PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN SELAMA PANDEMI COVID 19

Ella H. Tumaloto, Aisah R. Pomatahu

Abstract


Penyebaran Covid-19 yang menyebar begitu cepat di Indonesia menyebabkan gangguan pada sektor pendidikan di Indonesia, sehingga mengharuskan siswa tidak dapat melanjutkan kegiatan belajar sebagaimana mestinya di sekolah. Pemerintah pun menyarankan pembelajaran tetap dilaksanakan akan tetapi melalui media Daring (Dalam Jaringan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran PJOK ditengah pandemi Covid-19 SMA Negeri di Kota Kotamobagu, mengetahui keefektifan metode pembelajaran yang diterapkan dalam proses pembelajaran PJOK ditengah pandemi Covid-19 SMA di Kota Kotamobagu, dan mengetahui peran guru PJOK dalam meningkatkan minat belajar siswa ditengah pandemi Covid-19. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) tetap dilaksanakan di setiap sekolah SMA Negeri Se-Kota Kotamobagu dengan menggunakan metode Daring (Dalam Jaringan), metode Luring (Luar Jaringan) dan tatap muka terbatas. Pada metode daring guru mengakses jaringan internet dibantu oleh aplikasi google meeting, google classroom, what’sApp grup dan portaldik. Pembelajaran Luring (Luar jaringan) guru mendatanagi kelompok peserta didik sesuai dengan zona donasi tempat tinggal peserta didik, sedangkan tatap muka terbatas peserta didik berkunjung ke sekolah dengan jadwal dan waktu yang sudah ditentukan oleh sekolah.

Keywords


pembelajaran; PJOK; pandemi Covid-19

Full Text:

PDF

References


Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Arlinghaus, K. R., & Johnston, C. A. (2018). Advocating for Behavior Change With Education. In American Journal of Lifestyle Medicine (Vol. 12, Issue 2). https://doi.org/10.1177/1559827617745479

Balango, S., & Ruslan, R. (2020). Development Of Hurdles Media Learning. Jambura Journal of Sports Coaching, 2(2). https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i2.7225

Dai, A., Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2021). Gaya resiprokal untuk meningkatkan keterampilan shooting bola basket. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 10(1), 53–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36706/altius.v10i1.14056

Hadjarati, H., & Haryanto, A. I. (2020). Motivasi Untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646

Haryanto, A. I., & Fataha, I. (2021). Korelasi Panjang Tungkai, Power Otot Tungkai Dan Kecepatan Lari Dengan Hasil Lompat Jauh. Jambura Health and Sport Journal, 3(1). https://doi.org/10.37311/jhsj.v3i1.9890

Kustria, K. S., Agung Parwata, I. G. L., & Spyanawati, N. L. P. (2021). Motivasi Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Peserta Didik Sma/Smk Di Kecamatan Rendang Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.30646

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Nasiruddin, N. (2018). Pembentukan Karakter Anak melalui Keteladanan Orang Tua. Jurnal Kependidikan, 6(2). https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1933

Rahmat, R., & Anggara, A. (2020). Pendekatan Taktis Diterapkan Dalam Pembelajaran Aktivitas Permainan Bola Voli Di Sd Negeri 1 Tuk Karang Suwung Kecamatan Lemah Abang Kabupaten Cirebon. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 4(1). https://doi.org/10.37058/sport.v4i1.1698

Rokim, M. F. N. (2016). Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Guru Pjok Di Sma Negeri Se Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1).

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Tibola da Rocha, V., Brandli, L. L., & Kalil, R. M. L. (2020). Climate change education in school: knowledge, behavior and attitude. International Journal of Sustainability in Higher Education, 21(4). https://doi.org/10.1108/IJSHE-11-2019-0341

Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Wigati, D., Setyaningrum, L., Weni Pebrianti, I., Susanto, E., & Koko Pratoko, D. (2021). Edukasi Protokol Kesehatan Dan Pembuatan Hand Sanitizer Dalam Rangka Persiapan Sekolah Tatap Muka. JURNAL ABDI MERCUSUAR, 1(1). https://doi.org/10.36984/jam.v1i1.198

Yudi Firmansyah, & Fani Kardina. (2020). Pengaruh New Normal Ditengah Pandemi Covid-19 Terhadap Pengelolahan Sekolah Dan Peserta Didik. BUANA ILMU. https://doi.org/10.36805/bi.v4i2.1107




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i1.13602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal (JHSJ)  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada: