Pengembangan Model Permainan Stable Stick Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan pada Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: Apakah pengembangan model permaianan Stable Stick layak dijadikan sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh manakah kelayakan pengembangan permainan Stable Stick sebagai media pembelajaran di sekolah dasar kelas rendah dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) Berdasarkan dari hasil uji coba temuan dilapangan data yang diperoleh bahwa penelitian ini berhasil menciptakan produk pengembangan model permainan Stable Stick sebagai media pembelajaran disekolah dasar kelas rendah, diperoleh presentase ahli pembelajaran 81,6% interval rata-rata 4,08 dikategori sangat layak, presentase ahli permainan 81% interval rata-rata 4,09 dikategori sangat layak, serta presentase ahli media 85% interval rata 4,25 dikategori sangat layak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrila, D., & Hidayat, A. F. (2020). Pengembangan Modul Mata Kuliah Statistika Pendidikan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(1), 26-35.
Anjani, A., Syapitri, G. H., & Lutfia, R. I. (2020). Analisis Metode Pembelajaran di Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1), 67-85.
Anugrah, R. R., & Dermawan, D. F. (2022). Kontribusi Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Olahraga dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 3(1), 38-43.
Azizah, N., & Zainudin, M. (2020). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi di SMK Muhammadiyah 1 dan SMK Muhammadiyah 2 Kota Palembang). Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 2(2), 133-143
Fernandes, F. S., & Fidiana, F. (2020). Pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan Fiskus, Sanksi Perpajakan, Lingkungan Terhadap Kepatuhan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi (JIRA), 9(11).
Hanny, P., & Qalbi, Z. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Konsep Dasar Bermain Di Tk Witri 1 Kota Bengkulu. Jurnal PENA PAUD, 1(1), 63-71.
Mahfud, I., & Fahrizqi, E. B. (2020). Pengembangan Model Latihan Keterampilan Motorik Melalui Olahraga Tradisional Untuk Siswa Sekolah Dasar. Sport Science and Education Journal, 1(1).
Prayogi, F., & Kurniawan, F. (2022). Pengembangan Permainan Kecil Sebagai Bentuk Pemanasan Terhadap Minat Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sdn Tegalrejo. Jurnal Pengabdian Olahraga Singaperbangsa, 2(04), 114-120.
Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89-100.
Setyawan, H. (2020). Pengembangan model outdoor games activities pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah Menengah Atas. MAJORA: Majalah Ilmiah Olahraga, 26(2), 45-55.
Sodiq, F., & Iwandana, D. T. (2023). Observasi Sarana Prasarana Pjok di SMP N 1 Sedayu Tahun 2023. e-SPORT: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 3(2), 50-53.
Suharti, S. P., Sumardi, M. K., Hanafi, M., & Hakim, L. (2020). Strategi belajar mengajar. Jakad Media Publishing.
Tryady, F. (2021). Pengaruh Pemanasan Dengan Menggunakan Permainan Kecil Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Cigugur) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Widigda, B. T., & Hartati, S. C. Y. (2020). Pengaruh Permainan Kecil Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Jombang. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(33), 75-78.
Wijayanti, S. P., & Suswandari, M. (2022). Dampak Penggunaan Media Sempoa dalam Pembelajaran Matematika Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 58-66.
Yuniarti, P., Wianti, W., & Rini, R. S. (2023). Metode Penelitian Sosial. Penerbit NEM.
DOI: https://doi.org/10.37905/jas.v2i1.25756
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Syukriyanto A. Lamatoa Akuba, Ella H. Tumaloto, Sulasikin Sahdi Kadir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.