ANALISIS MUTU PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP PASIEN BPJS KESEHATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT RUJUKAN GIGI DAN MULUT PROVINSI GORONTALO

Deliyana I Katili, Rusli A Katili, Irwan Irwan

Abstract


Mutu pelayanan kesehatan bergantung pada pemenuhan kebutuhan masyarakat atau individu akan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesional yang baik dan penggunaan sumber daya yang tepat, efisien dan efektif. Kebaruan penelitian ini adalah menyelidiki kualitas layanan medis yang diberikan kepada pasien di BPJS Kesehatan selama pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kualitas pelayanan medis pasien BPJS di rumah sakit rujukan kesehatan gigi dan mulut pada masa pandemi COVID-19. Jenis penelitian ini menggunakan survei deskriptif dengan jumlah responden 197 orang Instrumen ini menggunakan angket dan menggunakan uji t sampel independen untuk analisis data. Nilai keyakinan sig ditentukan berdasarkan kajian hasil uji Independent Sample T-test terhadap perbedaan mutu pelayanan medis dasar di puskesmas dan klinik. 0,000 < (2-tailed) 0,05 maka nilai responsiveness sig. Jika 0,000 < 0,05 (kedua sisi), kedua H0 ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan interpretasi klinis hasil pemeriksaan glukosa menggunakan tabung pengaktif bekuan darah (merah) dan tabung NaF (abu-abu) yang disimpan selama 6 dan 24 jam.


Keywords


Covid-19; Mutu Pelayanan, Pasien BPJS.

Full Text:

PDF

References


Aprilia E.S. 2017. Pengaruh Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pada Bank Syariah Mandiri, [Tugas Akhri]. Palembang: UIN Raden Fatah Palembang

Arief Tarmansyah Iman, D. L. (2017). Manajemen Mutu Informasi 1: Quality Assurance.Jakarta: Kemenkes

Azwar, Azrul, 2001. Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Azwar, Azrul. 2011. Pengantar Administrasi Kesehatan yang Bermutu. Jakarta: Binarupa.

Bappenas, 2009. Peningkatan Akses Mayarakat Terhadap Kesehatan Yang Berkulitas. Jakarta: Bappenas.

BPJS Cabang Gorontalo. 2021. Jumlah Peserta Program JKN-KIS Provinsi Gorontalo. Gorontalo

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, 2013, Panduan Layanan bagi Peserta BPJS Kesehatan [online],

Bustami. 2011. Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.

COVID, C., & Team, R. 2020. Severe outcomes among patients with coronavirrus 2019 Daftar pustaka

Firdaus, W. 2017. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Praktek Dokter Mandiri Dan Klinik Swasta (Studi Kasus Kecamatan Tembalang Semarang). Jurnal. Mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro

Kementerian Kesehatan RI.2013. Buku Saku FAQ (Frewuently Asked Question) BPJS Kesehatan Cetakan Pertama.Kementrian Kesehatan RI, Jakarta.

Kepmenkes. 2014 tentang Kebijakan Dasar Pusat Kesehatan Masyarakat. Available on depkes.go.id

Lumenta, Benyamin. 2012. Pelayanan Medis Citra, Konflik dan Harapan, Tinjauan Fenomena Sosial. Yogyakarta: Kanisius.

Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani, (2013). Manajemen pemasaran Jasa.Jakarta: Salemba Empat.

Notoatmodjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam, 2015. Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesionalisme Edisi 5. Jakarta: Salemba Medika.

Muninjaya, A.A. Gde. 2010. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: EGC.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.

Pery, 2012. Ketrampilan dan Prosedur Dasar (Pocket Guide ti Basic Skills and Procedures), Penerbit EGC, Peneribit Buku Kedokteran, Jakarta, 1994.

Pohan, I. S. 2015 Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC

Rina, N.A. 2017. Perbedaan Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Praktek Dokter Mandiri Dan Klinik Swasta (Studi Kasus Kecamatan Tembalang Semarang). Jurnal. Mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro

Rofiah, N. 2019. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Rantang Kecamatan Medan Petisah Tahun 2019. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Sanusi, Anwar, 2011. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salembah Empat.

Septiani, A. A. 2015. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Dengan Status Kepuasan Pasien Umum Di Puskesmas Poncol Semarang. Semarang: Universitas Negeri Semarang

Setia, L., dkk. 2016. Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Persepsi Kepuasan Pasien di Laboratorium Puskesmas Kota Banjarbaru Tahun 2016. Studi Kasus Pasien Jaminan Kesehatan Nasional.

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik (Teori, kebijakan, dan Implementasi). Jakarta: Bumi Aksara.

Tanwir, D. 2019. Persepsi Pasien BPJS Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan. Jurnal. Kebidanan dan Keperawatan ‘Aisyiyah.

Undang – undang BPJS. 2011. Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

World Health Organization. 2020. Say it not uses ―pandemi‖ category, but virus still emegency. Reuters, 24 Februari 2020. Diakes pada tanggal 21 Mei 2020.




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v6i4.14256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p