Meningkatkan Hasil Belajar Menendang Bola dengan Kaki Bagian Dalam pada Permainan Sepakbola Melalui Modifikasi Media Pembelajaran Siswa Kelas V SD Negeri 8 Batudaa

Tristan Ali, Sarjan Mile, Ruslan Ruslan

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam Pada Permainan Sepak Bola Melalui Modifikasi Media Pembelajaran Siswa Kelas V SD Negeri 8 Batudaa. Hipotesis pada penelitian ini: jika guru menggunakan metode Modifikasi Media Pembelajaran maka kemampuan siswa Dalam Menendang bola pada permainan sepak bola kelas V SD Negeri 8 Batudaaa akan meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian, observasi awal atau pra siklus ketuntasan dalam Menendang bola pada permainan sepak bola siswa kelas V SD Negeri 8 Batudaa yang belum mencapai ketuntasan. Pada siklus I yang memiliki kategori tuntas 35% sebanyak 7 siswa, kategori tidak tuntas 65% sebanyak 13 siswa. Setelah adanya penerapan metode Modifikasi Media Pembelajaran terlihat peningkatan yang cukup baik pada siswa. Dalam pelaksanaan siklus I tidak lepas dari ketidak tuntasan hasil belajar, yang mana ketidak tuntasan tersebut menjadi rencana perbaikan pada pelaksanaan siklus II. Rencana perbaikan yang didapat dari siklus I yang di jadikan persiapan tindakan dan menghasilkan ketuntasan yang memuaskan. Dari hasil tes pada siklus II menunjukkan bahwa Menendang Bola dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola yang dilakukan oleh siswa meningkat dari 0% pada observasi awal menjadi 62.80% Pada akhir siklus I dan meningkat menjadi 80.77% pada akhir siklus II. Perolehan Nilai tersebut telah mencapai kriteria pada indikator kinerja yang di tetapkan yakni 80% dari keseluruhan siswa mencapai KKM.Dari hasil pengamatan yang telah dilakukan akhirnya penelitian di nyatakan selesai dan berhasil karena telah mencapai indikator yang telah ditentukan. Dengan demikian hipotesis penelitian tindakan kelas ini yang ternyata bahwa: “jika metode Modifikasi media pembelajaran diterapkan, maka teknik menendang dalam permainan sepak bola pada siswa kelas V SD Negeri 8 Batudaa dapat ditingkatkan”.


Keywords


Menendang bola dengan kaki bagian dalam, Metode Modifikasi Media Pembelajaran, Sepak Bola.

Full Text:

PDF

References


Afri Mardicko. Belajar Dan Pembelajaran. J Pendidik Dan Konseling. 2022;Volume 4(Nomor 4):5482–942.

Muhammad. Hakikat Dalam Belajar Mengajar. Aktual J Penelit Sos Dan Keagamaan. 2022;12(2):42–56.

Riko Agus Setiawan, Muchamad Syafri Hidayat Ff. Pengertian Dan Hakikat Belajar & Pembelajaran Bahasa Arab. J Pendidik Pendidik Bhs Arab. 2023;1(1):1–5.

Ubabuddin. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. J Edukatif. 2019;V(1):18–27.

Biasri Suarim N. Hakikat Belajar Konsep Pada Peserta Didik. J ILMU Pendidik. 2021;3(1):75–83.

Pardosi M. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Dengan Masyarakat Belajar Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. J Teknol Pendidik. 2020;13(1):23–35.

Damayanti A. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 2 Tulang Bawang Tengah. Pros SNPE FKIP. 2022;1(1):99–108.

Septian. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. J Inov Penelit. 2020;1(6).

Lubis Ms. Belajar Dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan Yang Berkemajuan. J LITERASIOLOGI. 2021;5(2):95–105.

Astaman. Hakikat Belajar Dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. J Edukatif. 2020;1(1):35–9.

Jiyanto. Penerapan Modifikasi Pembelajaran Dan Media Bantu Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Bola Basket Pada Siswa. J Ilm Kependidikan. 2023;3(1):14–22.

Mislan1 DAS. Peran Pengembangan Media Terhadap Keberhasilan Pembelajaran PJOK Di Sekolah. Pros Semin Nas IPTEK Olahraga. 2019;12–6.

Maris Aka Satriyo Utomo1), Muhammad Muhyi2) YW. Pengembangan Modifikasi Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. J Pendidik Kesehat Rekreasi. 2020;6(1):56–73.

Fatraul Ali Sodikin1 TY. Modifikasi Bola Plastik Sebagai Media Pembelajaran Bola Voli. J Ilmu Pendidik Jasm Olahraga, Kesehat Dan Rekreasi. 2020;2(2):26–31.

Andri Arif Kustiawan, Aba Sandi Prayoga, Arief Nur Wahyudi AWBU. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Dengan Menggunakan Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran Sederhana Di Sekolah Dasar. J Pendidik Jasm Indones. 2019;15(1):28–32.

Yuda Eka Prasetya. Bftk. Pengaruh Modifikasi Permainan Sepak Bola Terhadap Minat Siswa Putri Pada Pembelajaran Sepak Bola. J Pendidik Olahraga Dan Kesehat. 2019;7:297–300.

Setia Dwi Jatmiko1, Setyo Harmono2, Atrup3 HM. No Titleperbandingan Latihan Bola Standar Dan Bola Modifikasi Terhadap Kemampuan Dribble Sepakbola Setia. J Ilmu Keolahragaan. 2022;5(1):9–17.




DOI: https://doi.org/10.37905/jas.v1i3.25037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Tristan Ali

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor