EFEKTIFITAS TERAPI GUIDE IMAGERY TERHADAP KECEMASAN PASIEN HEMODIALISA

Rini Fahriani Zees, lestari Lapradja

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas teknik guide imagery terhadap tingkat kecemasan pada pasien hemodialisa BLUD RSU Dr. M. M. Dunda Limboto, Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian menggunakan Pra-Eksperimental dengan pendekatan penelitian Static Group Comparsion. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik porpusive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 26 orang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar kuesioner untuk mengukur skala tingkat kecemasan pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol, serta tindakan intervensi berupa Guide Imagery pada kelompok eksperimen. Analisis bivariat menggunakan uji statistika paired t test. Hasil penelitian pada kelompok kontrol tidak ada yang mengalami penurunan tingkat kecemasan pada saat posttest dengan nilai rata-rata pretest 32,38 dan nilai posttest 32,23. Pada kelompok intervensi terjadi penurunan tingkat kecemasan dengan nilai rata-rata pretest 29,23 dan nilai posttest 22,08. Hasil analisis paired t test menunjukkan nilai ρ = 0,000. Kesimpulanya yaitu teknik guide imagery efektif terhadap tingkat kecemasan  pada pasien hemodialisa BLUD RSU Dr. M. M. Dunda Limboto Kabupaten Gorontalo.


Keywords


nursing

Full Text:

PDF

References


Acerman dan Turkoski. 2000, Using Guide Imagery to Reduce Pain and Anxiety. HomeHealthcare Nurse, 18.

Andarmoyo Sulistyo, 2013, Konsep Dan Proses Keperawatan Nyeri, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.

Anisa Nuri Kurniasari, 2015, Pengaruh Teknik Relaksasi Benson Terhadap Kecemasan Pada Pasien Hemodialisis Di Rs Pku Muhammadiyah Yogyakarta, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Dian Nashif Zahrofi, 2013, Pengaruh Pemberian Terapi Murottal Al Quran Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Hemodialisa Di Rs Pku Muhammadiyah Surakarta, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Djohan, 2006, Terapi Musik, Teori Dan Aplikasi, Galang Press, Yogyakarta.

Friedman, 2010, Keperawatan Keluarga : Teori Praktik. EGC, Jakarta.

Hawari Danang, 2008, Manajemen Stres Cemas Dan Depresi, Balai Penerbit, Jakarta.

Hilma, 2015, Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Penurunan Kelelahan Pasien Gagal Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis di Unit Hemodilisis Rsup DR. M. Djamil Padang.

Hudaya, 2015. Pengaruh Terapi Guided Imageri Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Skizofrenia di RSJD Surakarta. Naskah Publikasi. Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Khoirul Anis, 2016, Konsep Guided Imagery (Imajinasi Terbimbing).(online)https://www.linkedin.com/pulse/konsep-guided-imagery-imajinasi-terbimbing-khoirul-anis, akses tanggal 21 Februari 2017.

Kanel, et al. 2004. Hypercoagulability in Working Men and Women with High Levels of Panic-Like Anxiety. Journal. Psychotherapy and Psychosomatics.

Kusumawati Farida., Dkk, 2010, Buku Ajar Keperawatan Jiwa, Salemba Medika, Jakarta.

Muhammad Luqman Prihananda, 2014, Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Hemodialisa Di Rs Pku Muhammadiyah Surakarta, Prodi Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Patasik, 2012. Efektivitas Tektik Relaksasi Nafas Dalam dan Guided Imagery Terhadap Penurunan Nyeri pada PAsien Post Operasi Sectio Cesarea di Irina D BLU RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Ejurnal Keperawatan (e-Kp) Volume 1 Nomor 1 Agustus 2013.

Potter dan Perry, 2005. Buu Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses dan Praktek, edisi 8 Volume 2. EGC, Jakarta.

Prabowo Eko, 2014, Konsep & Aplikasi Asuhan Keperawatan Jiwa, Nuha Medika, Yogyakarta.

Prasetyo Sigit Nian, 2010, Konsep Dan Proses Keperawatan Nyeri, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Purwanto Teguh, 2015, Buku Ajar Keperawatan Jiwa,Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Riskesdas, 2013, Prevalensi Gagal Ginjal Kronis. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta.

Riyanto Agus, 2011. Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan, Nuha Medika, Jakarta.

Savitri, 2003. Kecemasan (Bagaimana mengatasi penyebabnya). Cahaya Obor, Jakarta.

Sarsito, 2015, Pengaruh Guide Imagery Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Hemodialisa di RS. PKU Muhammadiyah Surakarta.Naskah Publikasi. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Septiwi Cahyu, 2013, Pengaruh Bretihing Exricise Terhadap Level Fatigue Pasien Hemodialisis Di RSPAD Gatot Subroto Jakarta, Jurusan Keperawatan STIKES Muhammadiyah Gambong.

Siswanto, 2007, Kesehatan Mental, Andi Yogyakarta, Yogyakarta.

Smeltzer dan Bare, 2004. Buku Ajar Kepereawatan Medikal Bedah. EGC. Jakarta.

Stuart dan Sundeen (2007), Buku Saku Keperawata Jiwa, Edisi 5, EGC, Jakarta.

Sugiyono, 2010, Statistika Untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung.

Tokala. F Befly., dkk, 2015. Hubungan Antara Lamanya Menjalani Hemodilisis Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Dengan Penyakit Gagal Ginjal Kronik Di RSUP Prof.Dr. R. D. Kandaou Manado, Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ullya Farah, Husna Cut, 2016,Kecemasan Pasien Gagal Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisa Di RUSD Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.

Virocoralis, 2000, Psychiatric Nursing Clinia Guide : Assesment Diagnosis, W. B. Saunders Company, Philadelphia




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v3i1.9863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada: