Meningkatkan Hasil Belajar Dribble Melalui Metode Bermain Pada Permainan Bola Basket Kelas VIII-B SMP Negeri 3 Gorontalo
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Berdasarkan uraian dan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui metode bermain dapat meningkatkan keterampilan bola basket pada permainan bola basket kelas VIII-B SMP Negeri 3 Gorontalo ?, Mengacu pada masalah yang telah dirumuskan maka tujuan penelitian ini adalah melalui metode bermain dapat meningkatkan keterampilan dribble pada permainan bola basket kelas VIII-B SMP Negeri 3 Gorontalo. Berdasarkan data yang telah diperoleh pada penelitian tindakan kelas dengan penerapan metode bermain dalam tahap pembeajaran bola basket di mata pelajaran Penjasorkes yang dilaksanakan dengan satu siklus, ternyata keterampilan siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Digambarkan pada tahap observasi awal hasil belajar dribble pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 3 Gorontalo meningkat pada aspek koognitif dari 39 pada kondisi awal menjadi 72 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 83 pada akhir siklus II.pada aspek afektif dari dari 26,66 pada kondisi awal menjadi 78,74. pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 82,14 pada akhir siklus II.dan pada aspek psikomotor dari 45,55 pada kondisi awal menjadi 73,32 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 82,21 pada akhir siklus II. Dengan demikian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan motode bermain dalam pembelajaran mempunyai pengaruh dalam peningkatan hasil belajar dribble pada pembelajaran bola basket.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-hadi, Dzaki., 2020.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Crossover Dribbling Pada Permainan Bola Basket Dengan Menggunakan Metode Bermain Pada Siswa Kelas Xi Mia 3 Man 1 Pekanbaru.Vol.7.
Aprizan., Ikhsan Maulana Putra., Sundahry. 2020. Penelitian Tindakan kelas. Penerbit Lakeisha.
Fatahilah, Adika. 2019. Hubungan Kelincahan Dengan Kemampuan Dribble Pada Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket. Vol. 1
Gianusha, G A., Supriyadi. 2019. Metode Bermain Untuk Meningkatkan Keterampilan Dribble Bola basket. Indonesia Performance Journal IPJ 3 (2). ISSN 2597-3624.
Gunawan, Edi. 2019. Motivasi Bermain Bola Basket Siswa SMA Negri 12 Makasar. Vol.2.
Lailu, Siti, (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning(Ctl) Pada Siswa Kelas V Sdn 3.
Wahyuningsi, Desi Ikko., Danang Endarto Dietro., Agung Probo Ismoko. 2020. Pengembangan Model Pembelajaran Teknik Dasar Bola Basket Untuk Siswa SMP/MTs.
DOI: https://doi.org/10.37905/jas.v1i1.23274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Adi Sasono Dohmi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.