Analisis Sistem Antrian Pembelian Tiket Di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo Menggunakan Aplikasi Promodel

Hasanuddin Hasanuddin, Eduart Wolok, Jamal Darusalam Giu, Nanang Sugianto

Abstract


Abstrak —Pada pelayanan pembelian tiket kapal di pelabuhan penyeberangan kota Gorontalo sering terjadi antrian. Antrian terjadi karena adanya masalah dalam pelayanan, masalah tersebut terjadi karena tingkat kedatangan pelanggan lebih besar dari pada tingkat pelayanan. Karena hal ini membuat konsumen menunggu untuk dilayani. Oleh karena itu, untuk melihat kinerja sistem layanan loket pembelian tiket kapal di pelabuhan penyeberangan Gorontalo maka diperlukan  simulasi sistem antrian menggunakan aplikasi ProModel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa lama waktu antrian setiap konsumen dalam mendapatkan pelayanan pada pembelian tiket di Pelabuhan Penyeberangan Gorontalo dan untuk Mengetahui kinerja  pelayanan  pada pembelian tiket kapal feri di pelabuhan penyeberangan Gorontalo menggunakan aplikasi simulasi ProModel. Adapun hasil report tingkat kesibukan pada loket administrasi sebesar 22,17%, validasi vaksin 58,02% dan loket pembelian tiket 92,30% dengan rata-rata waktu pelayanan pada loket administrasi sebesar 1,90 penumpang dalam 1 menit, validasi vaksin 0,84 penumpang dalam 1 menit dan loket pembelian tiket 1,02 penumpang dalam 1 menit.

Currently, queues often occur when purchasing ferry ticket at the ferry port in Gororntalo, and it occurs due to experiencing problems in service particularly when the arrival rate of customers is greater than the level of service. Consequently, this makes consumers wait to be served. Therefore, to observe the performance of boat ticket counter service system at the Gorontalo ferry port, it is necessary to simulate the queuing system using ProModel application. This present research aims to determine how long the queue time for each consumer is to obtain service for purchasing tickets at the Gorontalo ferry port. Also, it aims to determine the service performance for purchasing ferry tickets at the Gorontalo ferry port using ProModel simulation application. The result of report reveal that the level of activityat the administration counter is 22,17% validation of vaccines is 58,02% and ticket counter is 92,30%. In addition, the average service time at the administration counter is 1,90 passeggers in one minute, vaccine validation is 0,84 passeggers in one minute, and ticket counter is 1,02 passanggers in one minute.


Keywords


Simulasi sistem; Antrian; Softwere ProModel

Full Text:

PDF

References


M. A. D. Matiro, R. S. Mau, A. Rasyid, and F. A. Rauf, “Pengukuran Beban Kerja Menggunakan Metode Full Time Equivalent (FTE) Pada Divisi Proses PT. Delta Subur Permai,” Jambura Ind. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 30–39, 2021.

R. Wolinelo, I. H. Lahay, and Hasanuddin, “Penentuan Jumlah Perawat Optimal di Ruang Unit Gawat Darurat Puskesmas Kota Selatan Menggunakan Metode Work Load Analysis,” Jambura Ind. Rev., vol. 2, no. 1, pp. 49–56, 2022, doi: 10.37905/jirev.2.1.49-56.

I. A. Sasmita, R. Indriati, and M. N. M. Muzaki, “Rekomendasi Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan,” JJEEE, vol. 3, pp. 84–88, 2021.

Y. H. Kanoi, S. Abdussamad, and S. W. Dali, “Perancangan Jam Digital Waktu Sholat Menggunakan Arduino Uno,” JJEEE, vol. 1, pp. 1–8, 2019.

Z. Purnomo, J. Karim, B. Senung, and S. Abdussamad, “Sistem Informasi Jasa Pemesanan Percetakan Berbasis Android,” JJEE, vol. 2, pp. 44–51, 2020.

N. Aini, “Simulasi Sistem Antrian Pelayanan Loket Pajak Kantor Pratama Samarinda Menggunakan Promodel,” 2017.

D. A. Ramdani, W. Wahyudin, and D. N. Rinaldi, “Model Sistem Antrian Menggunakan Pola Single Channel-Single Phase Dengan Promodel Pada Antrian Alfamart Unsika,” Tekmapro J. Ind. Eng. Manag., vol. 16, no. 1, pp. 13–24, 2021.

K. S. Prawiro and D. Agfazar, “Analisis Antrian Sepeda Motor pada SPBU Tanah Merdeka Menggunakan Simulasi Promodel,” Bull. Appl. Ind. Eng. Theory, vol. 1, no. 2, pp. 28–31, 2020.

S. Bahar, M. L. Mananohas, and C. Montolalu, “Model Sistem Antrian dengan Menggunakan Pola Kedatangan dan Pola Pelayanan Pemohon SIM di Satuan Penyelenggaraan Adminstrasi SIM Resort Kepolisian Manado,” Mat. dan Apl., vol. 7, no. 1, p. 15, 2018.

Janles and F. Haikal, “Analisis Antrian Pada Loket Pintu Tol Cijago Dengan Menggunakan Simulasi Promodel,” vol. 1, no. 2, pp. 32–35, 2020.

J. Titarsole and B. J. Camerling, “Analisis Sistem Antrian Pada Area Parkir Mobil Tangki Ke Filling Shed Dengan Menggunakan Promodel,” Arika, vol. 11, no. 1, pp. 67–82, 2017.

Y. D. Astanti, I. Soejanto, and I. Berlianty, “Simulasi Alur Pelayanan Rawat Jalan (Poliklinik) di Rumah Sakit Menggunakan Software ProModel,” Opsi, vol. 13, no. 1, p. 1, 2020.

D. Tutuarima and D. B. Paillin, “Analisis Kinerja Sistem Antrian Pada Dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara Ambon,” Arika, vol. 10, p. 1, 2016.

S. Dewanto and A. Santosa, “Simulasi Sistem Pelayanan Rawat Jalan di Rumah Sakit Menggunakan Simulasi Kejadian Diskrit,” Ina. J. Ind. Qual. Eng., vol. 8, no. 1, pp. 25–36, 2020.

R. Cornellia, “Analisis Antrian pada Loket Pembuatan Elektronik KTP dengan Menggunakan Simulasi Promodel,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 119, 2018.

N. A. Viana and A. E. Nurhidayat, “Analisis Sistem Antrian dalam Meningkatkan Pelayanan Customer Di PT . Optima Kurnia Elok,” Optimasi Tek. Ind., vol. 1, no. 2, pp. 10–13, 2019.

D. L. Trenggonowati, “Simulation system optimize the time of process,” Performa, vol. 16, no. 2, pp. 134–142, 2017.

E. Jaelani, “Jurnal Sains Manajemen & Akuntansi Volume VII No. 1 / Februari / 2015,” vol. VII, no. 1, pp. 101–118, 2015.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

A. Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjeee.v5i1.17040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:
Electrical Engineering Department
Faculty of Engineering
State University of Gorontalo
Jenderal Sudirman Street No.6, Gorontalo City, Gorontalo Province, Indonesia
Telp. 0435-821175; 081340032063
Email: redaksijjeee@ung.ac.id/redaksijjeee@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.