Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Passing Bawah Bola Voli Melalui Metode Problem Based Learning (PBL)
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Bagaimana cara meningkatkan keterampilan gerak dasar passing bawah bola voli melalui metode problem based learning, kelas V SDN 69 Kota Tengah?, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar passing bawah dalam bola voli pada siswa kelas V SDN 69 Kota Tengah. Berdasarkan data yang telah diperoleh dalam penelitian tindakan kelas dengan metode pembelajaran Problem Based Learning sebagai metode pembelajaran pada permainan bola voli dimata pelajaran Penjasorkes yang dilaksanakan dengan dua siklus, tampak terlihat kemampuan keterampilan siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Digambarkan pada tahap observasi awal hasil belajar passing bawah pada siswa kelas V SDN 69 Kota Tengah meningkat dari 52.50 pada kondisi awal, setelah diberi tindakan menjadi 70.45 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan meningkat menjadi 80.23 pada akhir siklus II. Dengan demikian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode Problem Based Learning dalam pembelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam materi permainan bola voli.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gani JA, Afrinaldi R, Yuda AK, Izzuddin DA. PENGARUH MODIFIKASI BOLA PLASTIK TERHADAP PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA SMK RISMATEK. J Olahraga Kebugaran dan Rehabil. 2022 Apr;2(1):69–74.
Syaleh M. UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS ATAS BOLA VOLI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN LEMPAR PUKUL BOLA KERTAS PADA SISWA KELAS VII SMP. J PRESTASI. 2017 Jun;1(1).
Saputra DIM, Gusniar G. Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli melalui Bermain Melempar Bola. Gelangg Olahraga J Pendidik Jasm dan Olahraga. 2019 Oct;3(1):64–73.
Yahya R, Kurniawan F, Efendi R. Penggunaan Pembelajaran Cooperative Learning Permainan Bola Voli Dalam Meningkatkan Hasil Passing. J Coach Educ Sport. 2020 Nov;1(2):105–14.
Hotimah H. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. J Edukasi. 2020 Nov;7(3):5.
Prayoga MF. Problem Based Learning (PBL): Bagaimana penerapannya dalam pembelajaran teknik passing bolavoli? Edu Sport Indones J Phys Educ. 2021 Apr;2(1):21–6.
Perdana R, Suswandari M. LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR. Absis Math Educ J. 2021 Mar;3(1):9.
Nugraha U, Yuliawan E. Meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli melalui pendekatan gaya mengajar latihan dengan menggunakan audio visual. Altius J Ilmu Olahraga dan Kesehat. 2021 Nov;10(2):231–42.
Atsani MR. Meningkatkan kemampuan passing bawah bolavoli menggunakan metode bermain. Edu Sport Indones J Phys Educ. 2020 Dec;1(2):88–96.
Keswando Y, Septi Sistiasih V, Marsudiyanto T. Survei Keterampilan Teknik Dasar Atlet Bola Voli. J Porkes. 2022 Jun;5(1):168–77.
Wijayanto B, Sutriani W, Luthfi F. Kemampuan Berfikir Spasial dalam Pembelajaran Abad 21. J Samudra Geogr. 2020 Jun;3(2):42–50.
Zainal NF. Problem Based Learning pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. J Basicedu. 2022 Mar;6(3):3584–93.
Ritonga M, Matondang Y, Miswan M, Parijas P. PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MIN 1 PASAMAN BARAT. Adimas J Pengabdi Kpd Masy. 2020 Oct;4(2):76.
Prihantoro A, Hidayat F. Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin J Ilmu-ilmu Keislam. 2019 Nov;9(1):49–60.
Kanji H, Nursalam N, Nawir M, Suardi S. MODEL INTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR. J Pendidik DASAR PERKHASA J Penelit Pendidik Dasar. 2019 Oct;5(2):104–15.
DOI: https://doi.org/10.37905/jas.v2i1.25020
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Rizal Tamrin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.