MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN BOLA KECIL
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: “Bagaimana Meningkatkan Kemampuan motorik kasar dalam Lempar Tangkap Bola Siswa Kelas V SDN 3 Telag dan Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemampuan belajar motorik kasar dalam permainan bola kecil melempar dan menangkap bola. Berdasarkan hasil penelitian tentang Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Bola Kecil Pada Siswa Kelas V SDN 3 Telaga dapat diperoleh kesimpulan bahwa melalui bermain lempar tangkap bola kecil yang telah dilakukan dapat meningkatkan motorik kasar dengan cara memberikan motivasi pada diri para siswa dan juga memberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan satu persatu. Melalui data yang disajikan terlihat jelas bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada setiap tahapannya. Pada siklus II penelitian dihentikan karena pada tahap tersebut masing-masing siswa sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu > 75%. Penelitian dihentikan pada siklus II karena > 75% siswa kelas V SDN 3 Telaga tersebut sudah mampu meningkatkan motorik kasar melalui bermain lempar tangkap bola kecil walaupun kemampuan akhir setiap siswa berbeda-beda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Reni Novitasari, M. Nasirun dan Delrefi D. 2019. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Potensia, 2019, Vol. 4 (1), 6-12
Bonita Mahmud. 2018. Urgensi Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kependidikan. Vol 12, No 1
Lestari, Ayu, Ernawulan Syaodih, and Asep Deni Gustiana. (2018) "Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Permainan Bola Kasti Modifikasi." Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan Anak Usia Dini 15.2: 113-126.
Djuanda, Isep dan Putri Adipura. 2020. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Bermain Lempar Tangkap Bola (Penelitian Pada Pendidikan Anak Usia Dini Nurul Fadilah Depok). Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, Vol. XIX No.2, ISSN 1411-6154 | EISSN 2654-8038.
Melyza, Apta dan Rachmi Marsheilla Aguss. 2021. Persepsi Siswa Terhadap Proses Penerapan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Pandemi Covid-19. Journal of Physical Education (JouPE). Vol. 2, No. 1.
Agus, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis tingkat kepercayaan diri saat bertanding atlet pencak silat perguruan satria sejati. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 164-174.
Dewi, I., Saragih, S., & Khairani, D. (2017). Analisis Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 4(2), 115-124.
Muldayanti, N. D., & Kurniawan, A. D. (2019). Pelatihan pembuatan proposal dan coaching clinic penelitian tindakan kelas guru ipa biologi se-kabupaten kubu raya. Jurnal Buletin Al-Ribaath, 16(1), 36-40.
Fadhli Hadi, Septian Raibowo, Andika Prabowo, (2021). Pengaruh Permainan Bola Kasti Terhadap Gerak Motorik Kasar Siswa Kelas V SD Negeri 90 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani. Vol. 2 No. 2
M. Deden Syaifulloh, Rachmi Marshella Aguss. (2021). Analisis Peningkatan Gerak Dasar Dalam Permainan Kasti. Jurnal Of Arts And Education. Vol. 1. No 1
Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian Kelas Jakarta: Rinaka Cipta (2010)
DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v3i1.25145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.