FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI STRESS AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT AKHIR
Abstract
Stress adalah masalah umum dikalangan siswa, terutama di lingkungan akademik. Stres akademik merujuk pada perasaan tekanan yang dialami siswa yang ditandai dengan berbagai reaksi fisik dan emosional karena tuntutan akademik dari profesor, orang tua, dan kebutuhan untuk menyelesaikan tugas tepat waktu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor yang dominan berpengaruh terhadap stress akademik mahasiswa tingkat akhir dengan metode penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini 58 orang, dan sample penelitian ini dilakukan pada 50 mahasiswa mahasiswi tingkat akhir STIKES Katolik St. Vincentius A Paulo untuk jenjang diploma (D3) dan sarjana (S1). Metode sampling yang digunakan adalah purposive random sampling untuk menjamin mendapatkan respoden dengan karakteristik yang sesuai. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa sebagian mahasiswa tingkat akhir mengalami stress akademik yang sedang dengan persentase sebesar 77% dan faktor yang paling mempengaruhi stress akademik mahasiswa tersebut adalah faktor motivasi. Perlu dilakukan kegiatan yang dikelola oleh STIKES Katolik St. Vincentius A Paulo serta dukungan dari keluarga dan teman dekat dalam meningkatkan dan menjaga motivasi mahasiswa selama proses penyelesaian tugas akhir.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afryan, M., Saputra, O., & Liliswanti, R. (2019). Hubungan Tingkat Stres Terhadap Motivasi Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran, 6(1), 63–67.
Agusmar, A. Y., Vani, A. T., & Wahyuni, S. (2019). Perbandingan Tingkat Stres pada Mahasiswa Angkatan 2018 dengan Angkatan 2015 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Health & Medical Journal, 1(2), 34–38. https://doi.org/10.33854/heme.v1i2.238
Aulia, S., & Panjaitan, R. U. (2019). Kesejahteraan psikologis dan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir. Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(2), 127. https://doi.org/10.26714/jkj.7.2.2019.127-134
Clemente, M., Hezomi, H., Allahverdipour, H., Jafarabadi, M. A., & Safaian, A. (2016). Journal of Child & Adolescent Behavior Stress and Psychological Well-being : An Explanatory Study of the Iranian Female Adolescents. 4(1), 1–5. https://doi.org/10.4172/2375-4494.1000282
Elias, H., Ping, W. S., & Abdullah, M. C. (2011). Stress and academic achievement among undergraduate students in Universiti Putra Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 29, 646–655. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.11.288
Ernita S., Adnan F., H. (2019). Pengaruh Model Scientific Inquiry Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Basicedu, 3(2), 385–390.
Fawzy, M., & Hamed, S. A. (2017). Prevalence of psychological stress, depression and anxiety among medical students in Egypt. Psychiatry Research, 255, 186–194. https://doi.org/10.1016/j.psychres.2017.05.027
Fernández González, L., González Hernández, A., & Trianes Torres, M. V. (2017). Relaciones entre estrés académico, apoyo social, optimismo-pesimismo y autoestima en estudiantes universitarios. Electronic Journal of Research in Education Psychology, 13(35), 111–130. https://doi.org/10.14204/ejrep.35.14053
Hamid, A. M. Z.P., Martha, E. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Mahasiswa Pascasarjana Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Dalam Menyusun Tesis. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia, 5(3), 283–289.
Hamzah B. Uno. (2017). Teori Motivasi dan Pengukurannya. In Bumi Aksara.
Jusuf, H., Adityaningrum, A., & Yunus, R. (2022). Determinan Kejadian Gastritis Pada Mahasiswa. Jambura Health and Sport Journal, 4(2), 108–118. https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i2.15171
Kemenkes, R. (2018). Kebutuhan Tidur sesuai Usia. http://p2ptm.kemkes.go.id/infograpic-p2ptm/obesitas/kebutuhan-tidur-sesuai-usia
Kurniawti, W., & Setyaningsih, R. (2020). Manajemen Stress Pada Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Penyusunan Skripsi. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan Dan Ilmu Keislaman, 5(3), 248–253.
Nasir, Abdul, M. A. (2011). Dasar – Dasar Keperawatan Jiwa Pengantar dan Teori. Salemba Medika.
Nursalim, M. (2013). strategi intervensi dan konseling. Indeks.
Potter, A & Perry, A. (2012). Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, dan Praktik, E/4, Vol 2 (Alih BAhasa: Renata et al). Buku Kedokteran EGC.
Pusphita, F, C. (2017). Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Skripsi. Universitas Lampung.
Ratnaningtyas, T. O., & Fitriani, D. (2019). Hubungan Stres Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Edu Masda Journal, 3(2), 181. https://doi.org/10.52118/edumasda.v3i2.40
Rohmah, Q. (2017). Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Stres pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Universitas Muhammadiyah Malang. In Undergraduate (S1) Thesis, University of Muhammadiyah Malang.
Sakamoto, R. (2015). The Relationship Between Motivation, Second Language Learning, And Stress In International Students. In Missouri. University Of Central Missouri.
Tasalim, R., & Cahyani, A. R. (2021). Stres Akademik dan Penanganannya. Guspedia.
Timotius, K. (2018). Otak dan Perilaku. Penerbit ANDI (Anggota IKAPI).
Zurrahmi, Hardianti, S., & Syahasti, F. M. (2021). Hubungan Tingkat Stres dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Akhir S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Assyifa’ Ilmu Keperawatan Islami, 6(2), 963–968.
DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v6i1.24064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jambura Health and Sport Journal (JHSJ) (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Jambura Health and Sport Journal Terindeks dan Termasuk Database pada: