MINAT BELI PAKAIAN OLAHRAGA DITINJAU DARI CELEBRITY ENDORSEMENT INSTAGRAM

Faisal Alan Tito, Muhad Fatoni

Abstract


Celebrity endorsement pada zaman ini tentunya menjadi sebuah pilihan dalam mengiklankan suatu produk, tidak terkecuali produk olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh celebrity endorsement pada media sosial instagram terhadap minat beli pakaian olahraga. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dimana dalam penelitian ini menggunakan kriteria tertentu yaitu mahasiswa aktif, mempunyai hobi olahraga dan mau menjadi koresponden dalam penelitian sehingga sampel yang didapatkan 50 orang. Teknik analisis data menggunakan SEM (Structure Equation Modeling) PLS dengan Shoftware Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan celebrity endorsement pada media sosial instagram terhadap minat beli pakaian olahraga dengan pengujian menunjukkan nilai signifikan.

Keywords


celebrity endorsement; pakaian olahraga; instagram

Full Text:

PDF

References


Alatas, S. L., & Tabrani, M. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Purchase Intention Melalui Brand. Jurnal Manajemen Dan Inovasi, 9(1), 91–105.

Dermawan, D. (2018). Bisnis Olahraga dan Industri Olahraga di Indonesia. PROSIDING SNPO 2018 Seminar Nasinonal Pendiidkan Olahraga, 954–959.

Duan, Y., Li, P., Meng, D., Bu, T., Liu, X., Popovic, S., & Matic, R. M. (2022). The Effects of Demographic Trends on the High-Quality Development of the Chinese Sports Industry. Sustainability (Switzerland), 14(2). https://doi.org/10.3390/su14021039

Farias, B., & Claudino, R. (2018). Estratégias de comunicação e públicos-alvo: Um estudo de caso da Academia Olímpica de Portugal. Olimpianos - Journal of Olympic Studies, 2(3). https://doi.org/10.30937/2526-6314.v2n3.id62

Haryanto, A. I., Gani, A. A., Ramadan, G., Samin, G., Fataha, I., & Kadir, S. S. (2021). Body Mass Index Conditions of Running Athletes Before Ramadan. JUARA : Jurnal Olahraga, 7(1). https://doi.org/10.33222/juara.v7i1.1346

Haryanto, A. I., Kadir, S. S., Ramadan, G., Fataha, I., Samin, G., & Gani, A. A. (2021). Membangkitkan Semangat Berolahraga Melalui Kegiatan Fun Run. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 10(2). https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i2.11356

Kong, D., & Sun, J. (2022). Study on the Countermeasures of Integrating Outdoor Sports into the Development of Health Service Industry in China. Journal of Healthcare Engineering, 2022. https://doi.org/10.1155/2022/1889519

Leszczyński, M., Metelski, A., & Rabczun, A. (2022). Digitalized sports products and various generations in the era of industry 4.0. Sustainability (Switzerland), 14(1). https://doi.org/10.3390/su14010095

Mamo, Y., James, J. D., & Andrew, D. P. S. (2022). Consumer Perceptions of Sport Sponsor’s Corporate Social Responsibility Activities. Journal of Global Sport Management, 7(1). https://doi.org/10.1080/24704067.2018.1561207

Nichols, B. S., Cobbs, J., & Raska, D. (2017). Cause-Related Sports Marketing: The Role of League–Cause Fit and Team Imagery in Advertising Promotions: Abstract. In Developments in Marketing Science: Proceedings of the Academy of Marketing Science. https://doi.org/10.1007/978-3-319-45596-9_195

Reftari, D. H., Suryana, A., & Setiaman, A. (2018). Komunikasi Pemasaran Olahraga Renang. Jurnal Kajian Komunikasi, 6(2). https://doi.org/10.24198/jkk.v6i2.13221

Rosmaneli, R., & Darni, D. (2020). Pengenalan Sport Masage Pada Masyarakat Melalui Aksi Sosial Upaya Semarak Dies Natalis Universitas Negeri Padang yang Ke 64. Jurnal Berkarya Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.24036/jba.v2i1.48

Setyawan, D. A. (2017). Upaya Meningkatkan Industri Olahraga. Seminar Nasional KeIndonesiaan II, 1(1).

Sijoatmodjo, F. A., & Soetedja, V. (2021). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Variabel Mediasi pada Produk Merek “ KEEKHO .†PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(6), 458–465.

Sukarmin, Y. (2015). Pemasaran Olahraga Melalui Berbagai Event Olahraga. MEDIKORA, 2. https://doi.org/10.21831/medikora.v0i2.4692

Wibowo, A. (2018). Pop Culture, Identity Conflict, and Chaos: Studies on the Culture and Identity of Viking and Jakmania’s Supporters in the Indonesian Football Industry. MIMBAR PENDIDIKAN, 3(2). https://doi.org/10.17509/mimbardik.v3i2.13951

Zhao, Y., & Zhu, L. (2015). Survey and Research on Chinese Sport Industry and Financial Benefit based on Mathematical Modelling and Game Theory. Proceedings of the 2015 International Conference on Education, Management, Information and Medicine, 8. https://doi.org/10.2991/emim-15.2015.44




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v5i1.16848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal (JHSJ)  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada:

       Â