Pengembangan Senam Aerobik Fun and Healthy Together pada Mahasiswa Angkatan 2023

Ella H Tumaloto, Sri Novaria Muda, Sahrul Pakaya, Arifuddin Puluhulawa

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : bagaimanakah pengembangan senam aerobik Fun and Healty Together?,  Tujuan penelitian mengetahui pengembangan senam aerobik Fun and Healthy Tohether. Produk yang akan dihasilkan dalam pengembangan ini adalah buku panduan dan video pembelajaran senam aerobik Fun and Healthy. Senam aerobik "Fun and Healthy" mengandung makna bahwa olahraga tidak harus menjadi beban atau rutinitas yang membosankan. Dengan menggabungkan unsur kesenangan melalui musik, gerakan yang kreatif, dan interaksi sosial, senam aerobik menjadi aktivitas yang dinantikan dan menyenangkan. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pengembangan senam aerobic fun and healthy together mahasiswa pendidikan jasmani angkatan 2023 pada aspek kognitif, psikomotor dan afektif dapat diterima dan digunakan pada proses perkuliahan pembelajaran senam


Keywords


Senam 1; Aerobik 2; Fun and Healthy Together 3

Full Text:

PDF

References


Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan video pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model R&D. Jurnal ilmiah pendidikan dan pembelajaran, 4(1), 63

Anam, A. S., & Scesiarriya, V. M. (2020). Pengembangan Permainan Hadang Motorik untuk Materi Keterampilan Gerak Dasar di MI Yapendawa Bendorejo. PENJAGA: Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 1(1), 13

Azzahra, F. F., Tarigan, B., & Carsiwan, C. (2024). ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN SENAM IRAMA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK TUNAGRAHITA RINGAN: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. JOKER (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 5(1), 74

Dewi, R., & Rifki, M. S. (2020). Pengaruh senam aerobik terhadap tingkat kebugaran jasmani siswa. Jurnal Stamina, 3(6), 400, 408

Faot, D., Bete, D. E. T., & Bili, L. (2023). STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN OLAHRAGA PRA REMAJA DALAM CABANG OLAHRAGA SENAM ARTISTIK PADA SISWA-SISWI KELAS VIII A SMP NEGERI SATAP OEUSAPI SOE. Jurnal Sport & Science 45, 5(2), 45

Harianto, A., Zhafirah, A., Aminah, S., Luthfiyyah, S., & Wismanto, W. (2024). Membangkitkan Semangat Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Ekspansi Video Pembelajaran. Dinamika Pembelajaran: Jurnal Pendidikan dan bahasa, 1(2), 220

Hidayat, F., & Muhamad, N. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 30.

Irawan, H., Martiani, M., & Supriyanto, S. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Audio-Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Senam Guinness World Records (Gwr) pada Mahasiswa Penjas universitas Dehasen Bengkulu. e- SPORT: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 1(1), 22.

Kanahaya, D., Khaerunisa, H., Hakiki, I. N., Iskandar, N. M., & Prasetyo, T. (2024). Menyelaraskan Tubuh dan Pikiran: Manfaat Kognitif Memasukkan Senam ke dalam Pendidikan Jasmani. Karimah Tauhid, 3(3), 3675, 3677

Kemal, K. A. (2020). Model Pembelajaran Senam Irama Berbasis Media Pembelajaran Pada Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Adaptif (JPJA), 3(02), 65- 66

Kuryanto, M. S., Santoso, D. A., Fardani, M. A., Rondli, W. S., & Hariyadi, A. (2023). PENDAMPINGAN SENAM WARGA PANTI PELAYANAN SOSIAL DISABILITAS SENSORIK NETRA (PPSDSN) PENDOWO KUDUS. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9527

Mabrur, M., Setiawan, A., & Mubarok, M. Z. (2021). Pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar teknik dasar guling depan senam lantai. Physical Activity Journal (PAJU), 2(2), 195

Nurdin, A., & Kurnia, R. (2024). Pelaksanaan Kegiatan Senam Olahraga Setiap Minggu Terhadap Kebugaran Jasmani Masyarakat Desa Lam Ateuk. Public Health Journal, 1(1). 3

Nuriah, I., & Kamilah, S. (2021). Pengaruh Senam Aerobik Low Impact Terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Dismenore Pada Remaja Puteri Di Smk Bunga Persada Cianjur. Indonesia Journal of Midwifery Sciences, 1(1), 13

Oktaviani, S. N., & Syawaluddin, S. (2023). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Menguatkan Karakter Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 2(1), 115-116

Primayanti, I., & Esser, B. R. N. (2023). Pelatihan Senam Aerobik Pada Ibu-Ibu Pkk Desa Danger Selatan Kecamatan Masbagik. Al-Tafani: Jurnal Inovasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 46

Tefa, M. Z. S. I., Abduloh, A., & Kurniawan, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Senam Lantai di SMAN 1 Klari. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(25), 588.

Widiyani, E., Fakhriyah, F., Firmasyah, R., Putri, S. M., & Kartika, A. S. (2024). Karakteristik Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 5(1), 52

Zainuddin, F., & Ahmad, N. (2022). Penyuluhan Kebugaran Jasmani Masyarakat Melalui Senam Aerobik di Kelurahan Dasan Geres Kabupaten Lombok Barat. Pijar Mandiri Indonesia: Jurnal Pelatihan, Pengembangan, dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 140




DOI: https://doi.org/10.37905/jas.v1i3.27742

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ella H Tumaloto, Sri Novaria Muda, Sahrul Pakaya, Arifuddin Puluhulawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.