Penerapan Senam Kreasi Daerah Biteya Melalui Metode Team Assisted individualization (TAI) di Kelas V SDN 69 Kota Tengah

Ridwan Febriyanto Biahimo, Ella Tumaloto, Sulasikin Sahdi Kadir

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Penerapan Senam Kreasi Daerah Biteya Melalui Metode Team Assisted Individualization. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan senam kreasi daerah biteya melalui metode Team Assisted Individualization. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization bahwa keberanian siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Observasi awal menunjukkan bahwa tingkat ketuntasan hasil belajar senam Biteya pada siswa kelas V meningkat dari 50.14 pada awal siklus menjadi 70.03 pada akhir siklus I, dan kemudian meningkat lagi menjadi 80.40 pada akhir siklus II. Oleh karena itu, hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode Team Assisted Individualization dalam proses pembelajaran memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar senam biteya khususnya dalam materi senam irama.


Keywords


Hasil belajar, senam biteya, pembelajaran senam irama, pembelajaran team assisted individualization

Full Text:

PDF

References


Zulfah U. Penerapan Gerakan Senam Ceria Untuk Meningkatkan Minat Siswa Dalam Kegiatan Fisik Motorik Kelompok B Di Pos Paud Terpadu Kartini Kota Surabaya. MOTORIC [Internet]. 2019 Aug 6;3(1):7–14. Available from:

https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotoric/article/view/868

indiyani boy. Pelatihan Senam Kreasi Pada Guru Olahraga Kota Jambi. J cerdas sifa Pendidik [Internet]. 2021;10(1):1–10. Available from: https://www.online-journal.unja.ac.id/

Iswatiningrum I, Sutapa P. Pengaruh Senam Si Buyung dan Senam Irama Ceria Terhadap Kemampuan Motorik Kasar. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini [Internet]. 2022 Feb 26;6(4):3369–80. Available from: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2373

dai aswan. Pengembangan Senam Kreasi “Aku Tauno Rlipu” Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jambura Arena Phys Educ Sport [Internet]. 2022;1(1):1–6. Available from: https://ejurnal.ung.ac.id/

Tamim MH, Nopiana R. Senam Sehat dalam Meningkatkan Imun Tubuh pada Masa Pandemi Covid 19 di Desa Peringgasela Selatan. Lentera Negeri [Internet]. 2020 Nov 20;1(1):32–6. Available from: http://journal.iicet.org/index.php/lentera/article/view/4

ubaedah dedeh. Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Senam Irama Binatang. JPP PAUD FKIP Untirta [Internet]. 2019;6(1):1–12. Available from: https://jurnal.untirta.ac.id/

Wijayanti A. Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar melalui Kegiatan Senam Irama. J Inov Ilmu Pendidik [Internet]. 2021 Feb 10;2(1):1–14. Available from: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JIIP/article/view/21785

Ulfah AA, Dimyati D, Putra AJA. Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini [Internet]. 2021 Jan 20;5(2):1844–52. Available from: https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/993

Hendra Irawan, Martiani S. Penerapan Media Pembelajaran Audio-Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajat Senam Guinness World Records(GWR)Pada Mahasiswa Penjas Universitas Dehasen Bengkulu. J Kesehat Jasmani, Kesehat Rekreasi. 2020;1(1).

Gandasari MF, Manurung JSR, Arisman, Anugrarista E, Yantiningsih E, Siskariyanti, et al. Lomba Senam Kreasi Sebagai Upaya Meningkatkan Kreatifitas Dan Kebugaran Jasmani. J Berkarya Pengabdi Kpd Masy [Internet]. 2021;3(2):108–14. Available from: http://jba.ppj.unp.ac.id/index.php/jba/article/view/90/81

puspitorini wahyuningtyas. Pelatihan Pembuatan Model Senam Kreasi Bagi Instruktur Pemula. In 2020. p. 1–6. Available from: https://garuda.kemdikbud.go.id/

Yessica Mega Aprita, Yuni Siti Nuraeni, Lady Diana Warpindyastuti MS. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization(TAI) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa. J akrab juara. 2021;6(2).

Waritsman A, Wutsqa DU. KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH. J Pendidik dan Kebud [Internet]. 2019 Dec 9;4(2):183–96. Available from: https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/1153

Rihesti Ayu Gita Amanda Yolanda BS. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Bebrbantuan Media Video Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Bisnis Konstruksi Dan Properti. J Kaji Pendidik Tek Bangunan. 2022;8(1).

Warokka FF, Parinsi MT, Takaredase A. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JARINGAN DASAR SISWA SMK. Edutik J Pendidik Teknol Inf dan Komun [Internet]. 2021 Dec 13;1(3):276–83. Available from: https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/edutik/article/view/1547




DOI: https://doi.org/10.37905/jas.v1i3.25023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ridwan Febriyanto Biahimo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot online slot gacor slot