ANALISIS FISHBONE UNTUK MENGUKUR HAMBATAN MIGRASI DATA DARI APLIKASI IKSENGA KE PISPK 2.0 PADA DINAS KABUPATEN NGAWI TAHUN 2022

Letisia Letisia, Savitri Citra Budi, Muhadi Nanang Sucipto, Siti Asiah

Abstract


Persentase entri data Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) di Kabupaten Ngawi pada aplikasi PIS PK 2.0 sebelum dilaksanakannya migrasi data adalah sebesar 8,8% dari 303.338 KK. Base coding antara aplikasi IKSENGA dengan aplikasi PIS PK 2.0 tidak dapat dilakukan bridging. Beberapa hambatan menjadi faktor dalam proses migrasi data sehingga perlu adanya analisis prioritas masalah untuk optimalisasi capaian entri data PIS PK. Kebaruan penelitian ini karena meneliti tentang hambatan migrasi data dari aplikasi IKASENGA ke PIS PK 2.0. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis permasalahan prioritas kendala dalam migrasi data dari aplikasi IKSENGA ke aplikasi PIS PK 2.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Petugas koordinator PIS PK di 24 puskesmas dalam lingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi merupakan informan pada penelitian ini terdiri dari programmer setiap 12 indikator, kader desa, dan bidan desa. Metode keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Analisis data berdasarkan nilai modus dan teknik analisis fishbone. Hasil analisis fishbone menunjukkan bahwa prioritas masalah yang menjadi hambatan migrasi data adalah keterbatasan sumber daya manusia dalam tim penginput data PIS PK (Manpower), keterbatasan pemahaman tim PIS PK untuk mengoperasikan aplikasi PIS PK 2.0, keterbatasan sarana laptop, dan ketidakstabilan jaringan internet dengan nilai modus “Ya” masing-masing sebesar 100%, 75%, dan 62,5%. Kesimpulan bahwa hambatan berupa faktor manpower (keterbatasan sumber daya manusia yang berperan sebagai petugas entri data PIS PK dan keterbatasan pemahaman tim PIS PK dalam pengentrian data PIS PK) dan faktor material (keterbatasan sarana berupa laptop).

Kata Kunci: Aplikasi IKSENGA; Hambatan; Migrasi data; PIS PK 2.0.


Keywords


Aplikasi IKSENGA; Hambatan; Migrasi data; PIS PK 2.0.

Full Text:

PDF

References


Azizah LNN, Setiawan MV. Integrated Health Information Management to Maximize Health Services to Patients in Hospitals. J Inf Kesehat Indones. 2017;4.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). In 2017.

Sulistiowati E, Yunianto A, Idaiani S. Pengelolaan Dan Pemanfaatan Data Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) Di Puskesmas. Bul Penelit Sist Kesehat. 2020;23(4):256–66.

Kemenkes RI. Instrumen Standar Akreditasi Puskesmas SIAP 5 BAB Tahun 2021. 2021;

Rika D, Noor W. Petunjuk Cara Entri Aplikasi IKSENGA. I. Ngawi: Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi. 2018.

Kemenkes. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). J Phys A Math Theor. 2019;44(8):1–200.

Syahrudin. Evaluasi Entri Data PISPK 2.0 Kabupaten Ngawi. Ngawi. 2022.

Fridayanthie EW, Mahdiati T. Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan Atk Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). 2016;4(4):126–38.

Fajriah EFE. Analisis Capaian Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) Di Puskesmas Provinsi Sumatera Selatan. 2022.

Paruntu BRL, Rattu ) A J M, Tilaar ) C R, Kesehatan D, Minahasa K, Fakultas ), et al. Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia di Puskesmas Kabupaten Minahasa Human Resource Requirements Planning in Health Center Minahasa District. JIKMU. 2015;5:43–53.

Misnaniarti M. Development and Empowerment of Health Human Resources the Important Aspect in Decentralization. J Ilmu Kesehat Masy. 2010;1(1):11–7.

Laelasari E, Anwar A, Soerachman R. Evaluasi Kesiapan Pelaksanaan Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga. J Ekol Kesehat. 2018;16(2):57–72.

Suhada DI, Delviga D, Agustina L, Siregar RS, ... Analisis Keterbatasan Akses Jaringan Internet Terkait Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Desan Talun Kondot, Kec. Panombeian Panei …. J Pendidik …. 2022;6:256–62.

Susmanto A. Urgensi Pemeliharaan dalam Pengembangan Sistem Informasi. IPB; 2017.

Deviyanti D. Makalah Statistik Kesehatan. Academia.edu. 2016.




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v5i2.18455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p