagisektor UMKM di Indonesia. Jurnal Syntax Transformation, 2(5), 624–637. https://doi.org/10.46799/jurnalsyntaxtransformation.v2i5.275

Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode dan Aplikasi. Malang: UB Press.

Organization for Economic Co-operation and Development (OECD). (2020). Coronavirus (COVID-19): SME Policy Responses. https://www.wto.org/english/news_e/pres20_e/pr858_e.htm

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2013). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers and Challengers. John Wiley and Sons.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Saputro, W. A., & Dawud, M. Y. (2021). Strategi Pemulihan Dengan Kerjasama Dua Sektor, Mungkinkan Sektor Pariwisata dan UMKM Bangkit? (Studi Kasus UMKM dan Wisata Kabupaten. Jurnal of Agribussines Science and RUral Development, 1(1), 1–9.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Z. A. R., Elvitriadi. (2020). Strategi Pengembangan Agribisnis PT. Mitra Kerinci. Jurnal Mirai Management, 6(1), 171–201. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.171




DOI: https://doi.org/10.37046/jaj.v3i2.14243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jambura Agribusiness Journal (P-ISSN: 2685-5860, E-ISSN: 2685-5771) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS