Analisis Data Eksploratif Capaian Indikator Kinerja Utama 3 Fakultas Teknik

Ikhsan Hidayat, Ade Irawaty Tolago, Rahmat Deddy Rianto Dako, Jumiati Ilham

Abstract


Data mentah yang belum di olah akan memperlambat proses penyampaian data, dengan menggunakan eksplorasi data analisis data yang akan di sampaikan akan lebih jelas dan dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca. Data yang digunakan adalah data capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) 3 Fakultas Teknik UNG Tahun 2021. IKU 3 terkait data dosen berkegiatan di luar kampus. Data IKU 3 FT UNG diperoleh dari capaian IKU 3 UNG yang telah diverifikasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2021. Data tersebut kemudian dilakukan Exploratory Data Analysis (EDA), sehingga didapatkan insight (wawasan) terhadap data tersebut. Proses yang terjadi adalah proses pengenalan masalah, pengumpulan data, pembersihan data dan kemudian analisis data eksplorasi. dari data yang didapatkan setelah melakukan EDA adalah untuk meningkatkan capaian IKU 3 Fakultas teknik UNG adalah dengan melakukan pengembangan terhadap dosen baru dan juga dosen yang belum pernah melakukan kegiatan di luar kampus. Dari data itu didapatkan pula data prodi yang paling banyak menyumbang dosen berkontribusi yaitu sebanyak 83%, dan juga prodi yang menyumbang paling rendah sekitar 18%. Dengan didapatkannya hasil ini, penentu kebijakan dapat mengambil keputusan untuk melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan capaian IKU 3 Fakultas Teknik UNG.

 Raw data that has not been processed will slow down the process of conveying data, by using data exploration data analysis that will be conveyed will be clearer and can be easily understood by readers. The data used is the Main Performance Indicator (IKU) 3 achievement data for the Faculty of Engineering UNG in 2021. IKU 3 is related to lecturer data on activities outside the campus. The IKU 3 FT UNG data was obtained from the achievements of the IKU 3 UNG which have been verified by the Ministry of Education, Culture, Research and Technology in 2021. The data was then carried out by Exploratory Data Analysis (EDA), so that insight was obtained from the data. The process that occurs is the process of problem identification, data collection, data cleaning and then exploratory data analysis. from the data obtained after carrying out the EDA is to improve the achievement of IKU 3 UNG Faculty of engineering is to develop new lecturers and also lecturers who have never carried out activities outside the campus. From the data, it was also obtained that the study programs that contributed the most were lecturers, namely 83%, and also the study programs that contributed the lowest, around 18%. By obtaining these results, policy makers can make decisions to do things that can improve IKU 3 achievements at the UNG Faculty of Engineering.

Keywords


EDA; IKU; Analisis; Kinerja Utama

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. (2020). Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 754/P/2O2O. 4–20.

Kemendikbud RI. (2021). Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 3/M/2021

Nawangsari, T. (2017). Analisis Data Eksploratif Prestasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematika II. Prosiding SNasPPM, 2(1), 303-308.

Iriananda, S. W., Putra, R. P., & Nugroho, K. S. (2021, December). Analisis Sentimen Dan Analisis Data Eksploratif Ulasan Aplikasi Marketplace Google Playstore. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (pp. 473-482).

Azizia, A. U., Rindi Ayuningtiyas, A., Yuliantoro, F. A. H., & Tristanti, R. Analisis Faktor-Faktor Risiko Penyebab Penyakit Stroke Dengan Metode Analisis Data Eksploratif.

Kesuma, M., & Iskandar, R. (2022). Analisis Toko dan Asal Toko Fashion Pria di Shopee Menggunakan Data Scrapping dan Exploratory Data Analysis. Maj. Ilm. Teknol. Elektro, 21(1), 127-134.

Samosir, F. V. P., Mustamu, L. P., Anggara, E. D., Wiyogo, A. I., & Widjaja, A. (2021). Exploratory Data Analysis terhadap Kepadatan Penumpang Kereta Rel Listrik. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 7(2), 449-467.

Martinez, W. L., Martinez, A. R., & Solka, J. L. (2017). Exploratory Data Analysis with Matlab (3rd ed.). Boca Raton: CRC Press.

Tukey, J. W. (1977). Exploratory Data Analysis. In Biometrics (Vol. 33). Retrieved from http://www.jstor.org/stable/2529486

Kesuma, M., & Iskandar, R. (2022). Analisis Toko dan Asal Toko Fashion Pria di Shopee Menggunakan Data Scrapping dan Exploratory Data Analysis. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 21(1).

Radhi, M., Amalia, A., Sitompul, D. R. H., Sinurat, S. H., & Indra, E. (2022). Analisis Big Data Dengan Metode Exploratory Data Analysis (Eda) Dan Metode Visualisasi Menggunakan Jupyter Notebook. Jurnal Sistem Informasi Dan Ilmu Komputer Prima(JUSIKOM PRIMA), 4(2), 23–27.

Ua, A. M. S., Marpaung, E. S. K., Ong, J., Savinka, M., Nurhaliza, P., & Ningsih, R. Y. (2023). Penggunaan Bahasa Pemrograman Python Dalam Analisis Faktor Penyebab Kanker Paru-Paru. Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 2(2), 88-99.

Hayati, L., Hapipi, H., & Azmi, S. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak Tinkerplots Untuk Analisis Data Eksploratif Pada Pembelajaran Statistika Bagi Guru-Guru Matematika Smp/Sma Di Gunung Sari Lombok Barat. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Effendi, N. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Eksploratif Berbantuan Aplikasi untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik dalam pembelajran online (Doctoral dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Theoyana, T. A., Purwanto, P., & Pranowo, W. S. (2015). Potensi Energi Arus Laut Pada Berbagai Kedalaman Untuk Pembangkit Listrik Di Selat Badung, Bali. Journal of Oceanography, 4(1), 262-269.




DOI: https://doi.org/10.37905/jjeee.v5i2.18397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:
Electrical Engineering Department
Faculty of Engineering
State University of Gorontalo
Jenderal Sudirman Street No.6, Gorontalo City, Gorontalo Province, Indonesia
Telp. 0435-821175; 081340032063
Email: redaksijjeee@ung.ac.id/redaksijjeee@gmail.com

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.