IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PREZI TERHADAP KREATIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Media Pembelajaran Prezi Terhadap Kreativitas Mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Penjaskesrek FKIP semester II dan IV Undana sebanyak 200 orang mahasiswa. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dimana sampel dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu, yaitu sampel merupakan mahasiswa aktif semester II dan IV memiliki perangkat laptop, notebook atau perangkat yang menunjang praktik media pembelajaran, dan memiliki pemahaman dasar tentang pengaplikasian device laptop maupun notebook. Sampel penelitian sebanyak 40 orang. Sebelum dan setelah diberikan perlakukan melalui Media Pembelajaran Prezi, dilakukan tes penugasan dengan cara mahasiswa membuat media pembelajaran dengan kreativitas mereka sendiri untuk mengukur kemampuan kreativitas. Sehingga diperoleh dua data yaitu data pre-test dan data post-test. Maka design penelitian yang digunakan yaitu One Group Pre-Post Test Design. Temuan dari penelitian ini terdapat pengaruh dari media pembelajaran prezi terhadap kreativitas dan besarnya pengaruh diperoleh melalui uji regresi sederhana yang menunjukan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,608 yang memiliki arti bahwa pengaruh variabel bebas (media Prezi) terhadap variabel terikat (kreativitas) adalah sebesar 60,8 %. Maka dapat disimpulkan bahwa, media pembelajaran Prezi dapat digunakan sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa. Implikasinya dari penelitian ini, sampel penelitian sudah dibekali oleh kreativitas melalui media pembelajaran prezi yang bisa berguna selama proses perkuliahan maupun kelak saat sudah terjun di dunia pendidikan sebagai seorang guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1). 28-36. http://dx.doi.org/10.31949/th.v2i1.571
Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). 294-302. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99
Hasanah, A., Hikmayani, A. S., & Nurjanah, N. (2021). Penerapan Pendekatan STEAM dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 5(02). 275-281. https://doi.org/10.29408/jga.v5i02.3561
Heldanita, H. (2019). Pengembangan Kreativitas Melalui Eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1). 53-64. https://doi.org/10.14421/jga.2018.31-05
Hudhana, W. D., & Fitriani, H. S. H. (2020). Pengembangan Media Prezi pada Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Siswa Kelas XI SMA Se-Kota Tangerang di Era Digital. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(2). 224-238
Irawan, A. (2022). Kreativitas Guru dalam Memotivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 5(2).
Kaswar, A. B., Nurjannah, N., Fathahillah, F., & Andayani, D. D. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Praktis dan Interaktif untuk Guru SMP Kabupaten Bone. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4530
Kau, M. A. (2017). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Sekolah Dasar. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling.
Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665
Muharni, M., Alpusari, M., & Putra, Z. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sains Berbasis Prezi untuk Siswa Sekolah Dasar pada Materi Penggolongan Hewan. Journal of Natural Science and Integration, 4(1). https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.9968
Ni’mah, A., & Sukartono. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48157
Nursita, L., Alifa, R. N., & Akmal, A. (2022). Komparasi Penggunaan Aplikasi Prezi vs Microsoft Power Point sebagai Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(1). https://doi.org/10.32884/ideas.v8i1.556
Podungge, Y. (2020). Jambura Health and Sport Journal. Asuhan Kebidanan Komprehensif Comprehensive Midwifery, 2(2). 68-77. http://dx.doi.org/10.37311/jhsj.v2i2.7102
Rohiman, R., & Anggoro, B. S. (2019). Penggunaan Prezi untuk Media Pembelajaran Matematika Materi Fungsi. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1). https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3312
Rukiyah, R., Suningsih, T., & Syafdaningsih, S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2385
Sefriyanti, & Ibrahim. (2022). Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6Tahun di RA Azzahra Lampung Timur Article Info Abstract. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1).
Suryani, Khairil, C. N. (2015). Penggunaan Media Prezi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Sma Negeri 1 Lhoksukon. Jurnal Edubio Tropika, 3(1).
Wati, D. P., Trisudarmo, R., & Supratman, S. G. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran pada Guru SD di Desa Nanggela. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6). https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i6.281
Wiyono, H. D. (2020). Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha. Jurnal USAHA, 1(2). https://doi.org/10.30998/juuk.v1i2.503
Zulfia Latifah, A., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1). https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020
DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v7i1.30390
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jambura Health and Sport Journal (JHSJ) (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .
Jambura Health and Sport Journal Terindeks dan Termasuk Database pada: