TINGKAT KEPUASAN PENGUNJUNG TERHADAP FASILITAS WAHANA OUTBOUND RUMAH PINTAR JUANDA CENDEKIA SIDOARJO

Indi Alfina Damayanti, Dita Yuliastrid, Indra Himawan Susanto, Anna Noordia

Abstract


Olahraga rekreasi merupakan kegiatan fisik yang dilakukan untuk kesenangan, rekreasi, dan kesegaran diri baik secara individu maupun dalam kelompok. Kegiatan olahraga rekreasi sangat bergantung pada kualitas fasilitas dan pelayanan yang disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung terhadap fasilitas wahana outbound di Rumah Pintar Juanda Cendekia Sidoarjo. Sasaran dalam penelitian ini sebanyak 100 pengunjung yang mendampingi anak-anak melaksanakan outbound, dengan teknik penarikan sampel yaitu Accidental Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner berupa google form untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung. Hasil penelitian disimpulkan bahwa: tingkat kesesuaian (Tki) masing-masing indikator nilainya <100% yaitu sebesar 97,61% yang artinya pengunjung belum sepenuhnya puas dengan layanan yang diberikan oleh petugas dan pengelola; tingkat kesesuaian indikator Keandalan (Reliability) diperoleh hasil sebesar 98,96%; tingkat kesesuaian indikator Nyata (Tangible) diperoleh hasil sebesar 97,91%; tingkat kesesuaian indikator Adil (Responsiveness) diperoleh hasil sebesar 98,54%; tingkat kesesuaian indikator Tanggung Jawab (Assurance) diperoleh hasil sebesar 97,1%; tingkat kesesuaian indikator Empati (Empathy) diperoleh hasil sebesar 97,61%, dengan perbaikan kualitas layanan serta fasilitas dapat meningkatkan kepuasan pengunjung.

Keywords


tingkat kepuasan; pengunjung; wahana outbound

Full Text:

PDF

References


Akbar Dwi Yulianto. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Vol. 3, No 1.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Komarudin, & Subekti, B. H. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pjok Daring Level of Student Satisfaction Towards Characteristic Learning. Jambura Health and Sport Journal, 3(1), 16–23.

Martilla, J. A., & James, J. C. (1997). Importance Performance Analysis. Journal of Marketing, 41(1), 77–79.

Mona Annisa Matodang, B. & R. H. (2017). Pengaruh Tingkat Kepuasan Pengunjung Terhadap Willingnes To Pay Di Plengkung Taman Nasional Alas Purwo (The Effect of Visitor Satisfaction Level on Willingness to Pay at Plengkung , in Alas Purwo National Park). Jurnal Tingkat Kepuasan Pengunjung 164–170.

Oktawati, N. O., & Purnamasari, E. (2023). Tingkat Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Pulau Beras Basah Kota Bontang Kalimantan Timur. 10(1).

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1985). A Conceptual Model of Service.

Rosita, S. M. & W. H. W. (2016). Pengaruh Fasilitas Wisata Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Taman Margasatwa Ragunan Jakarta. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure 13(1). https://doi.org/10.17509/jurel.v13i1.2134.

Safitri, W., & Mulyono, A. (2022). Manajemen Outbound Taman Wisata Matahari Di Cisarua Kabupaten Bogor tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1), 68–78. https://doi.org/10.15294/inapes.v3i1.47938

Sanjaya, M. A. (2022). Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Di Suzuya Mall Rantau Prapat.

Sasmita, M. T. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pegawai Stp Nusa Dua Bali Terhadap Paket Perjalanan Wisata Insentif Outbond 2018. 18.

Siregar, A. Z., Manurung, S. S., & Wicaksono, D. (2023). Pengaruh Sarana Prasarana Pariwisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Pada Wisata Kuliner Sarapan Kamu (Kawula Muda), Di Desa Denai Lama, Kec. Pantai Labu, Kab. Deli Serdang. 1(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta

Tjiptono, F. dan G. C. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta;Andi Offset.

Wijono, D. (2014). Tingkat Kepuasan Pengunjung Obyek Wisata Pantai Kuwaru Sanden Bantul Yogyakarta. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 4(1), 22. https://doi.org/10.30588/jmp.v4i1.93




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v5i2.21304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal (JHSJ)  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada: