Formulasi Sampo Kombinasi Ekstrak Seledri (Apium graveolens) dan Ekstrak Kayu Manis (Cinnamomum burmanii) Serta Uji Aktivitasnya pada Jamur

AM. Andy Suryadi, Muhammad Taupik, Mahdalena SY. Pakaya, Endah Nurrohwinta Djuwarno, Juliyanty Akuba

Abstract


Rambut merupakan salah satu bagian vital pada tubuh yang berasal dari ektoderm di kulit dan juga sebagai pelengkap pelindung pada tubuh (aksesoris). Masalah pada rambut dan kulit kepala yang sering terjadi adalah ketombe. Gejala umum yang sering terjadi yaitu mulai timbulnya sisik-sisik putih pada kulit kepala, gatal, dan juga bisa juga disertai dengan kerontokan rambut. Hal ini disebabkan karena adanya beberapa mikroorganisme yang terdapat pada ketombe seperti Malassezia furfur dan Candida albicans.
Tanaman yang kaya senyawa flavonoid diketahui memiliki aktivitas sebagai anti bakteri dan anti jamur. Penggunaan formulasi herbal dapat dijadikan sebagai alternatif yang baik untuk terapi dalam mengatasi mikroorganisme yang terdapat pada ketombe. Di Indonesia, seledri dan kayu manis secara tradisional dapat digunakan untuk mengatasi pertumbuhan jamur. Pada penelitian ini memformulasikan sampo kombinasi antara ekstrak seledri dan ekstrak kayu manis sebagai anti jamur dalam bentuk sedian gel.
Hasil evaluasi fisik menunjukkan formula gel memiliki stabilitas yang baik. Aktivitas anti jamur dari kombinasi ekstrak seledri dan ektrak kayu manis mempunyai daya hambat paling besar dengan pengulangan berturut-turut pada jamur Mallasezia furfur (35mm; 34mm; 35mm) dan pada jamur Candida albicanus (30mm; 31mm; 30mm) dengan konsentrasi (20%; 20%).

Keywords


Sampo, Seledri, Kayu manis, Rambut, Mallasezia furufur, Candida albicanus

Full Text:

PDF

References


Bramono, K., 2002. Pitiaris Sika/Ketombe. Etiopatogenesis Kelompok Studi Dermatologi Kosmetik Indonesia : Jakarta.

Khatimah., Rezky, Khusnul., dkk. 2017. Uji Daya Hambat Ekstrak Kayu Manis (Cinnamomum burmanii) Terhadap Pertumbuhan Candida Albicans Pada Gigi Tiruan Akrilik. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muslim Indonesia : Makassar.

Nitihapsari., Galuh. 2011. Efektivitas Ekstrak Seledri (Apium Graveolens) 50% Dibandingkan Ketokonazole 2% Terhadap Pertumbuhan Malassezia Sp. Pada Ketombe. Universitas Diponegoro : Semarang.

Rook, A., And Dawber., 1991. Disease Of the Hair And Scalp, 2nd ed. Blackwell Scientific Pub : London.

Tjampakasari, CR., 2006. Karakteristik Candida albicans. Cermin Dunia Kedokteran.

Tranggono dan Latifah., 2007 Buku Pegangan Ilmu Pengantar Kosmetik. PT Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.

Voight, R., 1994. Buku Pengantar Teknologi Farmasi Diterjemahkan Oleh Soedani, N, Edisi V. Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta.

Voight, R. 1995. Buku Pengantar Teknologi Farmasi Diterjemahkan Oleh Soedani, N, Edisi VI. Universitas Gadjah Mada : Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.34312/jambchem.v3i2.11199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Journal of Chemistry



EDITORIAL OFFICE

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.