Meningkatkan Hasil Belajar Permainan Tradisional Benteng Melalui Metode Demonstrasi

Haerul Ikhsan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk seperti apa penerapan metode demonstrasi terhadap peningkatan hasil belajar permainan tradisional benteng pada siswa kelas Kelas VII SMP Negeri 2 Pulubala. Hipotesis penelitian sebagai berikut: “Jika metode demonstrasi diterapkan, maka hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Pulubala pada permainan tradisional akan meningkat”. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar permainan tradisional benteng melalui metode demonstrasi dapat meningkat pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulubala. Peningkatan kemampuan permainan tradisional benteng dapat dilihat dari nilai pada siklus I sampai siklus II. Pada aspek kognitif dari 40,8 pada kondisi awal menjadi 68 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 85,6 pada akhir siklus II. Pada aspek afektif dari dari 45,45 pada kondisi awal menjadi 68 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 82,18 pada akhir siklus II. Dan pada aspek psikomotor dari 44 pada kondisi awal menjadi 65,07 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 81,07 pada akhir siklus II. Data tersebut menunjukkan peningkatan permainan tradisional benteng pada observasi awal sampai dengan siklus dua. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan penelitian sudah berhasil dengan baik, sesuai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar permainan tradisional benteng melalui metode demonstrasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pulubala.

Keywords


Hasil Belajar, Permainan Tradisional Benteng, Metode Demonstrasi

Full Text:

PDF

References


Adi, Banu Setyo, Sudaryant dan Muthmainnah. 2020. Implementasi Permainan Tradisional Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Pembentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 9 (1), 33-39.

Ahlunnazar, Subagio dan Kurnia Taufik. 2021. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lempar Turbo Melalui Permainan Bola Berekor Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan IKIP Mataram, Vol. 8 No. 1, e-ISSN: 2807-2227, p-ISSN: 2355-4355.

Hayati, Sri. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. ISBN 978-602-73027-5-4.

Ismoko, Anung Probo. 2019. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Motorik Anak. Jurnal Pendidikan Jasmani. Vol 2, Nomor 1.

Kusumawati, Oktaria. 2017. Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kemampuan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Kelas Bawah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 4 Nomor 2, p-ISSN 2355-1925 e-ISSN 2580-8915.

Lubis, Ramadhan dan Khadijah. 2018. Permainan Tradisional sebagai Pengembangan Kecerdasan Emosi Anak. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak. Volume 4 Nomor 2, ISSN (p): 2477-4715; ISSN (e): 2477-4189

Nurwahidah dan Sri Maryati, Wulan Nurlaela dan Cahyana. 2021. Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 4, No 2. ISSN (Online) : 2598-2524 - ISSN (Cetak) : 2598-2060

Parnawi, Afi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penerbit Deepublish (Grup Penerbitan CV Budi Utama). Yogyakarta

Ropii, Muhammad dan Muh. Fahrurrozi. 2017. Evaluasi Hasil belajar. Penerbit: Universitas Hamzanwadi Press

Ubabuddin. 2019. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif. Vol. V No. 1.




DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v1i1.24689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.