KEMAMPUAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PERMAINAN LOMPAT BOX

Sukrin Kadir, Aisah R. Pomatahu, Mirdayani Pauweni

Abstract


Kemampuan gerak dasar dalam lompat jauh gaya jongkok merupakan aspek penting dalam pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Namun, banyak siswa mengalami kesulitan dalam menguasai teknik dasar lompat jauh, seperti awalan, tumpuan (tolakan), fase melayang, dan pendaratan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok melalui penerapan permainan lompat box pada siswa kelas V SD Negeri 8 Kota Barat, Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar lompat jauh gaya jongkok melalui permainan lompat box pada siswa kelas V SD Negeri 8 Kota Barat, Kota Gorontalo. Dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan siswa, yang mencakup teknik awalan, tumpuan (tolakan), fase melayang, dan pendaratan. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 49,84 (kategori “Kurang”) pada observasi awal, menjadi 66,99 (kategori "Cukup") pada siklus I, dan mencapai 80,29 (kategori "Baik") pada siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwa permainan lompat box efektif dalam meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa.

Keywords


Lompat Jauh, Gaya Jongkok, Permainan Lompat Box

Full Text:

PDF

References


Arifin, Z. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok:(Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Sumedang). JESA-Jurnal Edukasi Sebelas April, 7(2), 163.

Jumaking, J., & Wahyudin, W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Dengan Menggunakan Media Box Pada Siswa. JURNAL STAMINA, 6(1), 20.

Magdalena, M. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Melalui Penggunaan Media Alat Bantu Box bagi Siswa SDN 38 Ampenan. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 169-171.

Nasoha, F. (2023). Kontribusi Kecepatan dan Daya Ledak Otot Tungkai Terhadap Hasil Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pelepat Ilir Bungo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).1-9.

Purnama, R. (2021). Perancangan Aplikasi Game Petualangan Si Unyil Berbasis Android Menggunakan Metode Finite State Mechine. Jurnal Dunia Ilmu, 1(1).1.

Sobarna, A., & Hambali, S. (2020). Meningkatkan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa SD memalui pembelajaran kids atletik. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(1), 73.

Winarni, W. (2021). Penerapan Media Alat Bantu Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Siswa SD Negeri 30 Mataram. Jurnal Paedagogy, 8(4), 587.

Wulandari, I., Hendrian, J., Sari, I. P., Arumningtyas, F., Siahaan, R. B., & Yasin, H. (2020). Efektivitas Permainan Kartu sebagai Media Pembelajaran Matematika. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(2), 128.




DOI: https://doi.org/10.37905/japes.v3i2.31092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
JAPES is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.