TINGKAT STRES DENGAN KADAR GULA DARAH PADA PASIEN DIABETES MELITUS

Lusiane Adam, Mansyur B. Tomayahu

Abstract


Diabetes melitus merupakan penyakit gangguan metabolisme kronis yang ditandai peningkatan glukosa darah (hiperglikemi) disebabkan karena ketidakseimbangan antara suplai dan kebutuhan untuk memfasilitasi masuknya glukosa dalam sel agar dapat di gunakan untuk metabolisme dan pertumbuhan sel. Stres dan Diabetes Melitus memiliki hubungan yang sangat erat, dimana tingkat stres yang tinggi dapat memicu kadar gula darah seseorang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat stres dengan peningkatan kadar gula darah pada pasien Diabetes Melitus di Puskesmas Kota Barat Kota Gorontalo. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional study. Populasinya adalah seluruh pasien Diabetes Melitus yang berada di wilayah kerja Puskesmas Kota Barat Kota Gorontalo. Jumlah Sampel 52 orang yang diambil dengan proporsional sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat stres dengan peningkatan kadar gula darah pada pasien Diabetes Melitus di Puskesmas Kota Barat Kota Gorontalo tahun 2018 dengan P = 0,000 ? ? = 0,01.


Keywords


Tingkat Stres, Kadar Glukosa Darah, Diabetes Mellitus

Full Text:

PDF

References


Izzati, W & Nirmala, 2015. Hubungan Tingkat Stres Dengan Peningkatan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Melitus Di Wilayah Kerja Puskesmas Perkotaan Rasimah Ahmad Bukittinggi Tahun 2015 (diakses tanggal 12 Februari 2018)

Kemenkes. 2013. Riset Kesehatan Dasar: Riskesdas 2013. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI.

Meivy dkk, 2017. Hubungan Tingkat Stres Dengan Kadar Gula Darah Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe II di Rumah Sakit Pancaran Kasih GIMM Manado (diakses tanggal 13 Februari 2018)

Pratiwi, P. dkk, 2014, Pengaruh Stres Terhadap Kadar Gula Darah Sewaktu Pada Pasien Diabetes Melitus yang Menjalani Hemodialisa di RSUD dr. H. Abdoel Moeloek Bandar Lampung (diakses tanggal 13 Februari 2018)

Singarimbun, M & Effendi, S. 2008. Metode Penelitian Survei. LP3ES: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v1i1.2047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada: