LEVEL OF KNOWLEDGE AND TEACHER ATTITUDE IN HANDLING SYNCOPE IN SMA NEGERI 1 TAPA SUB-DISTRICT TAPA DISTRICT BONE BOLANGO

Pipin Yunus, Sabirin B. Syukur

Abstract


Syncope merupakan suatu keadaan hilangnya kesadaran dan kekuatan tubuh seorang individu yang terjadi secara mendadak, serta disertai dengan pemulihan kondisi individu tersebut. Guru sekolah merupakan pemberi pertolongan pertama yang cepat dan tepat pada siswa–siswi yang mengalami sinkop untuk mencegah kondisi korban lebih buruk. Kebaruan penelitian karena meneliti tentang tingkat pengetahuan dan sikap guru dalam penanganan sinkop di sekolah SMA Negeri 1 Tapa Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap guru dalam penanganan sinkop di sekolah. Metode penelitian ini menggunakan jenis Descriptive dengan pendekatan Cross Sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling  dengan 34 responden. Pengumpulan data menggunakan lembar kuesioner. Hasil penelitian didapatkan bahwa pengetahuan terbanyak yaitu baik dengan jumlah 21 responden (61,8%) dan pengetahuan yang kurang 13 responden (38,2%). Sikap yang terbanyak 24 responden (70,6%) dengan sikap kurang baik dan 10 responden (29,4%) dengan sikap baik. Kesimpulannya pengetahuan harus berbanding lurus  dengan sikap keterampilan agar jika terjadi kejadian sinkop dapat di tangani dengan cepat dan tepat.                   

Kata Kunci :Pengetahuan; Sikap; Penanganan Sinkop; Guru.

Abstract

Syncope is a state of a sudden loss of consciousness and bodily strength of an individual, accompanied by the recovery of the individual's condition. School teachers are quick and precise first aid givers to students who have syncope to prevent the victim's condition from getting worse. The novelty of the research is that it examines the level of knowledge and attitudes of teachers in handling syncope in the school of SMA Negeri 1 Tapa, Tapa District, Bone Bolango Regency. The purpose of the study was to determine the level of knowledge and attitudes of teachers in handling syncope in schools. This research method uses a descriptive type with a Cross-Sectional approach. Sampling using the Total Sampling technique with 34 respondents. Data collection using questionnaire sheets. The results of the study found that the most knowledge was good, with 21 respondents (61.8%) and less knowledge of 13 respondents (38.2%). The most attitudes were 24 respondents (70.6%) with a bad attitude and 10 respondents (29.4%) with a good attitude. In conclusion, knowledge must be directly proportional to the attitude of skills so that in the event of a syncope event, it can be handled quickly and precisely


Keywords


Knowledge; Attitude; Syncope Handling; Teacher.

Full Text:

PDF

References


Febrina V, Semiarty R, Abdiana A. Hubungan Pengetahuan Siswa Palang Merah Remaja dengan Tindakan Pertolongan Pertama Penderita Sinkop di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bukittinggi. J Kesehat Andalas. 2020;6(2):435.

Setianingsih, Faizah MN, Darwati LE. Study Deskriptif Sikap Menolong pada Siswa yang Mengalami Sinkop. J Ners Widya Husada 7. 2020;1(1):15–22.

Bani Ernesta Sesilia. Hubungan Tekanan Darah Dengan Kejadian Sinkop Pada Siswa-Siswi Saat Upacara Di Sma Negeri 9 Kota Malang. 2020;(93):1–8.

Mayestika P, Hasmira MH. Gambaran Pengetahuan Guru Terhadap Kejadian Sinkop Di Smp Negeri 1 Kabila Bone. J Perspekt. 2021;4(4):519.

Mokoagow W, I. V.Watung G, Sibuana S. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Dengan Penanganan Pertama Pada Siswa Sinkop Di Kelas Ix Man 1 Kotamobagu. Stikes Graha Med. 2020;3:10–5.

Yusnita R, Irpansyan N. The Effectiveness Of Health Education On Knowledge Of Personal Hygiene In Students. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community. 2021;5(2):270–7.

Sunaryo. Hubungan Tingkat Pendidikan, Umur, Dan Masa Kerja. 2004;

Tompunuh M, Sujawaty S, Namangdjabar OL. Lectures And Youth Knowledge On Reproductive Health. Jambura J Heal Sci Res. 2022;4(3):691–6.

Notoatmodjo S. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2010.

Carter WN. Disaster Management A Disaster Manager’s Handbook. Asian Development Bank. 2008. 72 hal.

Notoatmodjo S. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2017.

Laskhita DS. Hubungan Pengetahuan dengan sikap tentang pendidikan seks anak usia dini pada guru taman kanan-kanak dikecamatan pakualaman kota yogyakarta tahun 2019. 2019;

Basir IA. gambaran pengetahuan dan sikap guru penjaskes berbasis ukgs dan non ukgs di sdn kota makassar. 2011;

Induasih, Wahyu R. Promosi Kesehatan Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press; 2018.

Hidayat RN. Hubungan Tingkat Pengetahuan Sikap Pendidik Dalam Pertolongan Pertama Pada Siswa Yang Mengalami Sinkop Di Sd Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo. 2014;




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v5i1.16963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p