PENGEMBANGAN SENAM KREASI “AKU TAUNO RLIPU” PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Aswan Dai

Abstract


Senam kreasi merupakan gerakan yang dilakukan untuk menyalurkan rasa seni atau rasa keindahan yang dilakukan dengan diiringi irama musik atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama, Senam kreasi “Aku Tauno Rlipu” merupakan senam yang menarik dan riang gerakannya. Gerakan-gerakan dalam Senam “Aku Tauno Rlipu” telah dibuat sedemikian rupa oleh para ahli senam dan senam ini merupakan bagian dari senam umum, tetapi baik untuk pelajar dan anak-anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE serta menggunakan dua anilisis teknik pengumpulan data yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil rekapan dari uji hipotesis dari aspek kognitif, aspek  psikomotor, dan aspek afektif dengan syarat Berdasarkan kriteria pengujian bahwa tolak Ho ; jika thitung > ttabel (3,51;Aspek Kognitif 4,67;Aspek Psikomotor dan 3,33;Aspek Afektif)  lebih besar dari 1,70 pada α = 0,05; n-1, oleh karena itu hipotesis alternatif atau Ha dapat diterima karena harga t hitung telah berada diluar daerah penerimaan Ho (Hipotesis Nol), sehingga dapat dinyatakan bahwa pengembangan permainan tradisional kalari di SMP Negeri Bukal pada aspek kognitif, psikomotor, dan afektif dapat diterima dan digunakan pada proses pembelajaran Penjasorkes.

Creative gymnastics is a movement that is carried out to channel a sense of art or a sense of beauty that is carried out to the accompaniment of music or free exercises performed rhythmically. The movements in Gymnastics "Aku Tauno Rlipu" have been made in such a way by gymnastics experts and this gymnastics is part of general gymnastics, but good for students and children. The method used in this research is R&D with the ADDIE model and uses two data collection techniques analysis, namely qualitatively and quantitatively. The results of the recap of the hypothesis test from the cognitive aspect, psychomotor aspect, and affective aspect with the condition Based on the test criteria that reject Ho; if tcount > ttable (3.51; Cognitive Aspect 4.67; Psychomotor Aspect and 3.33; Affective Aspect) greater than 1.70 at = 0.05; n-1, therefore the alternative hypothesis or Ha can be accepted because the t-count value is outside the Ho acceptance area (Nil Hypothesis), so it can be stated that the development of the traditional game of kalari at SMP Negeri Bukal on cognitive, psychomotor, and affective aspects is acceptable. and used in the Physical Education learning process.


Keywords


Senam Kreasi, Senam Aku Tauno Rlipu ; Creative Gymnastics, Gymnastics Tauno Rlipu

Full Text:

PDF

References


Akmal, Agustanul, Tono Sugihartono, dan Bogy Restu Ilahi. 2018. Analisis Muatan Materi Senam Pada Bahan Ajar PJOK Sekolah dasar Negeri Di Kota Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 2 (1) 2018. ISSN 2477-331X

Arifin, Zainul. 2018. Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (SKJ) Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di MIN Donomulyo Kabupaten Malang. Al-Mudarris, Journal of Education, Vol. 1, No.1, April 2018. ISSN 2620-4355

Fitriani, Johaidah mistar dan Myrza Akbar. 2021. Kontribusi Senam Lansia Terhadap Kebugaran Jasmani Warga Birem Bayuen Kabupaten Aceh Timur. Jurnal Olahraga Rekreasi Samudra (JORS): Jurnal Ilmu Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi. Vol. 4, No. 1, 2021 (26-36)

Irawan, Hendra, Martiani dan Supriyanto. 2020. Penerapan Media Pembelajaran Audio-Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Senam Guinness World Records (GWR) pada Mahasiswa Penjas Universitas Dehasen Bengkulu. E-Sport: Jurnal Kesehatan Jasmani, Kesehatan Rekreasi, Volume 1, nomor 1, Juli – Desember 2020. ISSN 2747-1608

Juniarta, Tonang dan Siswantoyo. 2014. Pengembangan Model Permainan Rintangan (Handycap Games) Untuk Latihan Kebugaran Jasmani Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Keolahragaan, Volume 2 – Nomor 1

Pradipta, Galih Dwi. 2017. Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak Untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Jendela Olahraga, Volume 2, Nomer 1, Januari 2017. ISSN 2527-9580

Rasyono dan Sugih Suhartini. 2019. Sosialisasi Senam Kreasi Daerah (senam Jago Negeri) Pada Kelompok Senam Modern di Sanggar Senam Suta Club. Cerdas Sifa, Edisi 1 No. 2 November 2019.

Subhan dan Auli Irfah. 2019. Kreasi Senam Ceria Pada Taman Kanak-Kanak (Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini Berbasis Gerak dan Lagu). Jurnal Tunas Cendekia. Volume 2, Edisi 2, Oktober 2019. ISSN 2622-0849

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABET

Suhartoyo, Topo, Didik Rilastiyo Budi, Moh. Nanang Himawan Kusuma, Muhamad Syafei, Arfin Deri Listiandi dan Rohman Hidayat. 2019. Identifikasi Kebugaran Jasmani Siswa SMP Di Saerah Dataran Tinggi Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal, Volume 1 Nomor 1 2019. ISSN 2686-5807

Suroto, Agus Mahendra, Taufik Hidayat dan Amat Komari. 2018. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Suryadi, Didi, Y. Touvan Juni Samodra dan Edi Purnomo. 2021. Efektifitas Latihan Weight TrainingTerhadap Kebugaran Jasmani. Journal Respecs, Vol. 3, No. 2, Juli 2021, pp. 9-19. ISSN 2654-7112

Syafari, Mahayudin dan Lalu Muh. Fahrurrozi. 2020. PendidikanOlahraga dan Rekreasi Paket C Setara SMA/MA Kelas XII. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus

Tamim, Muhammad Husni dan Rina Nopiana. 2020. Senam Sehat dalam Meningkatkan Imun Tubuh pada Masa Pandemi Covid 19 di Desa Peringgasela Selatan. Lentera negeri. Vol 1, No. 1, 2020, pp. 32-36. ISSN 27467996




DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v1i1.16627

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor