FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL SANTIKA PADA MASA PANDEMI

Sofiani Sofiani, Dessy Natalia, Paulina Paulina

Abstract


Pandemi Covid-19 telah menyebabkan berbagai dampak, terutama bagi sektor pariwisata dan industri perhotelan. Santika Indonesia Hotels & Resorts menutup sebagian besar unit hotelnya akibat Pandemi Covid-19. Agar bisnisnya dapat tetap berjalan, hotel harus menyesuaikan operasionalnya dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan. Era normal baru ini menimbulkan adanya perubahan perilaku masyarakat, termasuk dalam hal berwisata. Penting bagi pihak manajemen hotel untuk mempelajari perilaku calon tamunya yang dapat mempengaruhi keputusan menginapnya.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan menginap di Hotel Santika pada masa pandemi.  Teori yang digunakan adalah Theory of Planned Behaviour (TPB) yang dikemukakan oleh Ajzen (1991), terdapat tiga jenis pertimbangan yang mempengaruhi perilaku manusia, yaitu attitude (sikap), subjective norm (norma subjektif) dan perceived behavioral control (kontrol perilaku yang dipersepsikan). Berdasarkan hasil uji t, diketahui bahwa attitude, subjective norm dan perceived behavioral control berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap tamu. Berdasarkan hasil uji F, diketahui bahwa secara simultan, attitude, subjective norm dan perceived behavioral control berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menginap. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi, diketahui bahwa attitude, subjective norm dan perceived behavioral control dalam Theory of Planned Behaviour memiliki sumbangan pengaruh terhadap keputusan menginap sebesar 73%. Saran yang dapat diberikan yaitu agar manajemen Hotel Santika dapat meningkatkan sosialisasi terkait penerapan Protokol Kesehatan, membuat program-program tertentu yang dapat menciptakan pengalaman positif, menjaga agar ulasan hotel tetap positif, dan membuat berbagai tawaran menarik yang disesuaikan dengan kemampuan target pasar.


Full Text:

PDF

References


Kontan.co.id. (2020, April 13). Ini Strategi Santika Hotel and Resorts dan Swis-Belinn Hotel saat Pandemi Corona. Diakses dari Kontan: https://industri.kontan.co.id/news/ini-strategi-santika-hotel-and-resorts-dan-swis-belinn-hotel-saat-pandemi-corona?page=all

Tribunjabar.id. (2020, Juni 03). Grup Hotel Santika Buka Kembali Unit-unitnya Mulai 4 Juni 2020, Koper Tamu Juga Disemprot. Diakses dari Tribun Jabar: https://jabar.tribunnews.com/2020/06/03/grup-hotel-santika-buka-kembali-unit-unitnya-mulai-4-juni-2020-koper-tamu-juga-disemprot

Han, H., Al-Ansi, A., Chua, B. L., Tariq, B., Radic, A., & Park, S. H. (2020). The Post-Coronavirus World in The International Tourism Industry: Application of The Theory of Planned Behavior to Safer Destination Choices in The Case of US Outbound Tourism. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(18), 1–15. https://doi.org/10.3390/ijerph17186485

Ajzen, I. (1991). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), 179–211.

Kotler, P., Bowen, J. T., Makens, J. C., & Baloglu, S. (2017). Marketing for Hospitality and Tourism (Seventh). Pearson.

Ajzen, I. (2020). The Theory of Planned Behavior: Frequently Asked Questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195

Nimri, R., Patiar, A., & Jin, X. (2020). The Determinants of Consumers’ Intention of Purchasing Green Hotel Accommodation: Extending the Theory of Planned Behaviour. Journal of Hospitality and Tourism Management, 45(November), 535–543. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2020.10.013

Rahayu, M. T. (2017). Pengaruh Promosi, Kualitas produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen dan Dampaknya Pada Kepuasan Konsumen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2010). Consumer Behavior (10th Edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sugiarto. (2017). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sugiarto, Hendratono, T., & Sudibyo, D. (2015). Metodologi Penelitian Hospitaliti & Pariwisata. Tangerang: PT Matana Publishing Utama.

Widodo, D. (2017). Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Depok: PT RajaGrafindo Persada.

Suprapto, H. (2017). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.