PELAYANAN INFORMASI OBAT PADA BEBERAPA APOTEK DI KOTA MEDAN

Eva Sartika Dasopang, Fenny Hasanah, Desy Natalia Siahaan, Maulida Maulida, Dinda Siti Sakila, Adinda Utami, Putri Aisyah Perbrianti

Abstract


Pelayanan informasi obat merupakan bagian dari pada standar pelayanan kefarmasia di apotek dalam bidang pelayanan klinis. Pelayanan informasi obat dapat meningkatkan kepatuhan pasien dalam mengkomsumsi obat. Data di lapangan menunjukkan tingkat pelayanan informasi obat masih sangat terbatas dilakukan di apotek dan belum sesuai dengan standar. Kebaruan dalam penelitian ini karena menganalisis bentuk pelayanan informasi obat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan informasi obat pada beberapa apotek di Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Data diambil dengan cara mendatangi langsung apotek yang bersedia untuk dijadikan tempat penelitian kemudian membagikan kuesioner kepada pasien sesuai dengan kriteria inklusi yang sudah ditentukan. Penelitian ini dilaksanakan pada 10 apotek di Kota Medan, pada bulan Desember 2021 sampai dengan Maret 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang diberikan informasi terkait nama obat, bentuk sediaan, kegunaan obat, car apemakaian obat, waktu penggunaan obat (pagi/siang/malam), waktu penggunaan obat (sebelum/sedang/sesudah makan), dosis obat dengan persentase lebih dari 70% sedangkan  pemberian informasi mengenai efek samping obat dan lama penggunaan obat sebesar 65% dan 58%. Informasi terkait interaksi obat, cara penyimpanan, cara pembuangan obat persentasenya sangat kecil. Kesimpulan penelitian ini didapatkan bahwa dari beberapa apotek yang dijadikan sampel hanya 70% apotek yang melakukan pelayanan informasi obat sesuai dengan standar pelayanan kefarmasian di apotek menurut Permenkes nomor 73 tahun 2016.

 


Keywords


Apotek; Evaluasi; Informasi obat.

Full Text:

PDF

References


Tri SB, Nurul H, Noor H. Evaluasi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Reguler Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Rawat Jalan Rsud Sr. Moewardi Surakarta. Indones J Farm. 2022;7(1):10–3.

Apriansyah A. Kajian Pelayanan informasi obat di Apotek wilayah Kota Tangerang Selatan. Skripsi. 2017. 1–71 p.

Purwaningsih NS, Senjaya A, Rukmana JU. Analisis Pelayanan Informasi Obat (Pio) Pada Pasien Di Apotek X Periode Mei 2021. Edu Masda J. 2021;5(2):41.

Administratif K, Dan F, Resep K. Obat Anti Diabetes Di Salah Satu Apotek Kota Medan Administrative , Pharmaceutic And Clinical Study Of Prescription Anti-Diabetes Drugs. 2022;4(3):740–7.

Setia R, Datu O, Mongi J, Tapehe Y. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat di Apotek Kecamatan Tikala Kota Manado. Biofarmasetikal Trop. 2018;1(1):9–12.

Suryandari L. Analisis Kualitas Informasi Obat Untuk Pasien Di Apotek Kota Surakarta. 2015;1–7.

Notoatmodjo S. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rinika cipta; 2012.

Lainjong RR. pelayanan informasi obat di instalasi farmasi puskesmas lerep kabupaten semarang. 2020;21(1):1–9.

Wang Y, Hunt K, Nazareth I, Freemantle N, Petersen I. Do men consult less than women? An analysis of routinely collected UK general practice data. BMJ Open. 2013;3(8):1–7.

Ayu Dharmawati NW. Hubungan Tingkat Pendidikan, Umur, Dan Masa Kerja Dengan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Guru Penjaskes Sd Di Kecamatan Tampak Siring Gianyar. J Kesehat Gigi Vol 4 No 1. 2016;4(1):1–5.

Ekadipta E, Sadikin M, Yusuf MR. Kualitas Pemberian Informasi Obat pada Pelayanan Resep Berdasarkan Kepuasan Pasien BPJS Puskesmas Kecamatan Cilandak. Pharm J Farm Indones (Pharmaceutical J Indones. 2019;16(2):244.

A M. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat pada Pasien di Puskesmas Kupu. skripsi. 2020;

ASHP Guidelines on the Pharmacist’s Role in Providing Drug Information. In: Best Practices. 2020.

Sijabat F, Tarigan YG, Sitanggang T. Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Tentang Penggunaan Obat Yang Baik Dan Benar Melalui Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (Gema Cermat). J Abdimas Mutiara. 2021;2(September):94–109.

Syahbuki A. Profil pelayanan swamedikasi terhadap kasus diare pada anak di Wilayah Kota Medan. 2018;

Perdana DD DD. Peningkatan Pemahaman Komposisi dan Resiko Mengonsumsi Obat-obatan yang Disiarkan Media Massa pada Masyarakat Desa Pekik Nyaring Kabupaten Bengkulu Tengah. Dharma Raflesia J Ilm Pengemb dan Penerapan IPTEKS. 2021;19(1):49–61.

Dedy Almasdy YOSH dan N. American Heart Association Statistics Committe and Stroke Statistics Subcommitte. New York. USA: The American Heart Association. J Pharm Clin Sci. 2017;5(3):25–32.

Budi SR. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Islam Sultan Agung Kota Semarang Jawa Tengah. skripsi. 2021;48.

Dina Rahmawati. Inilah Efek Interaksi Obat Yang Dapat Terjadi. 2020.

Renggo PM. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Pada Pasien Di Instalasi Farmasi Puskesmas Kabupaten Sleman Yogyakarta. Skripsi. 2020;2507(February):1–9.

Nisa IA, Kusnadi K, Purwantiningrum H. Gambaran Tingkat Penggunaan Dan Penyimpanan Obat Bebas Dan Obat Bebas Terbatas Pada Masyarakat Desa Harjasari Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal. 2021; Available from: http://eprints.poltektegal.ac.id/114/

Savira M, Ramadhani FA, Nadhirah U, Lailis SR, Gading E, Febriani K, et al. Praktik penyimpanan dan pembuangan obat dalam keluarga. 2020;7(2):38–47.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Dengan. 2016;(August).

Yoga IPP. Evaluasi Pelayanan Informasi Obat Tanpa Resep Oleh Apoteker Di Apotek Di Kelurahan Maguwoharjo Kabupaten Sleman Yogyakarta. skripsi. 2018;7(5):1–2.

Komalasari V. Tanggung Jawab Apoteker Dalam Pelayanan Obat Dengan Resep Dokter. J Poros Huk Padjadjaran. 2020;1(2):226–45.




DOI: https://doi.org/10.35971/jjhsr.v5i2.18583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons Licence
 

 

Jambura Journal of Health Sciences and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

</p