PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POLA GERAK DOMINAN TERHADAP HASIL BELAJAR FORWARD ROLL SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Zulkifli Lamusu

Abstract


Tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran pola gerak dominan terhadap hasil belajar forward roll siswa kelas IV sekolah dasar. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu seluruh siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Dulupi Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo yang berjumlah 14 orang. Metode penelitian yang digunakan yaitu uji t dengan perolehan skor data variabel X1 tertinggi adalah 80, dan skor yang terendah yaitu 40. Setelah dilakukan analisis diperoleh nilai rata-rata 60 dan nilai varians sebesar 246.2 serta standar deviasi sebesar 15.69. Selanjutnya pada data variabel X2 diperoleh skor tertinggi 100 dan skor terendah 60. Setelah dilakukan analisis diperoleh skor rata-rata 88.57 sedangkan nilai varians sebesar 167.03 dan niai standar deviasi sebesar 12.92. Dari skor di atas di peroleh harga  = 10.42 dan  pada α 0,05; dk = n- 1 (14 – 1 = 13) ditemukan harga 3.01 dengan demikian lebih besar dari  (  = 10.42 >  = 3.01). Berdasarkan kriteria pengujian, terima   jika >. Dengan demikian maka dapat disimpukan bahwa model pembelajaran pola gerak dominan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar forward roll.

Keywords


Pola Gerak Dominan, Hasil Belajar Forward Roll

Full Text:

PDF

References


Darmadi. 2017. Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta. Deepublish Publisher

https://media.neliti.com/media/publications/56566-ID-none.pdf

(diakses 09/06/2023)

https://lpm.amikompurwokerto.ac.id/hakekat-model-pembelajaran/

(diakses 10/06/2023)

https://www.sportstars.id/read/gerakan-roll-depan-teknik-dasar-dan-manfaatnya-bagi-tubuh-77cdy7?page=all (diakses 10/06/2023)

https://www.gurusiana.id/read/agusparcoxsetiawan/article/pola-gerak-dominan-apaan-sih-1255705 (diakses 10/06/2023)

Hadjarati dan Haryanto. Motivasi Untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. 1 Oktober 2020. ISSN: 2549-1415

Isrok’atun dan Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta. Bumi Aksara

Nugraha. Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.1 No.3 Agustus 2020. ISSN 2722-9467.

Octavia. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta. Depublish

Ramadin dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Gaya Komando Terhadap Keterampilan Roll Depan Dan Roll Belakang Cabang Olahraga Senam Lantai Pada Siswa SMA Swasta Malem Putra 1 Darul Imarah Kabupatenaceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Volume 2, Nomor 1, April 2021.

Rosidi. Penerapan Metode Kombinasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Materi Senam Lantai. Jurnal Educatio FKIP UNMA. Volume 6, No. 1, June 2020, pp. 106-111. E-ISSN 2548-6756

Suharjana. 2008. Pola Gerak Dominan Dalam Pembelajaran Senam Di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Yokyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta.

Tauskal dkk. Penerapan Pola Gerak Dominan Berbasis Video Tutorial Sebagai Media Terapi Fisik ABK. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Volume 6, Nomor 1, Juli – Desember 2022. E – ISSN:2597-6567




DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v2i1.21328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.