Pelestarian Permainan Tradisional Teba Di SDN Karya Bakti

Dinda Hartina, Risna Podungge, Sarjan Mile, Agung Prasetio

Abstract


ABSTRAK
Tujuan Penelitian ini, yaitu untuk mengetaui; Pertama Permainan Tradisional Teba Suku Saluan. Kedua, untuk mengetahui aturan Permainan Tradisional Teba Suku Saluan. Ketiga, Untuk Mengetahui Cara Mengembangkan atau Melestarikan Kembali Permainan Tradisional Teba Suku Saluan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah data lisan yang di peroleh dari informan-informan yang ada dilingkup sekolah dan masyarakat sekitar SDN Karyabakti, melalui wawancara hingga praktek yang di lakukan oleh penulis, teknik pegumpulan data dalam penelitian ini mengunakan teknik observasi wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Permainan tradisional Teba Suku Saluan banyak memberikan dampak positif bagi anak, terutama pada keterampilan sosial anak seperti kemampuan mengatur pikiran, emosi, dan perilaku untuk memulai dan memelihara hubungan atau interaksi dengan lingkungan sosial Secara efektif. Selain itu Permainan tradisional Teba juga meimiliki banyak manfaat bagi semua kalangan masyarakat.Semisal alasan ekonomi, permainan ini tidak mengeluarkan biaya yang mahal atau gratis bahan-bahanya mudah ditemukan. Permainan tradisional Teba menjadi satu wadah penghimpun lahirnya generasi inovatif dan kreatif, hal dikarenakan secara tidak sadar melalui permainan Teba ini terbentuk sebua edukasi tentang menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan memupuk semangat kerjasama sehinga membentuk karakter anak, menjadikan masyarakat indonesia yang ramah dan terkenal tinggi akan kemauan dan kerja kerasnya untuk menggapai harapan dan cita cita.
Kata kunci : Permainan Tradisional, Teba Suku Saluan


Keywords


Permainan Tradisional; Teba Suku Saluan

Full Text:

PDF

References


Arisandiyessi & Sepriadi. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan di Sekolah Dasar. J Pendidik Olahraga [Internet]. 2023;6(1):54. Available from: http://jpdo.ppj.unp.ac.id/index.php/jpdo/article/view/1277

Rahmat Permana. Efektivitas Metode Pembelajaran Pendidikan Jasmani Play Tech Play Terhadap Peningkatan Kebugaran Siswa Sekolah Dasar. Nat J Penelit Pendidik dan Pembelajaran [Internet]. 2018;5(1):294–302. Available from: https://scholar.archive.org/work/zsm3s4mmhvbb3anukhctyufade

Siti Nur Hayati, Putro KZ. BERMAIN DAN PERMAINAN ANAK USIA DINI. Gener Emas [Internet]. 2021 Jul 12;4(1):52–64. Available from: https://journal.uir.ac.id/index.php/generasiemas/article/view/6985

Mulyani N. Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press; 2013.

Nur H. MEMBANGUN KARAKTER ANAK MELALUI PERMAINAN ANAK TRADISIONAL. J Pendidik Karakter [Internet]. 2013 Jun 18;4(1). Available from: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1290

Sudjana Nana & R. Media Pengajaran. Bandung: PT Sinar BAru Algesindo; 2017.

Baan AB, Rejeki HS, Nurhayati. Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini. J Bungamputi. 2020;6(0):14–21.

Nisa U. Stigma Disabilitas di Mata Orang Tua Anak Difabel di Yogyakarta. INKLUSI [Internet]. 2021 Sep 29;8(1):75. Available from: http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/2456

Holifurrahman H. Kurikulum Modifikasi dalam Praktik Pendidikan Inklusif di SD Al-Firdaus. INKLUSI [Internet]. 2020 Dec 26;7(2):271. Available from: http://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/2166

Hidayat, Joni Taufik; Isnanto, Juni; Kadir, Sulasikin Sahdi; Putri MS. Pendampingan Futsal Putri Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi Universitas Negeri Gorontalo pada Turnamen Karang Taruna Hutabohu. J Community Serv Educ [Internet]. 2022;2(1):16–23. Available from: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/educate/article/view/2458

Depdiknas. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia; 2014.

Arikunto S. Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2017.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Prakteknya. Yogyakarta: Diva Press; 2013.




DOI: https://doi.org/10.37905/jas.v1i2.24098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dinda Hartina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.