Kemampuan Pukulan Forehand Drive Pada Permainan Tenis Meja Melalui Metode Praktik Lapangan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan berbagai cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja dengan menggunakan teknik praktik lapangan. Keberanian siswa meningkat secara signifikan dalam penelitian tindakan kelas yang menggunakan praktik lapangan sebagai metode pembelajaran dalam tahap permainan tenis meja dalam mata pelajaran Penjasorkes. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus. Kemampuan pukulan forehand drive siswa kelas VII SMP Negeri 8 Kota Gorontalo menunjukkan ketuntasan pada tahap observasi awal. Kemampuan mereka meningkat dari 49.14 pada kondisi awal menjadi 72.20 pada akhir siklus I, kemudian meningkat menjadi 80.23 pada akhir siklus II. Dengan demikian, ini menunjukkan bahwa penerapan praktik lapangan dalam instruksi mempengaruhi kemampuan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan praktik lapangan dalam pembelajaran memiliki dampak yang signifikan dan motivasi belajar yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan jasmani dan kesehatan, khususnya kemampuan untuk melakukan pukulan forehand drive dalam permainan tenis meja.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmaja Kusuma moh Nur. Tomoliyus. 2015. Pengaruh Latihan drill dan waktu reaksi terhadap ketepatan drive dalam tenis meja. Jurnal keolahragaan. Volume 3. Nomor 1
Langga Anfidi Zena. 2016. Pengaruh Model Latihan menggunakan metode praktik distribusi terhadap keterampilan driblle anggota ekstrakulikuler bola basket SMPN 18 Malang. Jurnal Kepelatihan Olahraga. Volume 1. Nomor 1.
Kasanrawali, Andi. 2020. Buku Ajar Teori dan Praktik Permainan Tenis Meja. Palembang: Bening media Publishing
Purwanto Dwi danang. Suharjana S. 2017. Pengembangan Model pembelajaran Teknik dasar tenis meja untuk siswa SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan. Volume 5. Nomor 2.
Wicaksono, Galuh Hendiayanto. 2019. Kreatifitas Guru Penjas Terhadap Proses Pembelajaran Penjas di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sekecamatan Kebumen Kabupaten Kabumen 2018. 5(2):96.
Makalalag, A. E., Pomatahu, A. R., Datau, S., & Syam, A. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Tenis Meja Menggunakan Lawan Pasif. Jambura Arena Sport, 1(1), 64–72. https://doi.org/10.37905/jas.v1i1.23412
Ilham, A., Hidayat, J. T., Amri, M. F. L., Isnanto, J., & Haryanto, A. I. (2023). Pengembangan Buku Saku Perwasitan Tenis Meja Berbasis Flipbook. Journal on Education, 5(4), 13000–13008. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2297
Hwang, G., & Wang, S. (2016). The Effect of Table Tennis Training on Cognitive Function in the Elderly. Journal of Sports Science and Medicine, 15(3), 427-432.
Yao, X., & Chen, Z. (2018). Analysis of the Impact of Table Tennis on Physical and Mental Health of Adolescents. International Journal of Sports Science, 8(2), 85-92.
Zhang, L., & Li, J. (2017). Table Tennis Skills and Techniques: A Comparative Study. Journal of Physical Education and Sport, 17(1), 123-130.
Kim, H., & Lee, S. (2019). The Role of Reaction Time in Table Tennis Performance: An Experimental Study. Journal of Human Kinetics, 66, 103-110.
Miller, D., & Thomas, P. (2015). The Effectiveness of Different Training Methods in Table Tennis: A Systematic Review. Journal of Sports Training and Development, 10(2), 67-78.
Brown, A., & Smith, R. (2018). The Influence of Psychological Factors on Table Tennis Performance: A Review. Sport Psychology Journal, 12(3), 201-214.
Garcia, J., & Hernandez, M. (2020). The Impact of Advanced Technology on Table Tennis Equipment and Performance. International Journal of Sports Technology, 15(4), 299-307.
Li, F., & Wong, A. (2021). The Effects of High-Intensity Interval Training on Endurance in Table Tennis Players. Journal of Athletic Training and Performance, 26(5), 45-52.
DOI: https://doi.org/10.37905/jas.v1i2.23176
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Paisal Abdul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.