THE EFFECT OF ANIMATED VIDEOS (TOILET TRAINING) ON THE LEVEL OF KNOWLEDGE OF TODDLER MOTHERS

Neni Heryani, Dewi Nopiska Lilis, Dwi Septi Rahmani

Abstract


Toilet training adalah latihan berkemih dan dalam perkembangan anak usia toodler pada tahapan usia 1 tahun sampai 3 tahun. Berdasarkan survei awal yang telah dilakukkan peneliti mengenai toilet trainning terhadap 10 ibu yang memiliki balita di KB Hidayatullah menunnjukkan 8 ibu tidak tahu cara melakukan toilet training pada anak dan anaknya masih menggunakan popok sehari – hari. Sedangkan 2 ibu tahu cara melakukan toilet trainning pada anak dan anaknya tidak menggunakan popok lagi karena diajarkan bertahap saat toilet training. Kebaruan penelitian ini karena meneliti tentang pengaruh video animasi (toilet training) terhadap tingkat pengetahuan ibu balita. Penelitian ini bertujuan yaitu Untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu sebelum diberikan intervensi video animasi. Untuk mengetahui tingkat pengetahuan ibu sesudah diberikan intervensi video animasi serta yaitu Untuk mengetahui pengaruh video animasi (Toilet Training) terhadap tingkat pengetahuan ibu balita di Kelompok Bermain Hidayatullah Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi Tahun 2021. Desain Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu (quasi eksperiment). Menggunakan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Dengan teknik Total Sampling berjumlah 30 orang. Pengumpulan data melalui lembar kuisioner yang diberikan kepada ibu balita. Pengolahan data penelitian adalah Wilcoxon. Hasil penelitian menggambarkan pengetahuan ibu balita 90,0% dengan kategori baik dan tingkat pengetahuan 10,0% dengan kategori kurang baik. hasil uji statistic yang  diperoleh p-value = 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh media video animasi (Toilet Training) terhadap peningkatan pengetahuan ibu balita. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai upaya yang bermanfaat dalam melatih persiapan ibu balita (Toilet Training).

Kata kunci: Toilet training; Video Animasi

 

Abstract

 

Toilet training is an exercise in urination and in the development of toddlers aged 1 year to 3 years. Based on the initial survey conducted by researchers regarding toilet training on 10 mothers who have toddlers in the Hidayatullah KB, it shows that 8 mothers do not know how to do toilet training on their children and their children still use diapers every day. Meanwhile, 2 mothers know how to do toilet training for their children and their children don't use diapers anymore because they are taught in stages during toilet training. The novelty of this study is because it examines the influence of animated videos (toilet training) on the level of knowledge of toddler mothers.  This study aims to determine the mother's level of knowledge before being given an animated video intervention. To determine the level of knowledge of mothers after being given an animated video intervention and to determine the effect of animated videos (Toilet Training) on the level of knowledge of mothers of toddlers in Hidayatullah KB, Kumpeh Ulu District, Muaro Jambi Regency in 2021. Design This research is a quasi-experimental type. Using the Two Group Pretest-Posttest Design approach. With the technique of Total Sampling amounted to 30 people. Collecting data through a questionnaire sheet given to mothers of toddlers. Research data processing is Wilcoxon. The study describes the knowledge of mothers under five with 90.0% in the good category and the knowledge level of 10.0% in the poor category. statistical test results obtained p-value = 0.000 <0.05. There is an effect of animated video media (Toilet Training) on increasing the knowledge of mothers of toddlers. This research is expected to be used as a useful effort in training the preparation of mothers under five (Toilet Training).

Keywords : Toilet training; Animation Video


Full Text:

PDF

References


Septiani BDS, Nurmaningsih, Nisa SH. Pengaruh Edukasi Gizi dengan Metode Emotional Demonstration terhadap Pengetahuan Ibu. Jambura J Heal Sci Res [Internet]. 2021;3(2):241–9. Available from: https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjhsr/article/view/10551

Diana FM. Pemantauan Perkembangan Anak Balita. J Kesehat Masy Andalas [Internet]. 2010;4(2):116–29. Available from: http://jurnal.fkm.unand.ac.id/index.php/jkma/article/view/79

Meysialla LN. Jurnal Ners Research & Learning in Nursing Science Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Kemampuan Toilet Training Pada Anak Usia 12-24 Bulan Di Paud Buah Hati Kampar. J Ners. 2018;2(2):10–6.

Ilmiah J, Stikes K, Tuah H, Vol S, Issn P, Issn O. Pengetahuan dan Pola Asuh Ibu Sebagai Faktor Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Prasekolah di PAUD Klampis , Kab . Bangkalan Madura Zufra Inayah , Wiwik Widiyawati , Diyah Fauziyah , Tri Nova Universitas Muhammadiyah Gresik Email : wiwikwidiyawat. 2020;15(1):28–35.

Indrawati T. Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training dan Pelaksanaan Toilet Training pada Balita Usia 18- 36 Bulan. J Promosi Kesehat Indones. 2010;5(2):120–6.

Drysdale B, Lee CYQ, Anderson A, Moore DW. Using Video Modeling Incorporating Animation to Teach Toileting to Two Children with Autism Spectrum Disorder. J Dev Phys Disabil. 2015;27(2):149–65.

Kurnianingsih M. Efektivita Penggunaan Kombinasi Media Audio Visual dan Booklet dibanding Media Booklet terhadap Pengetahuan Toilet Training pada Ibu yang Memiliki Balita. Smart Med J. 2019;2(1).

Pusparini W, Arifah S. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Dengan Perilaku Ibu Dalam Melatih Toilet Training. In 2009. p. 105–11.

Pratiwi. Hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang toilet training dengan pelaksanaan toilet training pada anak usia 1-3 tahun di PAUD pelangi di Sukoharjo. IJMS – Indones J Med Sci. 2019;2(1).

Notoadmodjo. Promosi Kesehatan dan Prilaku Kesehatan. Edisi Revi. Jakarta: Rineka Cipta; 2012.

Fatmawati K, Arief YS, Kurnia ID. The effect of animation video modeling on mother’s ability in preparing toilet training in toddler. EurAsian J Biosci. 2020;14(1):1575–81.




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v4i3.13631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p