MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE EXPLICIT INTRUCTION

Ruslan Ruslan, Ella H. Tumaloto, Asry Syam, Aditya Indrawansyah Buhang

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan teknik dasar passing bawah dalam permaianan Bolavoli dan untuk meningkatkan teknik dasar passing bawah dalam permaianan Bolavoli pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Telaga melalui metode Explicit Intruction. Metode yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas. Hasil belajar Passing Bawah dalam  Permainan  Bola  Voli  di  Kelas  VII    SMP  Negeri  1  Telaga  dapat ditingkatkan melalui penerapan metode Explicit Instruction dengan perolehan hasil tes kemampuan siswa dimana pada pelaksanaan kegiatan Pra Siklus diperoleh hasil dimana dari 31 orang siswa terdapat sebanyak 21 orang siswa atau 67.74% memperoleh nilai dibawah standar KKM yang telah ditentukan oleh sekolah dengan kategori “Kurang”, 9 orang siswa atau 29.0% memperoleh kategori “Cukup”, dan 1 orang siswa atau 3,22% memperoleh kategori “Baik”, dengan perolehan nilai  rata-rata klasikal sebesar 52,90% sehingga dipandang perlu di terapkan metode  Explicit  Instruction  dalam  pembelajaran  dan  dilanjutkan  pada kegiatan Siklus I. Pelaksanaan  kegiatan  siklus  I  diperoleh  terdapat  11  orang  siswa  atau 35,49% memperoleh nilai dengan kategori “Cukup”, 18 orang siswa atau 58,1% memperoleh nilai dengan kategori “Baik”, dan 2 orang siswa atau 6,46% memperoleh kategori “Sangat Baik” dengan dengan perolehan nilai rata-rata klasikal sebesar 67,42%, namun belum dapat mencapai indikator kinerja yang ditetapkan sehingga kegiatan pembelajaran perlu dilanjutkan kesiklus II. Dan pada pelaksanaan siklus II diperoleh sebanyak 30 orang atau 96,8% sudah bisa melakukan latihan passing bawah permainan bola voli dan 1 orang atau 3,22% yang dinyatakan belum bisa melakukan latihan passing bawah permainan bola voli dengan perolehan nilai klasikal sebesar 86,13% dan telah memenuhi Indikator Kinerja yang ditentukan sebesar 85% sehingga dapat diartikan kegiatan pembelajaran tidak perlu dilanjutkan kesiklus III dan dinyatakan selesai.

Keywords


Metode Explicit Intruction, Passing Bawah, Bola Voli

Full Text:

PDF

References


Ambar Rina dan Susilo. (2014). Permainan Bola Voli Lanjutan. Jakarta:LPP Press UNJ

Annurahman Wena, Made. (2009). Strategi pembelajaraninivatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Aris, S. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Isman, H., Supriatna, E., & Triansyah, A. (2019). Pengaruh Metode Drill Terhadap Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Pada Peserta Didik Ekstrakurikuler.Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa,9(1).

Nadia, Z, Cica., & Rahman. (2020). Model Explicit Intruction dalam Materi Kawih Sunda. Volume 11, No. 1, April - 2020, Hal. 1-9. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Budaya Daerah serta Pengajarannya. https://ejournal.upi.edu/index.php/lokabasa/article/view/25161/pdf

Nurhayati. (2022) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Explicit Intruction pada Siswa Kelas III MI Miftahul Jannah Cijantung. Vol 2. No. 2, April2022 P-ISSN : 2774-8014, e-ISSN : 2774-7034. Hal 76-81.

Pujianto, D., & Insanistyo, B. (2013). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Jasmani.Bengkulu: FKIP Universitas Bengkulu.

Rudi., & Arhesa, Sandra..(2020). Model Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli untuk Usia Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 1, Januari 2020, pp. 44-49. Research Physical Education and Sports:

Saeful, Agus. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Intruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Cahaya dan Sifatnya Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sembawa. Vol. 4(1), 1-5 Retrieved from http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/ lensapendas/article/view/488

Syatria, Dicky., Yusmawati., & Pelana, Ramdan. (2019). Peningkatan Keterampilan Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif. Vol. 15, No. 02, Desember 2019, pp. 141-152. Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan.

Subagio, Manaris., Pujianto, Dian., & Nopiyanto, Eko, Yahya. (2022). Pengaruh Latihan drill passing melalui circuit training terhadap kemampuan passing bawah siswa ekstrakulikuler bola voli putra SMP Negeri 10 Kota Bengkulu. Vol. 3 No. 1, April2022, pp. 74-85. Sport Gymnatics: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v2i1.21327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.