HUBUNGAN ANTARA HARGA, MEREK, THREAT EMOTION, DAN LOKASI PENJUALAN DENGAN LOYALITAS KONSUMEN YOGHURT MEMORY 84 DI KOTA SALATIGA

Firmanto Firmanto, Bayu Nuswantara

Abstract


Yoghurt Memory 84 merupakan susu hasil fermentasi yang diproduksi di Kota Salatiga. Sehubungan dengan perkembangan usaha yang semakin maju di era sekarang, loyalitas konsumen menjadi salah satu penentu keberlangsungan suatu usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan harga, merek, threat emotion dan lokasi penjualan terhadap loyalitas konsumen Yoghurt Memory 84. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan  Mei-Juni 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan insidental sampling. Jumlah responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 50 orang konsumen Yoghurt Memory 84. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X1) memiliki tingkat hubungan sangat kuat terhadap loyalitas konsumen (Y) dengan nilai korelasi 0,874; merek (X2) memiliki tingkat hubungan rendah terhadap loyalitas konsumen (Y) dengan nilai korelasi 0,351; threat emotion (X3) memiliki tingkat hubungan sedang terhadap loyalitas konsumen (Y) dengan nilai korelasi 0,595; dan lokasi penjualan (X4) memiliki tingkat hubungan kuat terhadap loyalitas konsumen (Y) nilai korelasi 0,793. Semua variabel harga, merek, threat emotion, dan lokasi penjualan terbukti positif dan signifikan dengan loyalitas konsumen (Y). Caffe Yoghurt Memory 84 perlu memperhatikan variabel-variabel dalam penelitian ini, terutama harga dan lokasi penjualan untuk meningkatkan loyalitas konsumen.

Keywords


harga; merek; threat emotion; lokasi penjualan; loyalitas konsumen.

Full Text:

PDF

References


Aldi, A. 2012. Pengaruh Citra Merk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Azwar, S. 2013. Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ferrinadewi, E. 2008. Pengaruh Threat Emotion Konsumen Dan Brand Trust Pada Keputusan Pembelian Produk Susu Anlene di Surabaya. Jurnal Kewirausahaan, 1(2), Hlm. 1-8.

Hiscock, Russell. 2001. Most trusted brands. Marketing 3(1): 32-33.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip, & Gary Amstrong. 2014. Principle of Marketing. Edisi 15. Harlow: Pearson Education

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

Nurullaili, N., & Wijayanto, A. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang memengaruhi Loyalitas Konsumen Tupperware (Studi Pada Konsumen Tupperware di Universitas Diponegoro). Jurnal Administrasi Bisnis, 2(1).

Passyn, Kirsten & Mita Sujan. 2006. “Self-Accountability Emotions and Fear Appeals: Motivating Behavior”. Journal of Consumer Psychology, Vol. 32, p. 583-590

Shafa, M. R., Rozza, S., & Marbun, J. 2016. Pengaruh Strategi Positioning Pada Tabungan Faedah BRI Syariah iB Terhadap Loyalitas Pelanggan. Politeknik Negeri Jakarta. 432-437

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung

Sugiyono 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tamime dan R.K. Robinson. 2007. Yoghurt Science and Technology. Third Edition. Woodhead Publishing. Cambridge.

Widodo, T. H., & Tresna, P. W. 2018. Pengaruh Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Pada Pengguna Kartu As Di STIA YPPT Priatim Tasikmalaya). AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 3(1), 81-88.

Wulan, S., & Susanto, F. 2013. Hubungan persepsi konsumen tentang lokasi usaha dengan keputusan pembelian pada UD Sinar Fajar Cabang Antasari di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1).

Yuliani. 2010. Analisis Pengaruh Lokasi, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan (Studi Pada Penggunan Kartu Prabayar CDMA Flexi Trendy di Desa Krebet Senggrong Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang). Karya Ilmiah Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.37046/jaj.v1i2.4548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jambura Agribusiness Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jambura Agribusiness Journal (P-ISSN: 2685-5860, E-ISSN: 2685-5771) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS